10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami

Stres adalah salah satu gangguan kejiwaan yang ditandai dengan kepenatan fikiran dan suasana hati. Stres dipicu oleh banyak faktor yang berasal dari diri sendiri atau lingkungan sekitar, yang membuat seseorang sulit mencari jalan keluar dan merasa tertekan.

10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami
Berbagai masalah bisa datang pada semua orang. Seberapa baik individu mampu menghadapi masalah, akan menentukan kondisi fikirannya.

Stres harus diatasi dengan baik, untuk menjaga kesehatan tubuh dan psikologis. Tanpa perawatan yang benar, dapat menimbulkan depresi ataupun gangguan lainnya.


10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami


Untuk menghilangkan kepenatan, banyak orang pergi untuk bertamasya. Sebagian yang lain pergi ke tempat Spa. Untuk menghilangkan stres, tidak harus mengeluarkan banyak uang. Di bawah ini cara mudah dan cepat untuk menghilangkan stres:

1. Teh hitam

Teh hitam mengandung senyawa penting yang efektif untuk menenangkan syaraf otak. Studi oleh University College London menunjukkan bahwa dengan minum 4 cangkir teh hitam setiap hari selama 1 ½ bulan dapat mengurangi tingkat kortisol dan meredakan stres dengan cepat.

2. Prasangka baik

Biarkan orang lain membicarakan tentang anda, cuekkan saja. Anggap perkataan mereka sebuah candaan, atau jadikan sebuah motivasi untuk Anda.


3. Mensyukuri keadaan

Arahkan pandangan ke bawah, banyak orang yang lebih menderita daripada Anda. Dengan ikhlas dan menerima keadaan, aktivitas hypothalamus yang terletak di bagian otak akan meningkat. Perasaan bersyukur akan mengaktifkan hormon dopamin yang berperan dalam mengirim sinyal senang ke otak.

4. Hirup udara segar di pagi hari

Selain hawa segar, sinar matahari ketika pagi hari akan memberikan vitamin D untuk tubuh kita. Vitamin ini menyebabkan kadar serotonin naik, pada akhirnya menimbulkan perasaan bahagia. Dengarkan kicauan burung, rasakan hembusan angin dan keindahan suasana di pagi hari. Studi yang diadakan di Washington menunjukkan bahwa tanaman yang ditaruh di dalam ruangan akan mencegah kenaikan tekanan darah sehingga menurunkan risiko stres.

5. Jangan menumpuk pekerjaan

Pekerjaan yang selalu ditunda-tunda akan menumpuk, dan makin tidak terselesaikan. Kebiasaan ini akan menimbulkan rasa malas. Ini akan menjadi beban berat bagi Anda. Selesaikan segera pekerjaan hari ini.

6. Turuti hobby dan kebiasaan Anda, asalkan baik dan sehat

Setiap orang punya kesenangan tersendiri yang tidak terganti, seperti berbelanja atau memasak makanan. Menuruti kesenangan yang positif tidaklah masalah, asalkan bersifat baik dan sehat.

7. Bayangkan berada di tempat yang indah

Pejamkan mata, bayangkan saat ini Anda sedang duduk di tepi laut ataupun pegunungan dengan udara segar. Ambil nafas dalam-dalam, lalu keluarkan dengan pelan-pelan. Ulangi beberapa kali. Studi di California menemukan bahwa berimajinasi tentang keindahan alam mampu menurunkan produksi kortisol di otak, sehingga terhindar dari stres.

8. Sibukkan tangan dan kaki Anda

Dengan melakukan gerakan yang berulang-ulang yang tidak membosankan, dapat mengendurkan ketegangan syaraf otak. Misalnya menyulam, atau gerakan lain yang melibatkan kaki dan tangan secara aktif.

9. Mandi menggunakan air hangat

Siapkan bak mandi berisi air hangat, kemudian tambahkan minyak aromaterapi ke dalamnya. Bau melati efektif dalam menenangkan otak, mandi dengan shower untuk mengurangi stres.

10. Olahraga dengan teratur

Dengan olahraga produksi hormon endorphin akan naik, sehingga suasana hati menjadi lebih baik. Endorphin memengaruhi penurunan depresi dan ketenangan fikiran.

Tambahan:

Kurangi pemakaian gadget

Studi di California menemukan bahwa menggunakan ponsel terlalu sering dapat memicu stres. Jangan berlebihan dalam menggunakan ponsel ataupun gadget lainnya.

Cobalah bicara dengan teman

Menceritakan masalah dan perasaan kepada teman, dapat mengurangi beban fikiran Anda. Pilih teman yang dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia Anda, mungkin Anda memperoleh solusi bagi masalah yang sedang Anda hadapi.

Demikian cara menghilangkan stres yang mudah dan cepat. Hindari Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak! Jangan lupa untuk selalu berdo’a dan berbuat baik.


foto by askdrmanny.com via facebook

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami"

Post a Comment