5 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Cepat Dan Aman

Meskipun penyakit cacar hanya dialami oleh individu sekali seumur hidup, tetapi bekas cacar selalu menyisakan bopeng. Cacar termasuk penyakit yang cepat menular. Virus cacar mudah menyebar lewat kontak langsung dengan penderita maupun udara. Bagaimana pun, seseorang tidak dapat mengelak dari penyakit satu ini. Masalahnya kini, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar secara alami?

5 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Cepat Dan Aman
Gejala awal penyakit cacar air (Varicella simplex) seperti pilek, cepat lelah, dan demam. Gejala lanjut seperti sakit kepala, nyeri sendi. Selanjutnya muncul bercak kecil berwarna kemerahan pada kulit. Bercak ini umumnya muncul di wajah, bagian punggung, dan lainnya.

Bercak ini akan berubah menjadi bintik berisi cairan dengan selaput tipis. Selanjutnya timbul rasa nyeri dan gatal. Jika bintik digaruk maka akan menyebar dan proses penyembuhan lebih lama.


5 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Cepat Dan Aman


Virus cacar menyelinap di lapisan kulit paling dalam. Penyakit ini mudah menyerang seseorang, ketika daya tahan tubuhnya buruk. Cacar air akan meninggalkan bekas yang merusak kecantikan kulit. Untuk menghilangkan bekas cacar, berikut ini bahan-bahan alami yang dapat digunakan:

1. Jagung Manis

Jagung manis mengandung sejumlah vitamin yang mampu mempercepat regenerasi sel kulit. Cara membuat: Pilih buah jagung muda, karena kandungan airnya lebih melimpah. Air inilah yang memiliki efektifitas dalam menghapus bekas luka cacar.

Selanjutnya, parut jagung muda supaya kita dapatkan tekstur yang halus dan mudah melekat di kulit. Terapkan masker jagung ini pada kulit yang muncul bekas cacar. Tunggu selama beberapa menit sampai airnya mengering dan air jagung meresap dalam kulit. Cuci kulit Anda dengan air bersih, setelah perawatan. Ulangi cara ini setiap hari sampai bekas cacar hilang.

2. Madu

Untuk menghapus bekas cacar juga dapat menggunakan madu. Madu terkenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk kecantikan kulit, termasuk untuk menghaluskan luka bekas cacar.


Cara penggunaan madu untuk mengatasi bekas cacar tidak rumit. Terapkan masker madu pada kulit Anda, terutama pada area bekas luka cacar. Jangan biarkan lalat atau serangga lain menyentuhnya. Biarkan madu meresap ke dalam pori-pori kulit, atau tunggu sampai kering. Terakhir, bilas kulit Anda menggunakan air hangat sampai bersih.

3. Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan gudang antioksidan. Salah satu fungsi antioksidan ini adalah untuk memacu regenerasi kulit.

Cara menggunakan: Rendam biji kacang hijau ke dalam air selama 8 jam, sebelum tidur malam. Tumbuk kacang hijau yang telah direndam hingga halus. Tuangkan sedikit air supaya lebih lembab mirip krim malam. Oleskan krim alami ini pada bagian kulit yang bopeng akibat bekas cacar. Tunggu sampai kering, kemudian basuh kulit dengan air bersih. Lakukan perawatan kulit ini dengan rutin setiap hari menjelang tidur malam.

Pengobatan dari dalam

4. Jintan Hitam dan Sirih

Sediakan bahan-bahan berupa 1 sdm jintan hitam, ½ bangle, 1 buah dlingo, 3 lembar daun sirih, 1 buah pinang muda, dan 1 rimpang temu sore.

Cara membuat: Tumbuk semua bahan, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Minum airnya setiap hari dengan rutin, hingga bekas luka lenyap.

5. Buah Mengkudu

Meskipun baunya menyengat dan tidak sesuai dengan kehendak kita, ternyata mengkudu memberikan kontribusi besar untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Buah ini efektif dalam mengobati hipertensi. Di samping itu, buah noni juga dapat melenyapkan luka bekas cacar air.

Cara membuat obat alami: Pilih buah mengkudu matang, masukkan ke dalam juicer untuk menghaluskannya. Jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya. Cara menggunakannya dengan minum jus mengkudu ini secara teratur. Pengobatan dari dalam ini sebaiknya dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Itulah 5 Cara Menghilangkan Bekas Cacar dengan Cepat dan tidak menimbulkan efek samping. Simak juga: Cara Mencegah Dan Mengobati Difteri Yang Harus Anda Ketahui. Pilih salah satu cara di atas, kecuali jus mengkudu.

foto by varicellas.com via cloudfront.net

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Dengan Cepat Dan Aman"

Post a Comment