Deretan Makanan Yang Memiliki Karbohidrat Tinggi

Karbohidrat adalah senyawa yang terdiri dari unsur karbon, Hidrogen dan Oksigen. Karbohidrat merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi. Sumber karbohidrat didapatkan dari nabati dan produk susu. Pati, serat, dan gula merupakan bagian darinya.

Karbohidrat memiliki beberapa macam ukuran molekul seperti monosakarida, disakrida ataupun polisakrida. Ditinjau dari segi gizi, terdapat karbohidrat sederhana dan kompleks.


Fungsi Karbohidrat untuk Tubuh

1. Menyuplai energi untuk tubuh

Glukosa pada karbohidrat digunakan untuk keperluan energi tubuh. Pada jaringan otot dan hati, karbohidrat berfungsi sebagai glikogen. Sedangkan sisanya akan diubah menjadi lemak yang disimpan untuk cadangan energi.

2. Mendukung fungsi protein

Ketika tubuh kekurangan asupan karbohidrat, protein akan diambil sebagai pengganti energi. Hal ini akan mengakibatkan fungsi protein sebagai zat pembangun tidak berjalan dengan semestinya. Cukupi kebutuhan karbohidrat, sehingga tugas protein tidak terganggu.

3. Melancarkan Pencernaan

Serat juga terdapat di dalam karbohidrat, berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

4. Turut memengaruhi metabolisme lemak

Fungsi lain dari karbohidrat adalah mencegah oksidasi lemak yang tidak berjalan dengan baik.

5. Memberikan rasa manis yang alami

Karbohidrat sederhana mudah dicerna tubuh, serta memberikan rasa manis. Konsumsi karbohidrat yang tinggi serat secara proporsional akan membantu untuk menjaga berat badan ideal.


Deretan Makanan yang Memiliki Karbohidrat Tinggi


1. Kentang

Kentang kaya akan karbohidrat berbentuk pati. Secangkir kentang yang direbus, bukan digoreng memiliki 31gr karbohidrat. Kentang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian.

2. Putih telur

Bukan hanya protein, putih telur juga mengandung karbohidrat. Nutrisi ini diperlukan untuk membentuk massa otot.

4. Biji-bijian

Biji-bijian umumnya memiliki serat baik dan karbohidrat kompleks. Endosperm dan senyawa penting lainnya merupakan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Biji-bijian yang dimaksud seperti beras, gandum, jagung, dan barley. Salah satunya adalah beras merah yang memiliki jumlah karbohidrat terbanyak. Demikian pula gandum murni, namun terkadang telah terkontaminasi oleh bahan kimia.

5. Buah berri

Buah berri mengandung antosianin (pigmen alami), antioksidan, dan karbohidrat. Jenis berri paling tinggi ditemukan pada strawberry dan blackberry.

6. Buah jeruk

Mungkin cukup mengejutkan, jika jeruk ternyata kaya akan karbohidrat sederhana seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Tidak hanya itu, asam sitrat yang terdapat di dalam buah ini menyuplai banyak energi untuk tubuh.

7. Apel

Jus Apel disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, jus buah ini dilengkapi dengan fitonutrien dan karbohidrat dalam kadar yang tinggi.

8. Semangka

Buah segar ini rendah kalori, memiliki jumlah tinggi vitamin C dan karbohidrat.

9. Sereal

Sereal memiliki nutrisi yang lengkap, seperti protein, mineral, serat, vitamin B, dan karbohidrat tentunya. Cobalah konsumsi oat untuk sarapan yang nikmat dan sehat.

10. Kacang-kacangan

Dibandingkan dengan sayuran lainnya, protein yang dikandung oleh kacang-kacangan lebih unggul. Kacang-kacangan juga mengandung karbohidrat kompleks, protein, omega-3 dan mineral, dan vitamin penting. Pilihlah jenis kacang-kacangan seperti lentil, kedelai, kacang polong, dan kacang merah.

11. Buah kismis kering

Buah-buahan yang dikeringkan umumnya mengandung karbohidrat baik. Anda dapat menambahkan makanan ini pada salad, atau sebagai makanan penutup.

12. Sayuran hijau

Karbohidrat sederhana juga ditemukan pada sayuran hijau. Jadi, bukan hanya mineral dan vitamin yang dikandung oleh sayuran berwarna gelap.

13. Pisang

Buah pisang dikenal dengan nutrisi penting di dalamnya, seperti potasium. Lebih dari sekedar vitamin B6 dan serat, pisang juga dilengkapi dengan karbohidrat.

14. Produk susu rendah lemak

Perbaiki asumsi Anda tentang karbohidrat. Jangan melulu untuk fokus pada nasi. Cobalah melakukan variasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan konsumsi susu kedelai, susu skim, atau yoghurt rendah lemak. Produk susu olahan mengandung protein, mineral, riboflavin, vitamin, magnesium, kalsium, dan kalium. Nutrisi tersebut dapat menurunkan risiko osteoporosis dan lemak tubuh. Manfaat lainnya adalah menyehatkan jantung dan fungsi syaraf.

Itulah Deretan makanan yang memiliki karbohidrat paling tinggi. Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan mencegah risiko penyakit berbahaya, hentikan gaya hidup yang tidak sehat.
foto: agrocentral.co

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Deretan Makanan Yang Memiliki Karbohidrat Tinggi"

Post a Comment