7 Cara Mengobati Sembelit Menggunakan Bahan Alami

Sembelit dalam istilah medis disebut konstipasi adalah gangguan pada saluran cerna bawah yang mengakibatkan sekresi feses tidak lancar. Solusi yang tepat untuk masalah kesehatan ini adalah mengubah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, serta menggunakan bahan alami untuk mengobati sembelit.

7 Cara Mengobati Sembelit Menggunakan Bahan Alami
Penyebab Umum Sembelit

Konstipasi disebabkan tinja yang keras sehingga usus sulit untuk mendorongnya. Faktor pemicu seperti kekurangan asupan serat,  jarang berolahraga, gangguan pada usus besar. Faktor penyebab sembelit lainnya termasuk penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, atau obat pencahar yang menyebabkan kemampuan usus menurun. Penyebab konstipasi lainnya seperti:

  • Pola makan yang salah.
  • Kebiasaan menahan ketika ingin mengejan.
  • Makan daging berlebihan.
  • Kebanyakan mengkonsumsi minuman berkafein.
  • Tubuh kekurangan cairan.
  • Kekurangan asupan air.
  • Tidak mengunyah makanan dengan benar.

7 Cara Mengobati Sembelit Menggunakan Bahan Alami


Pengobatan terhadap konstipasi harus disertai dengan mengubah gaya hidup yang tidak sehat. Hindari makanan kering yang dapat mengeraskan tinja. Anda juga harus banyak minum air sekitar delapan gelas setiap hari. Kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet, dan perbanyak olahraga. Berikut ini bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sembelit:

1. Kunyit

Senyawa kurkumin yang ada dalam kunyit dapat berguna untuk melapisi dinding usus, sehingga usus mudah mendorong sisa makanan keluar dari tubuh. Cukup dengan mangambil air kunyit dan minum dengan rutin.

2. Lidah buaya

Aloe vera mengandung zat pencahar yang disebut anthraquinone. Efek pencahar yang ditimbulkan oleh zat ini sangat kuat, sehingga tidak dianjurkan bagi penderita diare, ibu hamil, dan wanita saat menstruasi. Zat di dalam lidah buaya dapat mengakibatkan diare dan kram usus. Jadi konsultasi dengan ahli herbal sebelum menggunakan bahan ini. Baca: 13 Manfaat Kesehatan Di Balik Rasa Pahit Lidah Buaya.

Cara membuat: ½ batang lidah buaya dicuci setelah kulit luar dikupas. Gel lidah buaya dicincang, kemudian seduh bersama ½ cangkir air panas. Tambahkan sedikit madu murni, makan gel aloe vera ketika hangat di pagi dan sore hari.

3. Mengkudu

Buah pace atau mengkudu dilengkapi dengan alkaloid triterpenoid dan morindon yang berfungsi sebagai pencahar.

Cara membuat racikan: Parut 2 buah mengkudu masak, kemudian aduk bersama sedikit garam. Peras airnya menggunakan kain bersih. Minum airnya setiap pagi dan malam hari.


4. Temulawak

Meskipun rasanya agak pahit, rempah ini memiliki efek diuretik, anti sembelit, dan anti radang. Cara menggunakan: Giling rimpang temulawak dan biji sesawi, tuangkan sedikit air ke dalamnya. Peras, kemudian minum dengan teratur sampai penyakit sembuh.

Jika biji sesawi tidak ditemukan, ganti dengan asam jawa dan gula merah. Seduh bubuk temulawak dan bahan laninnya bersama air panas, saring. Minum airnya saat hangat.

5. Daun Kejibeling

Mineral penting yang hadir di dalam kejibeling seperti natrium, kalium, kalsium, asam silikat, dan senyawa lainnya. Selain efek diuretik, kejibeling juga dapat digunakan sebagai pencahar alami. Cara menggunakan: ½ genggam keji beling segar dicuci, lalu direbus bersama 2 gelas air hingga air menguap setengahnya. Saring untuk minum airnya.

6. Daun wungu

Nutrisi non gizi seperti saponin terdapat di dalam daun wungu. Zat ini dapat bersifat pencahar ringan. Untuk mengatasi sembelit, rebus 7 helai daun wungu segar dengan 2 gelas air sampai berkurang separuh. Minum airnya dengan rutin setiap hari.

7. Ketepeng Cina

Zat samak yang terdapat di dalam daun ketepeng cina dapat bersifat laksatif. Selain sebagai obat cacingan dan penyakit kulit tertentu, daun ketepeng cina memiliki efek farmakologi yang mampu mengobati sembelit.

Caranya dengan merebus 7 lembar daun ketepeng cina yang masih muda dan segar, bersama 2 gelas air hingga berkurang setengahnya. Saring, kemudian minum airnya.


Tips Mencegah dan Mengobati Sembelit


Perbanyak asupan serat

Masukkan ke menu diet Anda, makanan yang kaya akan serat seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran. Makanan ini akan memudahkan pergerakan usus halus dan saluran cerna lainnya.

Porsi yang tetap

Sering mengubah porsi makan dapat  mengganggu gerakan normal usus, sehingga memicu sembelit.

Olahraga teratur

Duduk terlalu lama dapat menghambat proses pencernaan makanan. Sehingga terjadi akumulasi makanan di dalam usus. Aktif sepanjang hari dengan olahraga ringan tetapi teratur. Cobalah berenang atau berjalan kaki supaya tubuh tetap sehat. Lainnya: 10 Manfaat Olahraga Pagi Yang Menakjubkan.

Hindari menahan saat mengejan

Kebiasaan menahan keinginan untuk pergi ke toilet dapat menyebabkan makanan menempel pada lapisan usus. Jangan mengejan terlalu kuat yang pada akhirnya dapat mengakibatkan perdarahan.

Jadwal tetap ketika pergi ke toilet

Biasakan membuang kotoran ke toilet dengan jadwal yang teratur. Kebiasaan ini akan memudahkan tugas usus besar.

Demikian cara alami mencegah dan mengobati sembelit. Efektivitas bahan alami di atas bervariasi terhadap setiap orang. Penting untuk menerapkan diet seimbang dan latihan secara teratur. Konstipasi mungkin juga akibat kekurangan kalsium. Konsultasi dengan dokter, jika sembelit berlanjut.

ilustrasi via stumental.net

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Cara Mengobati Sembelit Menggunakan Bahan Alami"

Post a Comment