13 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet

Kinisehat – Diet untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil, tanpa mengubah pola makan dan gaya hidup anda. Hanya dengan mengurangi porsi makan dan olahraga secara teratur, tidak cukup untuk mensukseskan program diet yang anda jalani. Ada beberapa jenis makanan yang benar-benar harus dihindari saat diet.

Sebagian orang telah berhenti untuk mengunjungi restoran yang menyediakan makanan cepat saji, dengan alasan program diet. Namun tanpa sadar, lemari es mereka penuh dengan makanan yang mengandung banyak lemak. Kebiasaan ini pun sering menyebabkan program diet tidak sukses.

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman, ada sejumlah makanan yang harus dihindari saat diet. Artinya, anda tidak boleh makan dengan sembarangan, karena diet juga berarti menghindari makanan yang tinggi lemak dan kalori. Tetapi anda harus memenuhi nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh.


13 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet


Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dkonsumsi oleh peserta diet sehat. Karena makanan ini dapat membuat badan menjadi gemuk dengan cepat. Berikut makanan yang harus dihindari ketika menjalani program diet:

1. Makanan Manis

Berbagai jenis makanan manis memiliki kalori tinggi dan lemak. Hindari mengkonsumsi makanan manis seperti gula, cokelat, donat, manisan buah, dan es krim. Jika anda penggemar makanan manis, ganti gula dengan pemanis rendah kalori.

2. Pemanis Buatan

Banyak peserta diet yang mengganti gula pasir dengan pemanis buatan, dengan alasan untuk mempercepat penurunan berat badan. Nyatanya, substansi dalam pemanis buatan malah memicu kenaikan berat badan.

3. Nasi Putih

Nasi putih memiliki karbohidrat sederhana yang mudah diproses oleh tubuh menjadi energi. Namun, karbohidrat jenis ini akan menghasilkan kadar gula yang tinggi. Supaya program diet sukses, ganti beras putih dengan beras merah untuk mencegah kadar gula melonjak. Baca juga: Deretan Makanan Yang Memiliki Karbohidrat Tinggi.

4. Bumbu Salad

Salad adalah makanan sehat, namun bumbu yang ada di dalamnya kadang mengandung lemak dan kalori tinggi. Bikin dressing salad sendiri dengan vinegar ataupun minyak zaitun, ini akan lebih menyehatkan bagi tubuh.

5. Minuman Bersoda


Minuman soda termasuk soda diet mengandung pemanis buatan, jangan terjebak dengan tulisan diet. Di luar negeri, soda bermanfaat untuk membersihkan mesin yang berkarat. Sedangkan untuk tubuh, sebaiknya hindari minuman jenis ini.

6. Saus Tomat

Banyak orang menyangka bahwa saus tomat terbuat dari buah tomat saja, tanpa bahan lain. Proses pembuatan saus tomat umumnya menambahkan substansi seperti garam, gula, dan pengawet. Bukan hanya buruk untuk diet, saus tomat dapat memicu kadar gula darah mengalami lonjakan. Cobalah membuat saus tomat sendiri di rumah.

7. Roti Tawar

Roti tawar tergolong ke dalam makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Apalagi dengan menambahkan cokelat dan selai ke dalamnya, akan membuat berat badan makin naik.

8. Makanan Siap Saji

Salah satu makanan yang dapat merusak program diet anda adalah makanan siap saji, termasuk hamburger, pizza, makanan kaleng, dsb. Makanan tidak sehat ini memiliki tinggi kalori dan lemak, sehingga dapat menaikkan berat badan anda.

9. Gorengan

Berbagai jenis makanan gorengan mengandung kalori tinggi, sehingga lemak akan menumpuk dalam tubuh. Ketika menjalani program diet, ganti gorengan dengan makanan yang proses pembuatannya dengan direbus.

10. Makanan Ringan

Camilan seperti keripik dan snack memiliki kalori dalam jumlah sangat tinggi, tanpa kandungan gizi. Makanan ringan tidak akan membuat kenyang, malahan membuat anda makin gemuk.

11. Mie instan

Hindari makan mie instan ketika anda berniat untuk menurunkan berat badan. Mie instan kaya akan karbohidrat tetapi rendah nutrisi. Proses pembuatan mie instan membuatnya sebagai makanan yang tinggi lemak

12. Hati Ayam

Jeroan ayam adalah bagian yang mengandung banyak lemak. Dalam 1 ons hati ayam yang telah dimasak menyediakan sekitar 50 kalori dan 2 gram lemak.

13. Jus Kemasan

Jangan terkecoh dengan kata buah di situ. Jus buah kemasan terbuat dari air gula dan bahan penguat rasa. Minuman ini mengandung kadar gula yang tinggi, disertai dengan pewarna dan pengawet. Sangat tidak menunjang bagi kesuksesan diet anda.


Tips Program Diet yang Efektif


Diet sehat bukanlah menahan lapar selama seharian. Silahkan makan dengan menu sehat, tapi dalam porsi kecil. Cukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk protein. Perbanyak makan buah-buahan dan sayuraran hijau yang kaya serat.

Jangan malas untuk berolahraga dengan rutin dan teratur. Banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan seperti jogging, berenang atau berjalan kaki di pagi hari, untuk membakar lemak dalam tubuh.

Nah, itulah 13 makanan yang harus dihindari saat diet. Simak juga artikel tentang 7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Yang Aman. Lakukan semua cara berdasarkan tujuan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Jadi, ketika program diet mengalami kegagalan, maka anda tidak kecewa dan mencari solusi yang lebih baik dan aman.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Diet"

Post a Comment