6 Cara Mengobati Penyakit Campak Dengan Bahan Alami

Penyakit Campak tidak hanya menyerang balita dan anak-anak saja. Campak merupakan penyakit menular yang mudah menyerang seseorang dengan kekebalan tubuh rendah dan tidak bugar. Risiko penyakit campak lebih tinggi pada bayi tanpa imunisasi dan anak-anak yang mengalami kekurangan gizi. Penyakit kulit ini ditandai dengan bercak-bercak berwarna merah yang berisi darah, air, dan nanah


6 Cara Mengobati Penyakit Campak Dengan Bahan Alami
Penyebab penyakit campak

Campak (rubeola/measles) disebabkan oleh Paramixovirus yang dapat menular lewat percikan ludah, dahak, atau cairan yang keluar dari luka. Virus ini memiliki masa inkubasi selama 10 hingga 14 hari sebelum gejala datang. Faktor risiko campak termasuk kekurangan vitamin A dan tidak mendapatkan vaksinasi.

Gejala Campak

Selain cairan berisi nanah dan darah, gejala lain penyakit campak seperti demam dan batuk kering. Campak pada bayi diyakini memiliki efek meningkatkan imunitas tubuh terhadap serangan bakteri.


6 Cara Mengobati Penyakit Campak Dengan Bahan Alami


Penyakit campak pada bayi dan anak dapat diobati dengan cara alami, yang tidak menimbulkan dampak buruk pada jangka panjang. Di bawah ini adalah bahan-bahan alami yang dapat dipilh untuk menghilangkan campak dengan cepat:

1. Daun Jarak

Untuk mempercepat proses penyembuhan campak, cukup dengan mandi dengan air hangat yang dicampur bersama remasan daun jarak. Zat aktif yang terdapat pada daun jarak mampu membuat luka campak menjadi kering dengan cepat.

2. Kunyit dan Madu


Kunyit mengandung antiseptik dan antioksidan yang efektif dalam mengobati gejala campak. Tambahkan madu ke dalam segelas susu hangat yang berisi 1 sdm bubuk kunyit. Kombinasi ramuan lainnya adalah kunyit dan biji asam jawa, masing-masing 400gr. Tuangkan air hangat ke dalam kedua bahan yang telah dihaluskan menjadi serbuk. Kunyit juga bisa ditambahkan bersama jus labu pahit dan madu. Silahkan minum airnya dari salah satu ramuan kunyit.

Madu dilengkapi dengan vitamin B2 dan vitamin B6 yang berguna untuk mencegah penyakit kulit. Selain itu, asam pantotenat dan biotin yang ada di dalamnya mampu mengobati eksim dan herpes.

3. Biji Nangka

Cara mengatasi campak dapat juga dengan menggunakan biji nangka. Cara membuat ramuan dengan merebus biji nangka sampai mendidih selama beberapa saat, kemudian saring dan tiriskan. Minum airnya ketika pagi dan sore hari secara teratur.

4. Terong

Antioksidan yang dikandung oleh biji terong bermanfaat untuk menguatkan imunitas tubuh. Terong juga dilengkapi dengan vitamin C dan seng, dimana keduanya membuat proses penyembuhan lebih cepat . Caranya dengan mengkonsumsi 1gr biji terong setiap hari selama 3 hari .

5. Air Kelapa

Minum air kelapa muda bagi penderita campak akan bermanfaat untuk menetralkan racun, ditandai dengan keluarnya bintik-bintik merah dari tubuh. Enzim dan antidotum yang ada di dalam air kelapa mampu memberi perlindungan bagi tubuh dari virus. Air kelapa juga mengandung potasium, protein, mineral dan vitamin C yang membantu dalam regenerasi sel. Sehingga pada akhirnya meningkatkan imunitas tubuh, khususnya bagi penderita campak.

Campur jus pisang dengan sedikit madu dan segelas air kelapa muda. Saring dan minum ramuan ini untuk mengatasi campak.

6. Jeruk

Penyakit campak umumnya memiliki gejala seperti rasa haus dan nafsu makan menurun. Dengan sering minum jus jeruk sepanjang hari, akan mengatasi masalah ini. Jus jeruk bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, serta meningkatkan kekebalan tubuh bagi penderita penyakit campak.

Itulah 6 cara mengobati penyakit campak dengan bahan alami. Artikel lainnya mengenai Cara Mengobati Eksim Dengan 11 Bahan Alami. Untuk mempercepat proses pemulihan, perbanyak tidur dan istirahat. Kurangi semua aktivitas fisik, dan perhatikan asupan harian. Dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menerapkan cara di atas diharapkan penyakit akan sembuh lebih cepat.

ilustrasi foto via njfamily.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "6 Cara Mengobati Penyakit Campak Dengan Bahan Alami"

Post a Comment