10 Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah

Batu ginjal adalah kristal padat yang timbul akibat endapan zat-zat sisa hasil sekresi tubuh. Batu ginjal umumnya disebabkan oleh kadar kalsium dalam tubuh yang berlebih. Awalnya endapan berukuran kecil, namun dapat tumbuh semakin besar. Gangguan kesehatan ini menyebabkan nyeri hebat, infeksi yang mengakibatkan urin bercampur darah, dan menyumbat aliran kemih.

10 Cara Mencegah Batu Ginjal
Sistem sekresi ginjal bekerja untuk menyaring darah, sehingga kadar mineral dalam tubuh menjadi seimbang. Vitamin atau mineral yang berlebih dalam tubuh akan dibuang oleh ginjal.

Tetapi, jika hal ini berlangsung secara terus-menerus maka berakibat penurunan fungsi ginjal. Misalnya kalsium yang berlebih dalam tubuh dan terjadi secara berulang-ulang, maka akan mengendap dan membentuk kristal padat yang disebut batu ginjal.

Penyebab lain batu ginjal adalah kadar sitrat yang terlalu rendah, dimana zat ini berperan untuk menghambat pembentukan batu kalsium. Batu ginjal juga terbentuk akibat kadar oksalat yang terlalu tinggi. Faktor penyebab lainnya termasuk kekurangan asupan air putih.

Gejala batu ginjal

Gejala yang timbul sangat dipengaruhi oleh ukuran kristal atau batu. Gejala umum yang sering tejadi seperti nyeri punggung atau nyeri kolik yang luar biasa, demam dan menggigil, dan urin bercampur dengan darah. Sebagian kasus tidak menunjukkan gejala apapun.

Gangguan berkemih tidak selalu menjadi tanda adanya batu ginjal, karena penyempitan saluran kemih atau pembesaran prostat juga dapat menimbulkan gejala ini. Untuk mengetahui secara pasti, harus dilakukan tes urinalis dan rontgen.


10 Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah


Upaya untuk mencegah pembentukan batu ginjal harus dilakukan, terutama bagi seseorang yang memiliki risiko tinggi mengalami batu ginjal. Batu ginjal yang dibiarkan dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah batu ginjal:

1. Perbanyak konsumsi serat

Makanan berserat yang mengandung fitat dapat membantu mencegah timbulnya batu ginjal. Senyawa ini mampu mencegah penimbunan kalsium yang akan membentuk kristal.

2. Kurangi asupan protein hewani


Daging merah merupakan makanan yang kaya protein, seperti halnya kerang. Protein hewani ini, jika dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus dapat berisiko menimbulkan batu ginjal.

3. Hindari minuman bersoda

Penelitian mengungkapkan bahwa minuman yang mengandung soda, dapat menyebabkan batu ginjal.

4. Perbanyak minum air putih

Kebutuhan cairan pada setiap orang memang tidak sama. Namun, penelitian mengungkap bahwa minum air dengan cukup akan menurunkan risiko batu ginjal. Konsumsi air yang disarankan oleh The Institute of Medicine bagi pria adalah sekitar 3 liter, dan 2,2 liter untuk wanita. Jika anda berolahraga, tentu kebutuhan ini makin besar.

5. Perbanyak asupan asam sitrat

Jus limau dan jeruk nipis kaya akan asam sitrat, yang bertindak sebagai penghambat kristal batu ginjal.

6. Kurangi suplemen kalsium

Makanan alami yang mengandung kalsium, tidak berisiko menimbulkan batu ginjal. Berbeda dengan suplemen kalsium, yang rentan dengan risiko pengembangan batu ginjal. Baca juga tentang Penyakit akibat kekurangan Kalsium.

7. Kurangi asupan oksalat

Jika anda punya riwayat batu kalsium, sebaiknya jauhi makanan yang banyak mengandung oksalat untuk mencegah terbentuknya batu ginjal. Asupan oksalat sebaiknya tidak melebihi 50mg per hari. Makanan yang mengandung oksalat dalam jumlah tinggi (di atas 10mg per porsi) seperti gandum, kacang-kacangan, buah anggur, bit, jeruk, kentang, daun bawang, okra, kentang, paprika, bayam, zucchini, wortel, terong, seledri, kangkung, dan buah zaitun.

8. Perbanyak asupan kalium dan magnesium

Kedua jenis mineral ini mampu mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal.

9. Kontrol berat badan Anda

Kegemukan rentan dengan risiko mengalami penyakit batu ginjal. Kurangi berat badan anda, dengan menjalani program diet yang sehat.

10. Kurangi asupan natrium

Konsumsi garam secara berlebihan dapat berakibat batu ginjal, karena kadar kalsium dalam urin akan naik. Hindari makanan kemasan yang banyak mengandung natrium dan sodium.

Itulah 10 cara mencegah pembentukan batu ginjal. Batu ginjal sering dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk, selain faktor kelainan genetik. Jadi, mulai olahraga dengan teratur dan cobalah mengikuti program diet yang sehat.
Simak juga tentang Cara Cuci Ginjal Secara Alami Dan Murah.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah"

Post a Comment