19 Makanan Penambah Darah Untuk Mengobati Anemia

Anemia terjadi pada seseorang ketika sel darah merah kekurangan hemoglobin, protein pengangkut oksigen. Hemoglobin mengedarkan oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Warna merah pada darah disebabkan oleh zat besi dan protein yang membawa oksigen. Lama kelamaan sel darah merah menjadi tua, sehingga terjadi pergantian. Inilah alasan bagi kita untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menambah darah.


19 Makanan Penambah Darah Untuk Mengobati Anemia
Defisit hemoglobin terjadi ketika tubuh kekurangan asupan zat besi dan vitamin B-12. Defisiensi sel darah merah juga disebabkan oleh kemampuan produksi hemoglobin yang menurun. Makanan penambah darah dibutuhkan untuk mengatasi anemia.

Rekomendasi dari kantor Dietary Supplements untuk wanita pasca menopause dan pria dewasa adalah 8mg zat besi harian, sedangkan wanita membutuhkan 18mg zat besi per hari. Vitamin B12 dan vitamin C juga dibutuhkan untuk mencegah anemia.


19 Makanan Penambah Darah Untuk Mengobati Anemia


Vitamin B-12 Penambah Darah Bagi Pasien Anemia

1. Yoghurt

Selain kalsium dan protein, yoghurt juga memiliki vitamin B12. Yoghurt juga diperkaya dengan bakteri baik yang berguna untuk membersihkan usus besar.

2. Susu


Defisiensi sel darah merah dapat dicegah dengan rutin minum susu. Minuman sehat ini dilengkapi dengan vitamin B12 yang dibutuhkan dalam produksi darah merah.

3. Daging merah

Daging sapi tergolong ke dalam makanan ideal untuk menambah darah. Daging sapi mengandung unsur penting pembentuk hemoglobin yaitu vitamin B12 dan zat besi.

4. Telur

Jangan takut untuk mengkonsumsi telur, dengan alasan tinggi lemak yang ada di dalamnya. Nutrisi di dalam telur juga cepat dalam meningkatkan pembentukan sel darah merah. Penting: Bahaya Makan Telur Mentah Bagi Tubuh Kita.

5. Makanan Laut

Sumber vitamin B12 dapat diperoleh dari makanan laut seperti lobster, kepiting, dan gurita. Bukan hanya vitamin B12, makanan laut umumnya mengandung zat besi.

6. Ikan sarden

Lebih dari tinggi asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung, sarden juga efektif untuk menambah darah disebabkan kaya akan vitamin B12.

7. Ikan salmon

Ikan laut ini mengandung selenium, omega-3, vitamin D, dan vitamin B12. Salmon baik untuk dimasukkan ke dalam menu harian sebagai makanan penambah darah. Dibutuhkan sekitar 35gr salmon untuk memenuhi total kebutuhan Vitamin B12 harian.


Zat Besi Penambah Darah Untuk Penderita Anemia


8. Kedelai

Kedelai dilengkapi dengan protein, serat, lemak tak jenuh, dan zat besi. Dengan mengkonsumsi secangkir kedelai rebus telah memenuhi sekitar 50 persen kebutuhan zat besi harian.

9. Kentang

Selain tinggi karbohidrat dan rendah kalori, kentang ternyata memiliki jumlah tinggi dari zat besi yang mampu mencegah anemia dengan meningkatkan kuantitas sel darah merah. Vitamin C yang ada di dalam kentang membantu penyerapan zat besi.

10. Lentil

Vegetarian umumnya kesulitan mendapatkan asupan zat besi atau protein. Kacang lentil adalah pilihan terbaik untuk menu diet mereka. Lentil sangat disukai oleh orang India danTimur Tengah. Lentil mengandung 6,6mg zat besi, sehingga tergolong ke dalam makanan penambah darah dari sumber nabati.

11. Biji bunga matahari

Selain vitamin E di dalamnya yang menyehatkan kulit tubuh, biji bunga matahari merupakan sumber zat besi yang baik sehingga mencegah defisit sel darah merah.

12. Hati Unggas

Hati ayam dan sapi mengandung zat besi dan vitamin B-12, sehingga membantu dalam produksi sel darah merah.

13. Strawberry

Buah Strawberry hanya memiliki 1,5mg zat besi saja, tetapi jumlah tinggi vitamin C yang ada di dalamnya membantu tubuh untuk menyerap zat besi sehingga pembentukan hemoglobin menjadi lebih cepat.

14. Tomat

Secangkir tomat yang dikeringkan mengandung 30 persen dari kebutuhan zat besi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

15. Tofu

Olahan kedelai ini kaya akan zat besi, namun rendah lemak. Kurangi mengkonsumsi gorengan, untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol.

16. Gandum

Roti gandum diperkaya dengan protein, vitamin B, serat, dan zat besi. Jumlah zat besi di dalamnya cukup membantu untuk menambah darah, juga serat yang mencegah makan berlebihan.

17. Kubis

Sebagai makanan penambah darah, kubis mengandung zat besi lebih sedikit dari bayam dan hati. Keunggulan kubi adalah kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan sayuran lain atau hati ayam, sehingga tidak menyebabkan kegemukan.

18. Bayam

Selain kacang lentil, makanan penambah darah bagi seorang vegetarian adalah bayam. Selain tinggi kandungan zat besi, bayam memiliki antioksidan yang mampu menangkal efek buruk akibat radikal bebas.

19. Beras merah

Bagi penderita anemia, makanlah nasi yang terbuat dari beras merah. Bukan hanya karbohidrat, ternyata beras merah juga diperkaya dengan zat besi dan serat yang baik untuk pelaku diet.

Itulah 19 Makanan penambah darah yang dapat membantu untuk mengobati Anemia. Baca lainnya: 11 Makanan Super Yang Menguatkan Imunitas Tubuh. Konsultasi dengan dokter jika penyakit anemia berlanjut.

ilustrasi via yogurtinnutrition.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "19 Makanan Penambah Darah Untuk Mengobati Anemia"

Post a Comment