11 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Kering Secara Alami

Batuk adalah reaksi oleh tubuh ketika ada lendir atau benda asing yang mengganggu saluran nafas dan paru-paru. Jadi, batuk dapat menjadi salah satu indikasi adanya penyakit pada saluran nafas. Faktor penyebabnya cukup bervariasi, sedangkan cara mengobati batuk dapat menggunakan bahan alami dan obat kimia.


11 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Kering Secara Alami
Batuk Berdahak

Infeksi benda asing yang mengotori paru-paru akan dikeluarkan oleh tubuh berupa dahak. Jadi, batuk tidak seharusnya dihentikan dengan obat-obatan kimia yang berfungsi untuk meredamnya. Justru dahak yang berasal dari sinus dan paru-paru ini merupakan proses pembersihan paru-paru.

Penyebab Batuk Berdahak

- Asap tembakau

Iritasi pada tenggorokan dapat disebabkan oleh asap tembakau atau polusi. Batuk ini mungkin menjadi gejala kerusakan pada paru-paru.

- Infeksi virus

Pilek atau flu biasa yang disertai dengan batuk terjadi akibat infeksi virus pada saluran nafas. Dahak yang mengalir dari hidung ke tenggorokan akan menimbulkan batuk.

- Kenaikan Kadar Asam lambung

Salah satu kasus batuk yang jarang terjadi adalah batuk akibat gejala asam lambung naik, sehingga rasa tidak nyaman sampai ke tenggorokan dan menimbulkan batuk. Kasus batuk yang langka ini biasanya mampu membangunkan tidur Anda.

- Penyakit paru-paru kronis

Dahak yang keluar saat batuk terkadang merupakan tanda bahwa seseorang mengalami penyakit paru-paru obstruktif kronik.

- Akibat sinusitis

Penyakit sinusitis dapat menyebabkan dahak mengalir dari sinus ke tenggorokan, biasanya terjadi ketika bangun tidur di pagi hari. Infeksi bakteri atau virus pada paru-paru dapat menjadi indikasi adanya penyakit sinusitis, pneumonia, TBC, atau bronkitis.

Penyebab Batuk Kering

Batuk tanpa disertai dahak dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kejang pada saluran bronkial (bronkospasme. Kondisi ini disebabkan adanya iritasi. Faktor lain yang dapat memicu batuk kering termasuk alergi, mengkonsumsi obat penurun darah tinggi seperti kaptopril dan lisinopril, asma ringan, dan paparan debu atau bahan kimia.


11 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Kering Secara Alami


Cara menyembuhkan batuk berdahak dan batuk kering yang dianjurkan adalah melalui resep dokter, bukan minum antibiotik secara sembarangan. Untuk pengobatan batuk berdahak secara alami dapat menggunakan bahan-bahan berikut ini:

1. Jeruk Nipis dan Kecap


Kombinasi kedua bahan ini efektif dalam melawan batuk berdahak. Jeruk nipis dipotong-potong, kemudian peras untuk mendapatkan airnya. Campur dengan kecap, minum setiap pagi, siang, dan malam hari.

2. Kencur Dan Jahe

Jahe memiliki antibakteri dan senyawa yang mampu menghangatkan tubuh dan meredakan batuk berdahak. Pertama, ambil jahe dan kencur seperlunya. Kedua bahan dipotong-potong, rebus bersama air sampai mendidih selama beberapa saat. Minum airny selagi hangat setiap hari.

3. Daun Sirih

Daun sirih dapat digunakan sebagai obat batuk berdahak. Untuk membuat ramuan, rebus daun sirih dan irisan jahe, minum airnya ketika telah dingin atau hangat.


Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami


4. Belimbing wuluh

Masukkan 7 buah belimbung wuluh ke dalam blender yang berisi sedikit air. Tambahkan air garam secukupnya, peras dan minumlah airnya ketika pagi dan sore hari.

5. Daun Kemangi

Batuk kering dapat diobati dengan menggunakan daun kemangi. Caranya dengan merebus 7 lembar daun kemangi bersama segelas air, minum air kemangi setiap hari secara rutin hingga batuk sembuh.

6. Kencur

Cukup dengan mengunyah kencur dan menelan airnya, dapat meredakan batuk kering yang bandel.

7. Bunga mawar

Untuk menyembuhkan batuk kering, silahkan menanak segenggam bunga mawar segar kemudian tambahkan sedikit gula batu. Minum airnya sebanyak 2 kali dalam sehari.

8. Kunyit

Selain efektif dalam menetralkan asam lambung, kunyit mampu mengatasi batuk kering. Peras kunyit yang telah ditumbuk, tambahkan madu dan segelas susu hangat. Obati batuk yang mengganggu, dengan minum racikan ini.

9. Daun asam muda

Campur setengah genggam daun asam muda dengan kayu manis, daun saga manis, dan sepotong gula batu. Rebus semua bahan sampai mendidih, saring untuk minum airnya.

10. Daun Kayu Putih

Efek menghangatkan tubuh yang terdapat di dalam kayu putih, dapat berguna untuk menyingkirkan batuk kering. Rebus daun kayu putih sebanyak 10 gram bersama 3 gelas air, sampai air menyusut segelas. Ketika airnya masih hangat, segera minum.

11. Kapulaga

Rebus 5 buah kapulaga dengan segelas air. Setelah mendidih selama beberapa menit, biarkan airnya agak dingin. Minum ketika air masih hangat.


Tips Mengobati Batuk Dengan Cepat



  • Jaga tubuh Anda tetap hangat.
  • Hindari area berdebu atau dingin.
  • Mandi dengan menggunakan air hangat.
  • Perbanyak minum air sekitar 8 gelas setiap hari.
  • Perbanyak istirahat.

Demikian cara mengobati batuk berdahak dan kering dengan cepat. Cobalah salah satu bahan alami yang disebutkan di atas. Semoga gejala yang terjadi bukanlah sebagai indikasi penyakit tertentu. Simak juga tentang 6 Cara Alami Mengobati Kenaikan Asam Lambung.

foto by ahchealthenews.com via cloudfront.net

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Cara Mengobati Batuk Berdahak Dan Kering Secara Alami"

Post a Comment