6 Ramuan Herbal Menggunakan Buah Mahkota Dewa

Mahkota dewa merupakan salah satu tanaman obat yang banyak ditemukan di Irian Jaya. Tanaman hias ini memiliki banyak manfaat kesehatan, sehingga sering digunakan sebagai bahan herbal. Buah mahkota dewa biasanya diawetkan dengan proses pengalengan, dikeringkan, ataupun melalui pendinginan. Proses ini bertujuan untuk menurunkan kadar air yang dikandung buahnya, karena air di dalamnya dapat dihinggapi oleh mikroba perusak.

6 Ramuan Herbal Menggunakan Buah Mahkota Dewa
Fakta Nutrisi Buah Mahkota Dewa

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah ini seperti alkaloid, yang bermanfaat untuk menetralkan racun di dalam tubuh. Saponin juga terdapat pada buah ini, memiliki anti virus dan anti bakteri. Saponin juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan stamina, menurunkan kadar gula darah, serta mencegah pembekuan darah.

Buah ini juga dilengkapi dengan flavonoid yang berguna untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, mencegah pembuluh darah tersumbat, menurunkan kadar kolesterol, mencegah lemak tertimbun di dinding pembuluh darah, menurunkan risiko penyakit jantung koroner, bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidan, serta mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan atau pendarahan. Nutrisi lainnya adalah polyphenol yang berguna untuk melawan alergi (anti histamin).


6 Ramuan Herbal Menggunakan Buah Mahkota Dewa


1. Mengobati Kanker ataupun Tumor

Untuk melawan sel tumor ataupun kanker, sediakan 5gr buah mahkota dewa kering, 15gr temu putih, 10gr kaki ayam kering, dan 15gr daun sambiloto kering.  Setelah dicuci sampai bersih, rebus semua bahan bersama 5 gelas air. Tunggu sampai airnya tersisa 3 cangkir saja. Biarkan airnya menjadi dingin, kemudian minum sebanyak tiga kali dalam sehari masing-masing segelas air. Minumlah dengan jarak 1 jam sebelum makan.

2. Mengobati Rematik dan asam urat


Siapkan 5gr buah mahkota dewa, 15gr akar sidaguri, dan 10gr daun sambiloto kering. Setelah semua bahan dibersihkan, rebus dengan 5 gelas air sehingga menyusut sebanyak 2 gelas air. Aduk airnya, biarkan dingin. Minum ramuan ini setiap pagi, siang, dan malam hari. Setiap minum sebanyak segelas air, lakukan sebelum makan. Lakukan dengan teratur agar hasilnya maksimal.

3. Mengobati Hepatitis

Ambil 5gr buah mahkota dewa yang telah kering, 10gr daun sambiloto kering, 15gr daun pegagan, dan 15gr daun dewa. Rebus bahan yang tersedia ke dalam 5 gelas air bersih, biarkan sehingga airnya berkurang 2 gelas kemudian saring. Minum sebanyak 3 kali tiap hari, masing-masing sebanyak segelas.

4. Mengobati diabetes Mellitus

Sediakan 5 buah mahkota dewa untuk dipotong-potong kemudian dicuci sampai bersih. Rebus dengan 5 gelas air hingga airnya menyusut 2 gelas. Saring airnya, minum ketika dingin sebanyak tiga kali dalam sehari masing-masing segelas.

5. Mengobati Disentri

Siapkan 5gr kulit buah mahkota dewa yang telah kering. Rebus bersama 2 gelas air bersih hingga mendidih selama 17 menit. Biarkan airnya dingin, minum segera sampai habis. Lakukan setiah hari sebanyak dua kali.

6. Mengobati penyakit eksim dan gatal-gatal

Ambil beberapa lembar daun mahkota dewa yang masih segar. Tumbuk atau digiling sampai halus. Tempelkan ke area tubuh yang bermasalah, kemudian balut. Lakukan penggantian ramuan sebanyak 2 kali dalam sehari.

Manfaat buah mahkota dewa memang luar biasa. Namun perlu dihindari konsumsi buah ini secara langsung, tanpa direbus. Makan buahnya secara langsung dapat menyebabkan mulut bengkak, sariawan, kejang-kejang, bahkan pingsan. Biji tanaman ini mengandung racun, harus dihindari. Artikel sebelumnya: Manfaat Buah Carica Untuk Kecantikan Dan Kesehatan.

Penggunaan paling tepat adalah setelah melalui proses peneringan. Di samping itu, jangan melebihi dosis yang dianjurkan. Jangan menggunakan buah ini secara berlebihan, konsultasi dengan ahli herbalis.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Ramuan Herbal Menggunakan Buah Mahkota Dewa"

Post a Comment