18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya

Penyebab tubuh lelah sering menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Jika anda sering menguap saat beraktivitas, lelah, lesu, dan kurang berenergi, maka anda harus mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya
Memiliki stamina dan energi prima merupakan modal utama untuk menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan kebugaran dan optimisme yang tinggi, maka berbagai pekerjaan mampu diselesaikan dengan baik dan hasil pun memuaskan.

Namun, kelelahan merupakan sebuah kendala yang sering mengganggu rutinitas dan merusak rencana kita.

Ketika anda merasa lelah, maka pekerjaan ringan saja akan terasa berat sehingga lambat untuk diselesaikan. Masalah kelelahan sebaiknya segera ditangani dengan segera, karena mungkin saja menjadi indikasi penyakit atau gangguan kesehatan lainnya.


18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya


Ada banyak faktor yang dapat memicu kelelahan. Faktor penyebab masalah kesehatan ini cukupu bervariasi. Berikut ini adalah beberapa penyebab tubuh mudah menjadi lelah:

1. Melewatkan sarapan

Porsi makan pagi yang terlalu sedikit akan menimbulkan kelelahan, demikian pula diet yang tidak seimbang. Kadar gula darah yang normal akan mencegah tubuh mudah lelah. Penuhi asupan nutrisi yang seimbang, sehingga tubuh lebih berenergi. Cukupi juga kebutuhan protein harian anda.

2. Terlalu memaksakan diri


Kemampuan tubuh ada batasnya. Meskipun asupan kalori dan energi telah dipenuhi, namun tubuh tetap membutuhkan jeda untuk istirahat sehingga tidak terjadi kelelahan. 

3. Apnea tidur

Apnea merupakan gangguan tidur akibat jeda nafas yang terjadi berulang-ulang. Kondisi ini disebabkan oleh saluran nafas menyempit sehingga oksigen tidak dapat mencapai paru-paru. Gangguan ini akan mengurangi kualitas tidur anda.

Untuk mengurangi sleep apnea, kurangi  berat badan anda dan atasi penyakit yang dapat memicu gangguan tidur ini. Apnea tidur sering berhubungan dengan amandel, hipertensi, diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

4. Waktu tidur yang kurang

Kurang tidur dapat mengakibatkan kantuk berat ketika beraktivitas. Demikian pula tidur yang tidak berkualitas. Rasa kantuk yang sering muncul ketika melakukan aktivitas, tentu akan mengganggu konsentrasi anda. Jadi, cukupi waktu tidur di malam hari sekitar 7-8 jam per hari. Pelajari juga tentang Cara melenyapkan insomnia dengan mudah.

5. Dehidrasi

Seluruh jaringan tubuh dan sel-sel membutuhkan cairan untuk menunjang fungsinya. Tubuh membutuhkan air dalam kondisi apapun. Dehidrasi dapat menyebabkan tubuh merasa lelah. Perbanyak minum air untuk mengatasi masalah ini. Pastikan urin berwarna terang atau kuning terang.

6. Diabetes

Kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes, tidak berarti tubuh mudah mendapatkan bahan untuk pemebentukan energi. Gula darah ini berada dalam aliran darah dan tidak dapat diubah menjadi energi, karena tidak berada dalam sel-sel tubuh. Setelah makan cukup banyak tetapi tubuh tidak berenergi dan lelah, temui dokter untuk melakukan tes diabetes.

7. Anemia

Kelelahan pada wanita, sering disebabkan oleh anemia (kurang darah). Terutama bagi wanita selama menstruasi, akan mengalami kekurangan zat besi. Sehingga tubuh menjadi lelah akibat kekurangan sel-sel darah merah. Perbanyak mengkonsumsi makakan yang kaya akan zat besi seperti sereal, hati ayam, daging, kerang, dan kacang-kacangan.

8. Gangguan pada kelenjar tiroid

Penyakit gondok dapat disebabkan oleh kinerja tiroid yang berlebihan atau menurun, sehingga kelenjar bengkak. Tiroid berperan dalam metabolisme tubuh dan mengatur kecepatan konversi makanan menjadi energi. Gangguan atau kerusakan pada kelenjar dapat menimbulkan lemas dan kenaikan berat badan.

Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan memberikan hormon sintetis untuk memulihkan kinerja tubuh anda.

9. Depresi

Depresi tidak hanya menyangkut kesehatan otak dan saraf saja. Gangguan psikis ini dapat menimbulkan masalah kesehtan seperti kelelahan, penurunan nafsu makan, dan sakit kepala. Jika selama dua minggu, kelelahan dan kemurungan belum reda sebaiknya temui dokter anda. Psikoterapi mungkin menjadi solusi terbaik untuk mengatasi depresi.

10. Asupan kafein berlebihan

Mengkonsumsi kafein terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah, denyut jantung, dan kejang. Dampak lain yang sering terjadi adalah tubuh mudah lelah. Kurangi minum kopi dan minuman berkaferin lainnya secara bertahap.

11. Gangguan Ginjal

Penyakit ginjal akibat infeksi maupun batu ginjal, tidak hanya menimbulkan nyeri pinggang. Gangguan ginjal juga sering menimbulkan gejala anemia. Minta dokter untuk melakukan tes fungsi ginjal. Minum cukup air untuk mencegah masalah kesehatan ini.

12. Penyakit Jantung

Ketika tubuh merasa lelah setelah melakukan pekerjaan ringan, kemungkinan jantung anda tidak bekerja dengan optimal. Ubah gaya hidup anda lebih sehat, jauhi semua kebiasaan buruk seperti pola makan yang buruk. Kurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi kolesterol, dan olahraga teratur adalah solusi terbaik untuk menyehatkan jantung anda.

13. Infeksi Saluran Kemih

Rasa panas seperti terbakar bukanlah satu-satunya gejala adanya infeksi saluran kemih. Pada banyak kasus, ISK juga sering menimbulkan kelelahan. Untuk memastikannya, konsultasi dengan dokter.

14. Alergi makanan

Alergi pada jenis makanan tertentu terkadang tidak disadari. Alergi makanan tidak hanya menimbulkan gatal-gatal, tetapi mengantuk dan lelah merupakan indikasi lain akibat alergi. Hindari makanan yang dapat menimbulkan kelelahan, dengan mengamati efeknya satu per satu.

15. Malas berolahraga

Kurang olahraga juga menjadi penyebab tubuh mudah merasa lelah. Mulailah olahraga ringan, namun dilakukan dengan rutin setiap pagi. Berjalan kaki selama 30 menit setiap pagi merupakan cara mudah untuk mengobati kelelahan.

16. Sindrom kelelahan kronis

Kelelahan yang sangat parah dan berlangsung lama, dapat menjadi tanda dari sindrom kelelahan kronis atau fibromyalgia. Sindrom ini tidak dapat disembuhan dengan cepat. Solusinya adalah olahraga teratur dan perbaiki kebiasaan tidur anda.

17. Makanan berlemak

Makanan siap saji umumnya mengandung banyak gula dan lemak jenuh. Selain masalah berat badan, jenis makanan ini dapat menimbulkan rasa malas dan lelah.

18. Kekurangan vitamin B12

Vitamin B12 membantu darah untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan vitamin B12 tentu saja menyebabkan sel-sel kurang asupan oksigen, sehingga tubuh mengalami kelelahan. Cukupi kebutuhan vitamin ini setiap hari, supaya tubuh tetap bugar dan berenergi.

Itulah 18 penyebab tubuh mudah lelah dan solusinya. Simak juga 11 Penyebab Kekebalan Tubuh Menurun. Dengan menjalani pola hidup sehat, akan membuat tubuh anda menjadi lebih bugar dan semoga terhindar dari berbagai penyakit berat.

ilustrasi gambar via shutterstock

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "18 Penyebab Tubuh Mudah Lelah dan Solusinya"

Post a Comment