13 Manfaat Kesehatan Di Balik Pedasnya Bawang Merah

Bawang merah merupakan salah satu rempah yang unik. Semua orang akan menangis ketika mengupas kulit luarnya. Bawang merah sangat cocok jika dimakan bersama sate kambing. Apakah fakta kesehatan di balik semua ini? Nutrisi apa, yang ada di dalamnya dan apa manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh kita? Kali ini kita bahas tentang manfaat kesehatan yang terdapat di dalam rasa pedas dan getir dari bawang merah.

13 Manfaat Kesehatan Di Balik Pedasnya Bawang Merah


1. Mencegah Kanker

Bawang merah mentah jika dipotong-potong akan mengeluarkan senyawa sulfide, yang mampu menetralkan racun berupa karbon dari sate yang dipanggang. Karbon merupakan racun bagi tubuh yang dapat memicu kanker usus, prostat, paru-paru, dll. Antioksidan yang ada di dalam bawang merah efektif dalam melawan kanker.


13 Manfaat Kesehatan Di Balik Pedasnya Bawang Merah
Penelitian oleh Journal of National Cancer Institute, menunjukkan bahwa allium yang terdapat di dalam bawang merah dapat melawan kanker prostat. Vitamin A, C dan antioksidan lainnya mampu mencegah risiko kanker rongga mulut, hati, dan perut.

2. Mengurangi kolesterol

Salah satu manfaat bawang merah disebabkan allicin yang terdapat di dalamnya. Senyawa ini punya kemampuan untuk mengurangi produksi kolesterol buruk. Allicin juga efektif dalam mengontrol tekanan darah. Dengan rutin minum jus bawang merah dapat mengobati penyakit kolesterol tinggi, disebabkan asam amino sulfur dan sulfida methylallyl yang ada di dalamnya.

3. Baik untuk pasien diabetes

Bawang merah dilengkapi dengan mineral, vitamin, antioksidan, anti virus, anti jamur, dan anti bakteri. Semua nutrisi dan senyawa ini efektif untuk mencegah kenaikan kadar gula darah, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita penyakit kencing manis. Baca: 7 Cara Mengobati Kencing Manis.

4. Mengobati sakit perut dan penyakit cacingan

Bawang merah mengandung zat aktif yang baik untuk pencernaan, sehingga mencegah masalah saluran cerna seperti sembelit. Bumbu masakan ini baik untuk meredakan sakit perut dan menyembuhkan cacingan.


5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Campur jus bawang merah dengan beberapa sendok madu murni. Minum jus ini setiap hari sebanyak 3 kali untuk meredakan influenza, bronkitis, sakit tenggorokan, dan batuk. Ramuan ini juga berguna untuk mengencerkan dahak.

6. Menetralkan racun akibat gigitan serangga

Tumbuk bawang merah, gosokkan pada kulit yang disengat oleh serangga. Zat di dalam rempah ini akan menetralisir racun yang dikeluarkan oleh lebah.

7. Menjaga kesehatan gigi

Untuk mematikan bakteri di mulut dan gigi, kunyah bawang merah ketika bangun tidur di pagi hari.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Jus bawang merah banyak mengandung sulfur, lesitin, dan sistein. Ketiga nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah pembentukan katarak.

9. Menyingkirkan ketombe di kulit kepala

Terapkan bawang merah yang telah dilumatkan pada kulit kepala Anda, untuk melenyapkan ketombe dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

10. Memudahkan Tidur

Bawang merah mengandung folat yang berguna untuk mengurangi pembentukan homosistein. Sehingga produksi hormon serotonin tidak terganggu olehnya dan kualitas tidur pun menjadi lebih baik.

11. Melancarkan sekresi kemih

Untuk menyeimbangkan urin dan meredakan nyeri ketika kencing, cobalah minum air rebusan bawang merah. Lakukan secara teratur setiap hari sebanyak 7 gram.

12. Melenyapkan Jerawat

Tambahkan madu bersama jus bawang merah dan minyak zaitun. Minum ramuan ini untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

13. Menghangatkan tubuh

Campur minyak kelapa hangat bersama bawang merah yang telah ditumbuk, oleskan pada punggung. Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh Anda, cara ini juga dapat mengobati demam.


Fakta Nutrisi Bawang Merah


Nutrisi yang ada di dalam bawang merah termasuk vitamin C, vitamin B6, kalori, karbohidrat, lemak, gula, protein, dan serat. Mineral yang dikandung olehnya seperti zat besi, kalsium, asam folat, fosfor, magnesium, dan kalium, sulfur, dan quercetin. Rempah ini bebas kolesterol.

Perhatian

Makan bawang merah mentah tidak dianjurkan bagi pasien refluks lambung yang kronis, karena dapat membuat mulas makin parah. Fakta ini berdasarkan penelitian oleh American Journal of Gastroenterology pada tahun 1990.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang merah secara berlebihan dapat menurunkan fungsi darah, disebabkan jumlah tinggi dari vitamin K di dalamnya.

Itulah Manfaat Kesehatan di Balik Pedasnya Bawang Merah, serta bahayanya jika dikonsumsi secara berlebihan. Dengan bentuknya yang unik dan ukuran kecil, bawang merah memberikan kontribusi besar di dunia kesehatan.

foto via americdn.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Manfaat Kesehatan Di Balik Pedasnya Bawang Merah"

Post a Comment