5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Ketika jerawat muncul di wajah, tentu Anda ingin menghilangkannya dengan cepat. Sebelum membahas tentang cara mengobati jerawat dengan mudah, ada beberapa hal yang harus kita ketahui. Banyak orang memiliki persepsi yang salah terhadap penyebab jerawat. Nah, Anda harus membaca artikel ini hingga tuntas.


5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami
9 Penyebab jerawat

Berbeda dengan bisul, jerawat disebabkan oleh perubahan hormonal yang memicu produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) di kulit. Berikut faktor penyebab timbulnya jerawat di kulit:

1. Bakteri

Bakteri p.acne biasanya berkembang pada kelenjar sebaceous yang sesak oleh kotoran dan minyak, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Kondisi ini menyebabkan kelenjar bengkak kemudian pecah, pada akhirnya radang menyebar ke area sekitarnya.

2. Minyak di kulit terlalu berlebihan

Produksi kelenjar minyak yang berlebihan menyebabkan pori-pori kulit dan saluran folikel rambut tersumbat. Kondisi ini disebabkan oleh aktivitas hormon androgen, dan penumpukan sebum bercampur dengan bakteri.

3. Kosmetik

Penggunaan kosmetik atau bedak yang berbaur dengan foundation, dapat menyumbat pori-pori kulit.

4. Sel-sel kulit mati

Minyak yang berlimpah akan mudah bercampur dengan timbunan sel-sel kulit mati, kotoran, dan debu. Sehingga terbentuk campuran lengket yang menyumbat pori-pori kulit.

5. Stres

Ketika seseorang tertekan, tubuh mengeluarkan hormon tertentu yang membuka peluang bagi munculnya jerawat. Baca: 10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami.

6. Obat-obatan tertentu

Penggunaan obat-obatan jenis kortikosteroid, dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terinfeksi oleh bakteri patogen.

Faktor penyebab lainnya seperti regenerasi kulit yang tidak normal, kulit terlalu sensitif, dan kurang menjaga kebersihan tubuh dengan rutin.


5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami


1. Bawang putih

Bawang putih memiliki antibakteri yang mampu mengobati peradangan akibat jerawat. Pertama kunyah bawang putih mentah secara langsung, tanpa diolah. Irisan bawang putih juga dapat diaplikasikan pada wajah sebagai masker.

2. Cuka apel

Cuka sari apel efektif dalam mematikan bakteri penyebab infeksi kulit. Cuka apel mengurangi keasaman kulit, sehingga pertumbuhan bakteri dihambat.


Langkah pertama adalah mencuci wajah Anda, kemudian keringkan dengan handuk. Gunakan kapas untuk mengoleskan cuka apel pada area yang berjerawat. Setelah10 menit, bilas wajah hingga bersih. Lanjutkan dengan lotion untuk melembabkan kulit, setelah perawatan ini.

3. Kulit pisang

Kulit pisang mengandung zat lutein yang bersifat antioksidan kuat. Zat ini mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat jerawat. Cara penggunaan: Gosokkan kulit pisang pada wajah Anda, biarkan selama setengah jam sebelum dibilas.

4. Kayu manis dan madu

Kayu manis mengandung antimikroba, yang cepat untuk membunuh bakteri. Antibiotik alami dalam madu dapat mengobati infeksi kulit oleh bakteri.

Cara penggunaan: Campur madu murni dan kayu manis dengan perbandingan 2:1. Aduk keduanya sampai rata sehingga membentuk pasta. Gunakan sebagai masker wajah selama 10 menit.

5. Lidah buaya

Gel lidah buaya mengandung antibakteri dan anti inflamasi, sehingga mengurangi bengkak dan warna merah akibat jerawat. Cukup dengan menerapkan gel pada wajah anda selama 15 menit, kemudian basuh wajah dengan air bersih.


Tips Cara Mencegah Jerawat



  • Hindari stres dan tenangkan pikiran anda.
  • Kurangi makan daging dan makanan yang mengandung banyak minyak atau lemak.
  • Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Rutin minum teh setiap bangun di pagi hari.
  • Kurangi makan cabe atau makanan lain yang pedas.
  • Olahraga dengan teratur.
  • Menjaga pola makan dengan baik dan sehat.

Tips Tambahan

Cuci sarung bantal minimal setiap seminggu. Bantal merupakan teman setia bagi semua orang. Saya yakin bahwa Anda banyak menghabiskan waktu bersamanya, lebih dari 7 jam setiap hari. Bantal yang kotor merupakan sarang bakteri sehingga jerawat makin parah. Jemur bantal dan guling setiap seminggu, untuk mencegah perkembangan bakteri.

Demikian Cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan aman. Dengan cara alami tidak akan mengeluarkan banyak biaya, dan lebih aman. Semoga artikel ini membantu Anda yang sedang bermasalah dengan jerawat biasa, komedo, atau jerawat batu.

ilustrasi foto via removeyouracne.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami"

Post a Comment