6 Cara Mengobati Katarak Dan Mata Minus Secara Alami

Salah satu fungsi mata adalah sebagai alat penglihatan. Gangguan pada mata akan mengganggu penglihatan, seperti penyakit glaukoma dan katarak. Glukoma lebih berbahaya dari katarak, karena gangguan mata ini dapat menyebabkan kebutaan yang permanen.

6 Cara Mengobati Katarak Dan Mata Minus Secara Alami


Katarak merupakan gangguan penglihatan berupa kabut pada lensa mata. Lensa mata yang normal bersifat transparan dan digenangi oleh air, sehingga cahaya mudah untuk menembus ke dalamnya. Sedangkan lensa mata pada penderita katarak lebih keruh, sehingga cahaya sulit menembus mata dan menyebabkan pandangan buram.


6 Cara Mengobati Katarak Dan Mata Minus Secara Alami
7 Penyebab Katarak

Serat protein yang menyusun struktur mata dapat mengalami penurunan. Ketika serat protein ini menumpuk dan menimbulkan noda pada lensa mata, maka akan terjadi katarak. Faktor penyebab katarak seperti di bawah ini:

1. Faktor Usia dan Lingkungan

Semakin lanjut usia maka protein lensa dapat menurun. Demikian juga faktor lingkungan sering memicu gangguan mata ini.

2. Faktor Keturunan

Kelainan pada kromosom dapat menentukan kualitas lensa mata.

3. Trauma

Penebalan dan kabut pada lensa mata dapat disebabkan oleh trauma.

4. Penyakit kulit tertentu

Penyakit kulit seperti ichthyosis, dermatitis atopik, pemfigus, dan eksim dapat mengganggu kesehatan lensa mata.

5. Diabetes

Enzim aldosa reduktase pada pasien diabetes dapat menimbulkan gangguan lensa. Baca: 7 Cara Mengobati Kencing Manis Dengan Bahan Alami

6. Infeksi penyakit

Kusta, cysticercosis, dan toksoplasmosis dapat mengakibatkan katarak.

7. Mengkonsumsi obat tertentu

Obat-obatan seperti steroid atau kortikosteroid sering mengakibatkan gangguan mata.

Penyebab lainnya seperti radang pada mata, pasca operasi mata, radiasi ultraviolet yang berlebihan, radiasi ion, atau kebanyakan menghisap asap tembakau.

Gejala Umum Katarak

Banyak penderita menyadari adanya gangguan kesehatan ini setelah penyakit berkembang selama 3-5 tahun. Katarak ditandai dengan air mata yang mudah keluar dan menimbulkan rasa gatal. Gejala lainnya termasuk gangguan penglihatan pada malam hari, dan tidak kuat untuk menahan cahaya silau. Selanjutnya kabut akan nampak di depan penglihatan. Selaput akan semakin rapat dan menghalangi pandangan mata. Obyek akan terlihat ganda ketika dilihat dengan menggunakan sebelah mata.

Pengobatan katarak secara medis

Pengobatan medis ditempuh dengan operasi penggantian lensa mata yang keruh dengan lensa mata buatan. Metode pengobatan terbaru adalah menggunakan sinar laser. Penanganan ini dilakukan dengan cepat dan membutuhkan biaya yang mahal. Sedangkan pengobatan alternatif dapat menggunakan bahan alami seperti berikut ini:

  • Menerapkan jus bunga labu sebagai masker mata.
  • Mengkonsumsi jus wortel dengan rutin.
  • Minum campuran ketumbar dan adas manis.
  • Minum segelas susu hangat yang dicampur dengan dua buah kapulaga halus.
  • Mengkonsumsi tujuh buah almond yang dicampur dengan setengah gram merica.

Bunga Bintang Lima (isotoma longiflora)


Tanaman kitolod sering juga disebut kembang jangar atau bunga bintang lima biasa tumbuh liar di tepi selokan dan semak-semak. Bunga bintang lima mampu mengobati berbagai gangguan mata seperti katarak, silindris, rabun jauh, rabun dekat, dan mata perih. Kelopak bunga ini berjumlah lima buah. Bunga kitolod mengandung senyawa penting seperti alkaloid, politerol, flavonoid, dan samponi.


Cara Membuat Obat Katarak dan Mata Minus



  • Petik beberapa tangkai bunga kitolod, kemudian rendam ke dalam segelas air bersih. Biarkan selama beberapa menit supaya senyawa yang ada di dalamnya meresap ke dalam air.
  • Teteskan air yang keluar dari ujung tangkai bunga ke mata kanan dan kiri secara bergantian, masing-masing sebanyak dua tetes.
  • Reaksi yang timbul berupa rasa perih dan kesat. Reaksi hanya terjadi selama beberapa saat. Lakukan pengobatan alami ini setiap pagi, siang, dan malam hari.

Demikian cara mengobati katarak dengan menggunakan bahan alami. Penting: Dua Cara Cuci Ginjal Dengan Alami Dan Murah. Tindakan pencegahan lebih efektif agar penyakit tidak kronis. Jagalah kesehatan mata, yang tidak dapat dibeli dengan apapun di dunia ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Cara Mengobati Katarak Dan Mata Minus Secara Alami"

Post a Comment