4 Cara Mengobati Luka Bernanah Secara Alami Dan Cepat

Luka bernanah sering membuat cemas dan jengkel bagi orang yang menderitanya.  Nanah yang keluar dari luka tentu menimbulkan rasa malu dan menghilangkan percaya diri. Jaringan tubuh yang rusak akibat luka akan diperbaiki oleh sel darah putih.Tapi kemungkinan infeksi oleh bakteri dapat terjadi, tanpa pengobatan yang tepat.

4 Cara Mengobati Luka Bernanah Secara Alami Dan Cepat

4 Cara Mengobati Luka Bernanah Secara Alami Dan Cepat


1. Gunakan Garam dan Air Hangat

Buatlah larutan NaCl dengan mencampur garam bersama air hangat. Bersihkan luka dengannya, untuk mematikan bakteri dan membersihkan nanah. Lakukan perawatan sebanyak tiga kali dalam sehari, dengan rutin.

2. Air kunyit

Antibiotik yang terkandung di dalam kunyit berguna untuk membuat luka menjadi kering. Parut kunyit, kemudian peras untuk mengambil airnya. Setelah membersihkan luka dengan air garam, oleskan air kunyit pada bagian tubuh yang luka. Lakukan cara ini dengan rutin.

3. Bubuk Kopi


Kopi ternyata memiliki kemampuan untuk mengobati macam-macam luka, seperti luka bakar, luka akibat goresan benda tajam, terjatuh, bahkan koreng yang telah terinfeksi. Kopi memiliki anti bakteri kuat yang dapat mematikan bakteri Methicillin Resistant Starhylococcus Aureus yang umumnya terdapat pada luka bernanah.

Caranya dengan menaburkan bubuk kopi pada luka. Kopi yang digunakan adalah hasil menumbuk sendiri, atau digiling. Taburkan dengan merata hingga luka tertutup. Cara ini tidak menimbulkan perih, bahkan luka akan terasa lebih sejuk. Jangan terlalu tebal, jika retak maka taburkan lagi. Jangan menekan luka dengan tujuan memasukkan kopi ke dalamnya. Jangan sampai luka terkena air, tutup dengan bahan yang kedap air ketika Anda mandi.

Hentikan pengobatan jika pasien alergi terhadap kopi. Alergi biasanya ditandai dengan gatal dan warna merah yang timbul di sekitar luka. Bubuk kopi memiliki efek yang berbeda dari salep. Jika salep menimbulkan sensasi dingin, kopi justru memberikan sensasi hangat. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyembuhkan luka bernanah dengan cara ini? Relatif, tergantung luas dan adanya infeksi atau tidak.

4. Kulit Kayu Putih

Tanaman kayu putih ternyata efektif dalam mengeringkan luka bernanah. Hasil penyulingan daunnya menghasilkan minyak alami yang telah lama dikenal. Sedangkan kulit tanaman ini senyawa aktif yang disebut melaluicin, mengandung analgesik yang meredakan nyeri dan desinfektan alami yang mampu mengobati infeksi.

Kayu Putih dapat ditemukan di area tanah yang tandus dan tahan terhadap cuaca panas. Tanaman ini mampu tunas lagi, setelah kebakaran. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di pantai hutan bakau, rawa ataupun tanah kering. Di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan di Hutan Papua.

Siapkan kulit kayu putih, asam jawa, dan jahe. Cuci semua bahan, kemudian biarkan terkena angin. Setelah dijemur, tumbuk ketiga bahan ini hingga halus. Agar semua bahan dapat menyatu, tumbuk sampai lumat. Ada sebagian orang menyarankan untuk mengunyah ketiga bahan ini, tapi untuk menjaga kebersihannya lebih baik ditumbuk.

Setelah ramuan disiapkan, balurkan pada luka nanah. Lakukan cara ini berulang-ulang, setiap hari sebanyak 2 kali.

Pengobatan yang telah disebutkan di atas mampu mengobati luka bernanah dengan aman dan tidak menimbulkan efek berbahaya. Namun, jika terdapat banyak nanah, maka dibutuhkan antibiotik untuk mematikan bakteri dan mencegah risiko infeksi yang parah. Jika nanah tidak segera hilang dengan cara alami ini, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Simak juga: 8 Cara Alami Menghentikan Mimisan Dengan Cepat.

Itulah 4 Cara mengobati Luka Bernanah secara alami, cepat dan aman. Penuhi asupan gizi dan nutrisi sehat lainnya untuk mempercepat penyembuhan terhadap luka. Kebutuhan nutrisi dibutuhkan untuk proses pemulihan jaringan yang rusak akibat luka. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami luka nanah.

ilustrasi foto via nwtexashealthcare.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "4 Cara Mengobati Luka Bernanah Secara Alami Dan Cepat"

Post a Comment