12 Manfaat Teh Krisan Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat teh krisan bagi kesehatan diketahui pertama kali oleh orang Cina. Teh krisan dibuat dengan menyeduh daun segar atau bunga seruni (chrysanthemum), yang banyak ditemukan di dataran Cina.

Bunga krisan sebenarnya adalah tanaman hias, yang juga disebut bunga emas. Krisan memiliki beberapa variasi warna seperti kuning, ungu dan pink. Bunga seruni masih satu kerabat dengan bunga daisy dan aster, yang tergolong ke dalam famili Asteraceae.


Teh-Krisan
Ciri-ciri teh krisan

Bunga krisan yang telah diseduh bersama air hangat akan nampak transparan dan berwarna kuning pucat. Teh krisan memiliki aroma wangi dan segar dengan rasa yang manis.

Teh herbal ini banyak tersedia di restoran. Namun, anda juga dapat menjumpainya dalam kemasan kaleng atau kotak. Teh krisan juga dapat dibuat dengan menyeduh bunga seruni yang dikeringkan.

Fakta Gizi dalam Teh Krisan

Bunga seruni atau krisan kaya akan ß-karoten yang juga banyak ditemukan pada buah-buahan dengan warna oranye dan kuning.

Bunga krisan juga dilengkapi dengan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata.

Teh krisan juga mengandung vitamin B seperti folacin yang berguna untuk stimulasi regenerasi sel, kolin yang berperan dalam metabolisme lemak, riboflavin yang menekan pertumbuhan jaringan abnormal, dan niacin yang dibutuhkan oleh saluran cerna dan sistem saraf.

Teh krisan juga kaya akan vitamin C yang tidak diragukan manfaatnya bagi kesehatan, dengan sifat antioksidan.

Teh krisan juga sarat dengan mineral penting seperti kalsium, kalium, zat besi, dan magnesium.

Teh ini juga diperkaya dengan sejumlah senyawa penting seperti adenin, glikosida, dan berbagai jenis asam amino.


12 Manfaat Teh Krisan Untuk Kesehatan Dan Pengobatan


Teh krisan dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit ringan seperti batuk, influenza, gejala sinusitis, pusing, mata berair, dan jerawat. Teh herbal ini juga efektif untuk menurunkan kadar kolesterol darah, mengurangi gejala radang hati, membersihkan liver, dan membantu dalam penyembuhan jantung koroner.

Seorang ahli kesehatan dari Filipina yang bernama Herminia de Guzman Ladion, memasukkan krisan ke dalam golongan tanaman obat yang memiliki sifat penyembuh. Berikut ini manfaat teh krisan untuk kesehatan dan pengobatan:

1. Menyehatkan Jantung

Teh herbal ini berguna untuk mencegah penyumbatan pada arteri jantung (aterosklerosis). Baca lainnya: 3 Cara Mengobati Penyakit Jantung Secara Alami.

2. Meningkatkan Kewaspadaan

Sifat stimulan pada teh krisan baik untuk menjaga kesehatan otak dan saraf, sehingga tetap waspada.

3. Baik untuk kesehatan paru-paru


Teh bunga krisan mampu melindungi paru-paru dan mencegah gangguan pernafasan seperti sesak napas.

4. Melancarkan aliran darah

Pengobatan herbal ala barat sering menggunakan teh krisan untuk mengatasi varises, akibat aliran darah yang terganggu.

5. Menjaga Fungsi mata

Minum teh krisan dengan rutin bermanfaat untuk mencegah kemerahan pada mata, penglihatan yang kabur, mata kering dan gatal. Mengkonsumsi minuman sehat ini dengan rutin juga berguna untuk menjaga pendengaran.

6. Meredakan Stres

Teh krisan tidak memiliki unsur kafein, sehingga tidak menimbulkan efek samping seperti cemas, gugup, dan lekas marah. Baca juga: 10 Cara Cepat Menghilangkan Stres Secara Alami.

7. Meredakan Pilek dan Flu

Teh krisan mampu mengobati pilek dan nyeri akibat sinusitis, disebabkan antioksidan di dalamnya termasuk vitamin C. Teh ini juga memiliki sifat antivirus yang kuat, yang efektif dalam menyembuhkan flu.

8. Melawan Infeksi Bakteri

Teh krisan efektif dalam melawan bakteri jahat seperti dermatomikosis, streptococcus haemolyticus B, shigella dysenteriae, pseudomonas aeruginosa, dan staphylococcus aureus.

Bunga krisan juga memiliki antispirochete, sehingga dapat mengobati penyakit Lyme dan Sifilis.

9. Mengatasi Demam

Minuman ini memiliki sifat pendingin yang mamu mengontrol suhu tubuh saat demam ataupun panas.

10. Menetralisir racun dalam hati

Teh krisan efektif dalam mengeluarkan racun dari hati dan mengurangi kadar kolesterol darah.


Ramuan tradisional menggunakan teh krisan


11. Meredakan batuk akibat bronkhitis dan kongesti

Rebus semangkuk bunga dan daun krisan kering bersama dua gelas air sampai mendidih. Biarkan selama 15 menit, minum airnya selagi hangat.

12. Mengobati Perut Kembung

Tumbuk daun krisan atau dicincang, tambahkan minyak kelapa secukupnya. Gosokkan pada perut, biarkan selama 6 jam atau semalaman.

Manfaat teh krisan lainnya

Bunga seruni memiliki zat pyrethrin yang bersifat racun bagi serangga. Zat inilah yang sering digunakan sebagai bahan untuk membuat obat nyamuk.

Nah, itulah 12 manfaat teh krisan untuk kesehatan dan pengobatan. Manfaat bunga krisan memang cukup fenomenal, sehingga banyak orang mulai berusaha untuk mendapatkannya. Pernahkah anda meminumnya? Silahkan berbagi pengalaman dengan mengisi kolom komentar yang telah disediakan.

foto bunga krisan via freewallshd.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Teh Krisan Bagi Kesehatan Dan Pengobatan"

Post a Comment