10 Manfaat Buah Kesemek Yang Luar Biasa

Buah kesemek memiliki segudang manfaat kesehatan disebabkan zat penting di dalamnya. Nama lain dari buah ini adalah tledung, di mana bentuknya mirip apel dengan rasa buah yang sepat. Untuk menghilangkan sepat, biasanya dilumuri dengan kapur kemudian diperam. Serat yang ada di dalamnya bahkan lebih ungul dibandingkan apel. Jadi, tidak mengejutkan jika khasiatnya luar biasa.



Fakta nutrisi buah kesemek

Di dalam sebutir kesemek memiliki 19,6 % karbohidrat yang sebagian besar adalah glukosa dan fruktosa, 0,7 % protein, kalium dan vitamin A. Nutrisi per 100 gram buah ini mengandung 15 gram karbohidrat, 88 kal energi, 6 mg kalsium, 813 mcg  retinol, 26 mg fosfor, dan 20 mg asam askorbat. Nutrisi lainnya adalah vitamin C, E, K, serat, protein, niacin, kolin, thiamin, pyridoxine, riboflavin, asam folat, tembaga, magnesium, zat besi, mangan, beta-karoten, fosfor, zinc, likopen dan banyak lagi.

Kesemek atau tledung berwarna jingga hingga kemerahan, biasa dikonsumsi sebagai buah segar, dikeringkan atau diolah menjadi agar-agar, selai, ataupun es krim.


10 Manfaat Buah Kesemek Yang Luar Biasa


1. Menyehatkan Otak

Zat kolin yang terdapat di dalamnya sagat baik untuk mendukung kesehatan otak, termasuk mencegah penyakit Alzeimer. Sering konsumsi buah ini akan meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Sering makan buah kesemek menyebabkan daya tahan tubuh meningkat, sehingga terhindar dari berbagai serangan penyakit ringan seperti flu, batuk, dan pilek. Antioksidan di dalamnya efektif dalam menangkal radikal bebas yang dapat memicu sel kanker tumbuh di dalam tubuh.

3. Meredakan pembengkakan

Zat prydoxine yang ada padanya bermanfaat untuk menurunkan retensi air (edema) yang menyebabkan pembengkakan pada tangan dan kaki ibu hamil. Buah kesemek juga berkhasiat mencegah rambut rontok, melebatkan rambut, dan menguatkan rambut.

4. Mencegah hipertensi dan penyakit kardiovaskular

Buah ini juga dilengkapi dengan kalium, sehingga ampuh untuk menurunkan tekanan darah, mencegah risiko stroke, penyakit jantung, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Mencegah Epilepsi

Salah satu vitamin yang ada di dalam buah ini adalah riboflavin yang berkhasiat untuk mendongkrak produksi sel darah merah, metabolisme tubuh, energi tubuh, fungsi syaraf, serta mencegah penyakit Alzeimer dan epilepsi. Zinc yang terdapat di dalamnya efektif dalam mencegah gangguan kesehatan seperti batuk dan flu, serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

6. Mengembalikan stamina

Rajin makan buah kesemek seteleh sembuh dari sakit, sangat membantu pemulihan stamina tubuh. Buah ini kaya vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh.


Manfaat Buah kesemek untuk kecantikan


7. Menjaga berat badan

Tingginya kadar serat di dalamnya bermanfaat untuk mengontrol berat badan, karena melancarkan sistem pencernaan sehingga menguraikan lemak-lemak yang ada di dalam usus untuk dikeluarkan dari tubuh.

8. Menghilangkan Jerawat

Kesemek juga efektif dalam mencegah dan mengobati jerawat, melembabkan kulit, mencegah tanda penuaan dini, dan mengatasi gangguan kulit lainnya.


Ramuan herbal menggunakan Buah Kesemek Untuk Pengobatan


9. Menyembuhkan batuk berdahak dan asma

Untuk membantu mengobati penyakit asma dan batuk berdahak, sediakan 2 buah kesemek yang telah dikeringkan kemudian dikukus sampai matang. Haluskan, tambahkan 1 sdm madu ke dalamnya. Minum ramuan ini secara teratur.

10. Meredakan sakit perut dan diare

Untuk menyembuhkan sakit perut cukup dengan konsumsi buah kesemek segar, maka nyeri dan panas akan hilang secara berangsur-angsur. Sedangkan ramuan tradisional untuk mengobati diare maupun disentri dapat dibuat dengannya. Rebus dua buah kesemek yang telah dikeringkan, aduk sampai menyerupai bubur. Tambahkan beras ketan dan jeruk nipis, makan ramuan ini tiga kali dalam sehari.

Baca juga: 9 Ramuan Alami Untuk Mengatasi Kulit Berminyak!

Itulah manfaat buah kesemek sebagai ramuan herbal untuk mengobati beberapa penyakit dan merawat kecantikan kulit.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Buah Kesemek Yang Luar Biasa"

Post a Comment