12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat

Cara cepat mengobati panas dalam, tentunya menjadi pertanyaan bagi anda yang sedang menderita gangguan kesehatan ini. Panas dalam dapat dikategorikan sebagai penyakit ringan. Namun, tanpa penanganan yang tepat dan cepat terkadang dapat memicu masalah kesehatan yang lebih serius, seperti mimisan, penyakit tifus, bahkan TBC.

Panas dalam dapat terjadi pada bayi, anak-anak, atau orang tua. Orang dengan kekebalan tubuh yang rendah sangat rentan dengan masalah ini.


12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat
Penyebab umum panas dalam
  • Imunitas tubuh yang rendah.
  • Kekurangan cairan, vitamin C, dan serat.
  • Cuaca panas yang ekstrim.
  • Konsumsi makanan panas dan berminyak secara berlebihan.
  • Hormon dalam tubuh tidak stabil.
  • Stres.

Gejala panas dalam

  • Tenggorokan terasa gatal, sakit, dan kering.
  • Gangguan pada mulut, seperti bibir pecah-pecah, sariawan, dan bau mulut yang tidak sedap.
  • Tenggorokan sakit ketika menelan makanan.
  • Rasa haus yang hebat.
  • Gangguan pada sistem cerna seperti konstipasi dan wasir.
  • Demam.

12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat


Cara mengobati panas dalam secara alami tidak menimbulkan risiko, aman dan tentu saja lebih murah. Ada beberapa bahan alami yang tersedia di sekitar kita yang dapat digunakan sebagai obat tradisional bagi panas dalam. Berikut ini cara alami untuk mengobati panas dengan cepat:

1. Air kelapa muda


Salah satu cara tradisional untuk mengatasi panas dalam untuk bayi adalah air kelapa muda. Caranya, campur air kelapa dengan madu kemudian bantu bayi untuk minum airnya.

2. Kunyit dan telur ayam

Campur sari kunyit dengan madu dan telur ayam, aduk hingga merata. Minum dengan segera, untuk menyembuhkan panas dalam.

3. Merendam kaki

Cara efektif untuk mengatasi panas dalam, salah satunya dengan merendam kaki anda ke dalam bak berisi air dingin. Cara tradisional ini juga berguna untuk mendinginkan panas dalam tubuh.

4. Cincau

Kombinasi cincau dan madu, dapat digunakan untuk meredakan panas dalam. Cincau bersifat pendingin bagi tubuh anak. Minum dua kali dalam sehari untuk mengobati panas dalam dengan cepat.

5. Cuka apel

Cuka sari apel juga dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan akibat panas dalam. Caranya, cukup berkumur dengan cuka sari apel, untuk mengatasi rasa sakit pada tenggorokan akibat gangguan panas dalam.

6. Kacang hijau

Selain berguna untuk mengobati muntaber dan radang ginjal, kacang hijau efektif untuk mengatasi panas dalam secara cepat. Rebus kacang hijau bersama air bersih dan gula batu secukupnya. Minum airnya setelah dingin.

7. Rambut jagung

Untuk membantu penyembuhan panas dalam, rebus rambut jagung sebanyak segenggam bersama air. Tambahkan irisan jahe dan gula batu, kemudian saring. Minum airnya setelah hangat, hingga penyakit sembuh.

8. Jus delima dan minyak almond

Tambahkan minyak almond ke dalam gelas yang berisi jus delima, minum untuk meredakan panas dalam.

9. Kencur

Untuk mengobati batuk dan panas dalam, kencur dapat menjadi obat tradisional yang tepat. Parut rimpang kencur secukupnya, tambahkan madu dan air hangat. Minum dua kali dalam sehari.

10. Perbanyak buah dan sayuran

Buah-buahan mengandung banyak mineral penting yang berguna untuk mengatur panas dalam tubuh, begitu juga sayuran. Kurangi asupan daging dan jeroan.

11. Hindari Gorengan

Jauhi semua makanan yang digoreng, karena minyaknya akan memicu kenaikan suhu tubuh. Jangan mengkonsumsi garam dan makanan asin secara berlebihan. Hal ini juga dapat menyebabkan naiknya panas dalam tubuh. Demikian pula, konsumsi makanan pedas juga harus dikurangi.

12. Kurangi konsumsi kacang-kacangan

Jika anda sedang mengalami panas dalam, hindari kacang-kacangan untuk sementara. Makanan sehat ini tidak cocok dikonsumsi, ketika seseorang menderita panas dalam.

Nah, itulah 12 cara mengobati panas dalam secara alami dan cepat. Simak juga: 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan. Masih banyak cara alami lainnya, tetapi kami pilihkan cara yang paling cepat dan aman. Anda dapat memilih salah satu darinya, tanpa efek samping pada jangka panjang. Supaya penyakit segera sembuh, atur pola makan anda dan perbanyak waktu istirahat. Semoga panas dalam yang anda derita segera sembuh.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Cara Mengobati Panas Dalam Secara Alami dan Cepat"

Post a Comment