11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami

Penyakit cacingan umumnya menyerang anak kecil di usia 5-12 tahun. Penyakit cacingan dapat menimbulkan gangguan pada pertumbuhan anak, karena cacing di dalam perut ini bersifat parasit yang menyerap banyak nutrisi dan gizi.

Cara cacing masuk ke tubuh adalah melalui konsumsi makanan atau minuman yang tercemar oleh telur cacing, yang berukuran mikroskopis sehingga dapat melekat pada debu dan mudah masuk bersama makanan. Biasanya makanan ataupun minuman yang dijangkiti cacing ini, dibiarkan tanpa bungkus yang bersih. Pasien biasanya akan nampak kurus walaupun makan dengan lahap, lemas, lesu, dan lekas sakit perut. Gangguan ini harus segera ditangani secara tepat, sehingga tidak menimbulkan masalah serius.


11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami

Jenis-jenis cacing yang menyebabkan penyakit cacingan

Banyak varian dari spesies cacing yang menjadi penyebab penyakit cacingan, seperti cacing gelang dengan panjang tubuh sekitar 20 sampai 30 cm dan punya kemampuan untuk bertelur sebanyak 200.000 butir telur setiap hari. Jenis ini tergolong parasit yang menyerap nutrisi di usus halus. Spesies lainnya adalah cacing cambuk yang mampu bertelur sampai 5 hingga 10 ribu butir telur tiap hari, ini juga menghisap nutrisi yang seharusnya untuk tubuh.

Jenis lain yang paling berbahaya adalah cacing tambang, dengan kemampuan bertelur sebanyak lima belas hingga dua puluh ribu butir telur setiap hari. Dampak yang ditimbulkan oleh cacing ini terhadap penderita adalah penyakit anemia, disebabkan kemampuannya dalam menghisap darah pasien. Terakhir, jenis paling umum menyerang anak adalah cacing kremi dengan bentuk sangat kecil, umumnya menyebabkan rasa gatal di bagian anus.

Cara mencegah penyakit cacingan pada anak

- Memotong kuku dengan teratur

Untuk mencegah parasit masuk bersama makanan, potong kuku secara teratur.

- Cuci tangan sebelum menyentuh makanan.

Lingkungan kotor dan berdebu kemungkinan terdapat parasit berbahaya.

- Pakailah alas kaki

Beberapa spesies cacing misalnya cacing tambang mampu menyusup ke tubuh lewat kulit sekitar telapak kaki kemudian masuk ke pembuluh darah.

- Menggunakan toilet yang bersih, ketika BAB.


11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami


1. Tanaman krokot

Rebus tanaman krokot yang telah dicuci ke dalam 600cc air, sampai airnya menyusut setengah dari semula. Minum ketika airnya hangat, makan ampasnya. Lakukan 2 kali setiap hari.


2. Wortel

Sediakan wortel, parut untuk mengambil airnya. Tambahkan secangkir santan kental dan sedikit gara, aduk hingga rata. Ramuan ini dapat mematikan cacing di tubuh anak-anak juga orang tua.

3. Kelapa

Sediakan sebuah wortel dan ¼ buah kelapa. Kedua bahan diparut, tuangkan segelas air matang. Minumlah airnya setelah diperas dan disaring, sebelum tidur.

4. Kulit Mangga

Obat cacing lainnya adalah kulit mangga. Kulit buah ini bersifat antelmintik yang dapat mematikan bakteri dan kuman di dalam perut. Rebus kulit mangga selama 15 menit, minum selagi hangat. Khasiatnya adalah mematikan larva cacing di dalam perut.

5. Biji Jeruju

Tumbuk 5 biji jeruju sampai halus, seduh dengan ½ gelas air panas. Tunggu sampai dingin, sebelum diminum.

6. Akar Delima

Rebus 7 gram akar delima yang telah dipotong-potong ke dalam segelas air selama 15 menit, kemudian minum airnya.

7. Daun Pepaya

Sediakan 15 gram akar melati dan selembar daun pepaya. Rebus keduanya bersama 600cc air, sampai air berkurang separuh. Silahkan diminum airnya saat masih hangat.

8. Biji Pepaya

Ambil 2 sdm biji pepaya untuk ditumbuk. Seduh bersama ½ gelas air, tambahkan sedikit madu. Minum di pagi dan sore hari.

9. Bangle

Sediakan 25gr temu hitam, 25gr bangle, 10gr biji ketumbar, 5 batang daun sirih yang telah diris-iris. Rebus bersama 600 cc air, sampai airnya tersisa setengahnya. Minum secara teratur di pagi juga sore hari.

10. Bawang Putih

Ambil 30gr akar pepaya, 3 butir bawang putih, dan sedikit gula merah. Rebus semua bahan bersama 600cc air, hingga air menyusut setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat, sebanyak 2 kali sehari.

11. Putri Malu

Rebus 25gr  tanaman putri malu dengan 3 gelas air, sampai airnya berkurang 2 gelas. Minum airnya di malam hari, sebelum tidur.

Itulah 11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami. Artikel sebelumnya tentang: 7 Cara Mengobati Diare Dengan Cepat Dan Alami. Pilih salah satu yang tidak sulit untuk mendapatkan bahannya.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Obat Cacingan Terbuat Dari Bahan Alami"

Post a Comment