17 Makanan yang Mengandung Vitamin K Terbanyak

Makanan yang banyak mengandung vitamin K sebaiknya diketahui untuk mencegah asupan berlebih, atau sebaliknya tubuh mengalami kekurangan vitamin ini. Ada tiga jenis vitamin K, yaitu filoquinon, menaquinon, dan menadion. Perlu anda ketahui, bahwa vitamin K tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti lainnya. Kebutuhan vitamin K pada orang dewasa setiap hari hanya sekitar 90-120 mcg.

17 Makanan yang mengandung Vitamin K tertinggi
Vitamin K sangat berperan dalam proses pembekuan darah, sehingga sering disebut koagulasi. Vitamin ini dapat larut dalam lemak. Konsumsi secara berlebihan dapat menjadi racun bagi tubuh, sedangkan defisiensi vitamin K akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan tulang keropos, dan pendarahan pada bayi.

Keracunan vitamin K dapat mengakibatkan penyakit kuning, hemolisis sel darah merah, dan kerusakan otak. Kasus seperti ini sangat jarang terjadi, kebanyakan pada orang yang mengkonsumsi suplemen vitamin K secara berlebih.


17 Makanan yang Mengandung Vitamin K Terbanyak


Sumber vitamin K berasal dari makanan alami seperti buah-buahan, sayuran, dan daging. Berikut ini adalah makanan yang kaya akan vitamin K:

Sumber vitamin K dari buah-buahan

1. Plum


Buah plum juga dapat menjadi sumber vitamin K yang baik. Cukup dengan seporsi plum menyediakan sekitar 248 gram vitamin K.

2. Blueberry

Jumlah vitamin K dalam 100 gr buah blueberry adalah 19 mcg, atau telah memenuhi 24 persen dari kebutuhan vitamin K harian. Buah ini kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi, yang baik untuk menjaga kesehatan otak dan jantung.

3. Buah Alpukat

Vitamin K dalam alpukat cukup tinggi, yaitu sekitar 81 mcg per 100 gr bahan. Alpukat juga berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi, dan mencegah penyakit jantung. Alpukat juga mencegah risiko kanker, disebabkan glutation yang ada di dalamnya.

4. Buah Anggur

Dalam 100 gram buah anggur terkandung 22 mcg vitamin K, atau setara dengan 21 persen kebutuhan harian vitamin K. Buah ini baik untuk menjaga kesehatan ginjal dan pankreas.

5. Buah Kiwi

Buah kiwi tidak hanya kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi. Dalam 100 gr buahnya, kiwi menyediakan sekitar 40,3 mcg vitamin K.


Sumber vitamin K dari sayuran


6. Kale

Kale merupakan sayur yang menjadi sumber vitamin K terbaik. Sayuran ini dapat kaya akan mineral dan memiliki sifat antioksidan.

7. Selada

Daun selada mengandung 128 mcg vitamin K per 100 gram. Selada sangat cocok dikonsumsi sebagai lalapan.

8. Kubis brussel

Sayur ini hampir tidak mengandung kalori, tetapi kubis brusel memiliki kandungan vitamin K yang melimpah. Satu porsi kubi brusel menyediakan 300 mg vitamin K, jumlah yang sangat tinggi.

9. Kembang Kol

Dalam 100 gr kembang kol mengandung sekitar 125 mcg vitamin K. Kini, kol mudah ditemukan di Indonesia.

10. Bayam

Semua jenis bayam baik dikonsumsi oleh penderita anemia, disebabkan kandungan zat besi yang melimpah. Tidak hanya itu, ternyata bayam kaya akan vitamin K yaitu sebesar 89 mcg per 100 gram.

11. Brokoli

Brokoli juga menjadi sumber vitamin K yang sangat tinggi, yaitu 200 mcg per 100 gram bahan. Silahkan pilih brokoli hijau, brokoli romanesco yang memiliki warna kekuningan, ataupun brokoli yang berwarna hijau keunguan.

12. Asparagus

Asparagus merupakan sayur yang paling banyak ditemukan pada masakan cina. Sayur ini memiliki vitamin K sebesar 57 mcg per 100 gram. Asparagus juga memiliki sifat diureti, yang baik untuk mencegah dan mengobati gangguan saluran kencing dan penyakit ginjal.

13. Kentang

Beruntung jika anda menyukai kentang, karena umbi ini juga mengandung vitamin K yaitu sebanyak 2 mcg tiap 100 gram. Namun, jangan makan kentang terlalu banyak, untuk mencegah berat badan melonjak.

14. Sawi hijau

Sayur yang mengandung vitamin K terbanyak adalah sawi hijau, yaitu sekitar 419,3 mcg per cangkir bahan. Dengan makan sawi, maka kebutuhan vitamin K harian telah tercukupi tanpa dibutuhkan suplemen vitamin K.


Makanan lainnya yang mengandung vitamin K


15. Kacang Kedelai

Dalam 100 gram kacang kedelai mengandung vitamin K sebanyak 47 mcg. Anda dapat mengkonsumsi makanan ini dalam berbagai jenis makanan olahan yang nikmat.

16. Kacang Polong

Kacang polong atau kacang ercis mengandung vitamin K sebesar 5 mcg per 100 gram bahan. Jumlah yang cukup tinggi, untuk jenis camilan sehat.

17. Minyak Ikan

Selain kaya akan asam lemak omega-3, ternyata minyak ikan menjadi sumber vitamin K yang cukup bagus.

Nah, itulah 17 makanan yang mengandung vitamin K tertinggi. Sumak juga: 7 Manfaat Asam Folat Bagi Tubuh. Pilih makanan yang mudah diperoleh, untuk mencukupi kebutuhan vitamin K setiap hari. Namun, tetap proporsional dan mengatur pola makan yang seimbang. Kini, anda lebih sehat setelah mempelajari tips kesehatan dan menjalaninya dengan baik.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "17 Makanan yang Mengandung Vitamin K Terbanyak"

Post a Comment