12 Cara Mengobati Migrain Secara Alami Tanpa Obat

Migrain adalah sakit pada satu sisi kepala yang disebabkan oleh gangguan pada syaraf otonom. Gangguan ini harus diobati, karena sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Migrain berbeda dengan vertigo. Penyebab dan cara mengobati keduanya pun berbeda.


12 Cara Alami Untuk Mengobati Migrain
Gejala Migrain
  • Sakit pada setengah bagian kepala (unilateral).
  • Mual, muntah.
  • Kepala terasa berdenyut-denyut selama 2-72 jam.
  • Gangguan motorik, visual, dan bicara.

Penyebab Migrain

Faktor keturunan dan lingkungan diyakini menjadi penyebab gangguan ini. Sakit kepala dapat disebabkan oleh gangguan pada tulang belakang yang berkaitan dengan syaraf. Wanita lebih berisiko terkena migrain dibandingkan pria. Faktor lain yang dapat memicu sakit kepala sebelah antara lain:

Stres

Penyebab lain yang paling umum adalah stres. Jadi, hilangkan stres untuk mencegah serangan migren. Baca: 10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami.

Menstruasi

Bagi sebagian wanita, nyeri haid (disminore) dapat memicu migrain. Juga pada wanita menopause, sering mengalami sakit kepala sebelah, disebabkan kadar estrogen menurun sehingga hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil.


12 Cara Mengobati Migrain Secara Alami Tanpa Obat


1. Mengkonsumsi Makanan Asin

Ketika migrain menyerang Anda, cobalah makan keripik asin. Hal ini bermanfaat untuk meredakan serangan migrain.

2. Cobalah makan kacang-kacangan


Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium dapat mencegah migrain. Anda dapat memperoleh asupan magnesium dengan makan kacang-kacangan. Salah satu manfaat magnesium adalah mengendurkan ketegangan pada saraf.

3. Minum banyak air

Air berguna untuk membersihkan toksin penyebab sakit kepala. Kurangi minuman bersoda, dan soft drink lainnya.

4. Teh Jahe

Untuk meringankan sakit kepala akibat serangan migren, minum teh jahe hangat dengan rutin.

5. Hangatkan tubuh dan dinginkan kepala Anda

Cara ini akan membuat darah dapat mengalir lebih cepat ke area kepala. Caranya dengan merendam tubuh ke dalam bak berisi air hangat, atau mengompres kepala dengan es batu.

6. Baringkan tubuh di ruangan tanpa cahaya

Cahaya yang silau dapat membuat sakit kepala makin parah. Carilah tempat yang teduh dan hindari cahaya.


Cara Mencegah Serangan Migrain


7. Menjaga kadar gula darah

Kekurangan kadar gula darah (hipoglikemia) dapat meningkatkan risiko migrain. Untuk mengatasi masalah ini, perbanyak mengkonsumsi makanan manis yang berasal dari buah-buahan dan sayuran. Tetapi jangan berlebihan memakan makanan manis, karena dapat memicu diabetes.


Terapi Untuk Mengobati Migrain


8. Memijat Pelipis

Cara lama ini cukup ampuh untuk meredakan sakit pada sebelah kepala. Di samping itu tubuh menjadi lebih nyaman.

9. Aromaterapi

Untuk meringankan migren, kompres kepala Anda menggunakan handuk yang telah dibasahi dengan beberapa tetes minyak aromaterapi lavender. Cara alami ini efektif untuk meredakan sakit kepala akibat migrain.

10. Chiropractic

Metode pengobatan alternatif ini mampu meredakan migrain yang sering kambuh. Pengobatan chiropractic dilakukan oleh chiropractor dengan cara mengembalikan tulang leher dan punggung supaya lurus kembali, dan mengendurkan tekanan pembuluh darah. Metode ini bertujuan untuk melancarkan darah pada sistem saraf dan jaringan tubuh.

11. Hidroterapi

Hidroterapi merupakan teknik untuk mengobati migrain menggunakan air sebagai media. Metode hidroterapi dilakukan dengan merendam kaki ke dalam bak berisi air dingin, dan mengompres area leher menggunakan kain hangat. Metode alami ini mampu melancarkan aliran darah dari kepala menuju kaki, disebabkan kaki lebih dingin dari kepala.

12. Akupunktur

Terapi ini diyakini mampu meredakan migrain dengan cara membuka energi tubuh yang tersumbat dan melancarkan sirkulasi darah, dimana keduanya sering memicu migren.

Demikian 12 cara alami untuk mengobati migrain dengan mudah. Penting: 8 Cara Mengobati Vertigo Menggunakan Bahan Alami. Gaya hidup sehat akan menjauhkan diri Anda dari hal-hal buruk seperti stres yang dapat memicu migrain. Jadi, terapkan pola hidup sehat dan jangan malas untuk berolahraga.

ilustrasi foto by yurtopic.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Cara Mengobati Migrain Secara Alami Tanpa Obat"

Post a Comment