11 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Cepat

Flek hitam merupakan masalah bagi semua orang, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Selain mengurangi kecantikan kulit, dampak flek hitam termasuk menghilangkan percaya diri. Jika Anda jengkel dan merasa terganggu dengan kondisi ini, cobalah cara alami yang akan dibahas oleh kinisehat kali ini.


11 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Cepat
Flek hitam disebabkan oleh sekresi melanin yang berlebihan. Faktor pemicu masalah kulit ini seperti kekurangan vitamin, hormon tidak seimbang, penggunaan obat-obatan tertentu, kehamilan, kekurangan mineral, menopause, dan stres. Debu, polusi udara dan efek sinar UV juga sering menyebabkan timbulnya noda hitam di wajah.

Masalah kulit ini dapat diatasi dengan penggunaan bahan alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.


11 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Cepat


Cara alami bertujuan untuk menghilangkan noda hitam dengan cepat dan tanpa efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Di bawah ini adalah bahan-bahan alami yang dapat digunakan:

1. Bawang Merah

Rempah ini juga memiliki sifat asam yang mampu memutihkan kulit secara alami. Sehingga efektif dalam menyingkirkan bintik-bintik gelap di wajah. Tumbuk bawang merah untuk mengambil airnya. Oleskan pada wajah terutama pada area bintik hitam. Biarkan selama 10 menit, lanjutkan dengan air hangat untuk membilas.

2. Jeruk Nipis

Selain efektif dalam menghilangkan flek hitam, irisan jeruk nipis berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara menggunakan bahan ini dengan menerapkan irisan jeruk nipis pada wajah secara merata. Tunggu selama beberapa menit, sebelum membilas wajah dengan air bersih. 

3. Bengkuang dan Mentimun

Untuk melenyapkan noda hitam, bengkuang atau mentimun segar diiris-iris tipis. Gunakan sebagai masker wajah selama beberapa menit sebelum dicuci menggunakan air hangat.

4. Masker Lidah Buaya


Tidak hanya memberikan nutrisi bagi rambut, lidah buaya ternyata dapat menghapus flek hitam di wajah. Campur gel lidah buaya dengan minyak zaitun, aduk hingga merata. Aplikasikan sebagai masker wajah, tunggu hingga kering sebelum dibasuh dengan air bersih dan sabun mandi.

5. Jeruk Sitrun

Asam sitrat yang terdapat di dalam lemon dapat meluruhkan sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit, dan mengurangi bintik-bintik gelap. Kesemutan pada wajah hanya bersifat sementara, ketika menerapkan ke wajah. Aplikasikan jus lemon ke wajah selama 10 menit, bilas wajah setelah perawatan. Hindari sinar matahari untuk sementara, gunakan lotion pelembab dan tabir surya.

6. Buah Pepaya

Eksfoliasi kulit dapat dilakukan oleh papain yang ada di dalam buah pepaya. Enzim papain mempu mengelupas sel kulit mati, sehingga kulit menjadi lebih segar. Papain juga melawan tirosinase, yaitu penghasil pigmen yang membentuk melanin.

Terapkan masker pepaya yang telah dilembutkan, pada area wajah yang timbul flek hitam. Biarkan selama ¼ jam, lalu cuci wajah sampai bersih.

7. Yogurt

Untuk mengurangi flek hitam, yogurt dapat menjadi pilihan tepat. Gunakan masker yogurt pada wajah selama semalaman. Lebih baik jika menambahkan bubuk oatmeal bersamanya. Aplikasikan pelembab kulit, setelah wajah dibilas dengan air dingin.

8. Jus tomat

Obat rumahan terbaik selanjutnya adalah tomat. Penerapan jus tomat pada wajah akan menghilangkan pigmentasi gelap dan noda hitam.

9. Kulit Semangka

Berbagai antioksidan kuat yang ada pada kulit semangka mampu mengurangi bintik-bintik coklat akibat paparan sinar UV. Gosokkan kulit semangka bagian dalam pada wajah Anda sehingga airnya meresap ke kulit. Jangan lupa untuk mencuci wajah setelah perawatan ini.

10. Kentang

Kentang dapat memacu produksi kolagen dan membuat kulit lebih elastis. Antioksidan yang terdapat di dalam kentang berfungsi untuk meluruhkan sel-sel mati dan bintik-bintik hitam.

Parut 3 buah kentang, tambahkan air kemudian peras. Tambahkan sedikit air perasan jeruk nipis dan madu. Usapkan pada wajah Anda, tunggu selama 20 menit sebelum membasuh wajah.

11. Minyak Cendana

Minyak alami ini memiliki agen anti-penuaan. Tambahkan gliserin dan air mawar, oleskan pada flek hitam di kulit. Biarkan semalam, sebelum dibilas keesokan harinya.

Demikian Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Cepat. Artikel menarik lainnya: 11 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Dengan Cepat. Jangan biarkan kulit terkena paparan sinar matahari secara langsung. Pakailah lotion tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah.

foto via hubimg.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam Dengan Cepat"

Post a Comment