Cara Mengobati Penyakit Gondok Secara Alami Dan Medis

Cara mengobati penyakit gondok secara alami menjadi pilihan bagi banyak orang, karena tidak menimbulkan efek samping sama sekali pada jangka panjang. Penyakit kelenjar tiroid merupakan pembengkakan pada kelenjar gondok yang terletak di dalam tenggorokan. Penyakit ini dapat menyerang semua usia, namun tidak menular.


Cara Mengobati Penyakit Gondok Secara Alami Dan Medis
Penyebab Penyakit Gondok

Kelenjar tiroid yang membengkak dapat disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab umum masalah kesehatan ini seperti berikut:

1. Kekurangan iodin

Kelenjar tiroid memerlukan iodin untuk memproduksi hormon tiroid. Defisiensi iodin menyebabkan kinerja kelenjar tirosi menurun, sehingga terjadi inflamasi. Iodin banyak terdapat pada ikan, rumput laut, tiram, gandum, sereal, dan susu sapi.

2. Hipotirodisme dan Hipertiroidisme

Peningkatan kinerja kelenjar tiroid secara drastis (hipertiroidisme) ataupun penurunan fungsi kelenjar tiroid (hipotiroidisme), dapat menyebabkan kelenjar tiroid bengkak. Penyakit Graves sering menyebabkan kelenjar tiroid bekerja secara berlebihan. Sedangkan kekurangan iodin akan melemahkan kinerja kelenjar tiroid.

3. Terlalu sering menghisap asap rokok

Senyawa tiosianat yang terdapat di dalam asap tembakau dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam menggunakan iodin.

Penyebab Gondok yang lain

  • Akibat kanker tiroid.
  • Efek samping dari penggunaan obat litium untuk mengatasi depresi.
  • Adanya nodul pada kelenjar tiroid.
  • infeksi bakteri, virus, ataupun obat-obatan tertentu.
  • Hormon tubuh mengalami perubahan akibat pubertas, menopause, atau kehamilan.
  • Kadar iodin yang terlalu berlebihan.
  • Terkena paparan radiasi ketika menjalani radioterapi.

Jenis-jenis Penyakit Gondok

Berdasarkan bentuknya, gondok dibedakan menjadi dua yaitu difus dan nodul. Gondok difus berbentuk benjolan yang mulus, sedangkan benjolan pada nodul tidak rata akibat adanya bintil-bintil kecil berbentuk padat yang berisi cairan.

Gejala Penyakit Gondok

Pembesaran pada kelenjar gondok sering disertai dengan gejala seperti tenggorokan sesak, suara menjadi parau, sering batuk, sulit untuk bernafas, dan sulit saat menelan.

Jika gejala-gejala yang telah disebutkan terjadi pada diri seseorang, sebaiknya segera berkunjung ke dokter. Apalagi jika benjolan semakin besar dan kesulitan untuk bernafas atau menelan.


Cara Mengobati Penyakit Gondok Secara Alami Dan Medis


Untuk penyembuhan terhadap penyakit gondok (Parotitis), hal yang perlu ditekankan adalah upaya meningkatkan imunitas tubuh dan asupan vitamin.

Cara tradisional yang sering digunakan dan membantu untuk menghilangkan penyakit gondok seperti di bawah ini:

1. Belimbing Wuluh


Ambil 4 siung bawang merah dan 10 lembar daun belimbing wuluh beserta tangkainya. Setelah dicuci hingga bersih, tumbuk kedua bahan sampai halus. Oleskan ramuan ini pada tenggorokan.

2. Akar daruju

Siapkan 50gr akar daruju kering, rebus ke dalam panci berisi dua gelas air. Biarkan air mendidih dan tersisa segelas saja. Saring untuk mengambil airnya, kemudian minum saat dingin. Di samping itu, Anda juga dapat menanak akar daruju bersama daging. Setelah matang, makan dagingnya.

3. Akar Jarong

Rebus 30gr akar jarong bersama 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring untuk memisahkan airnya, kemudian minum dengan segera. Akarnya ditumbuk untuk dibalurkan pada leher.

4. Tanaman Ciplukan

Sediakan 11gr tanaman ciplukan, rebus dengan 4 gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum setiap hari sebanyak 2 kali, masing-masing segelas air ketika dingin.

5. Pengobatan Penyakit Gondok

Penanganan penyakit Gondok secara medis ditentukan oleh banyak faktor. Pengobatan yang diambil berdasarkan pertimbangan seperti yaitu gejala yang dialami, ukuran benjolan, dan penyebabnya.

Benjolan kecil yang tidak memunculkan gejala, perkembangan penyakit akan dipantau oleh dokter. Tindak lanjut mungkin tidak dibutuhkan, karena ada peluang sembuh dengan sendiri.

Sedangkan benjolan pada kelenjar gondok yang semakin membesar dan mengganggu kesehatan pasien, akan dilakukan metode penanganan oleh dokter seperti di bawah ini:

Terapi mengganti hormon

Penggantian hormon tiroid terhadap pasien akan dilakukan seumur hidup. Obat yang sering digunakan adalah levothyroxine atau thionamide jika kadar hormon tiroid berlebihan.

Iodin radioaktif

Terapi ini bertujuan untuk menghancurkan sel-sel tiroid. Metode ini bertujuan untuk mengecilkan benjolan.

Langkah operasi

Jika benjolan makin besar sehingga mengganggu pernafasan dan menyebabkan kesulitan menelan, tindakan operasi biasanya diambil. Penanganan ini umumnya dilakukan ketika terdapat sel-sel kanker pada benjolan tiroid. Penting: Cara Mencegah Kanker Yang Harus Anda Ketahui.

Demikian cara menyembuhkan penyakit gondok secara alami tanpa efek samping. Untuk mencegah penyakit gondok, cukupi asupan garam yang mengandung yodium.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Cara Mengobati Penyakit Gondok Secara Alami Dan Medis"

Post a Comment