13 Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh hati yang bersumber dari beberapa jenis makanan seperti daging, makanan laut, olahan susu, dan kuning telur. Kolesterol baik dibutuhkan oleh tubuh pada kadar normal, yaitu untuk perkembangan janin dan otak bayi, penghasil hormon antibodi, pelapis membran sel, dll.

13 Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol
Kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru berdampak buruk bagi tubuh. Kolesterol jahat yang menumpuk dalam pembuluh darah rentan dengan risiko serangan jantung. Baca: 3 Cara Alami Untuk Mengobati Penyakit Jantung.

Kolesterol terbentuk secara alami di dalam tubuh kita, dengan kadar tertentu. Nah, kadar ini dapat meningkat jika kita sering mengkonsumsi makanan tertentu, seperti yang telah disebtkan di awal.

Jadi, salah satu cara untuk mengontrol jumlah kolesterol dengan pola makan yang sehat. Beberapa jenis makanan mengandung kolesterol buruk, sementara sejumlah makanan lain justru membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


13 Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol


1. Buah Zaitun

Buah ini dilengkapi dengan antioksidan yang disebut hydroxytyrosol, yang efektif dalam menurunkan kolesterol tinggi. Buah zaitun merupakan salah satu makanan diet bagi masyarakat Mediterania. Buah zaitun menunjang kesehatan kardiovaskular. Minyaknya mengandung vitamin E dan asam lemak tak jenuh tunggal, yang berguna untuk menaikkan kadar kolesterol baik.

2. Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang baik untuk menaikkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol buruk (LDL). Buah alpukat juga mengandung beta-sitosterol, yaitu lemak nabati yang mampu mengurangi penyerapan kolesterol jahat dari makanan yang masuk ke dalam tubuh.

3. Buah Anggur


Hasil penelitian oleh The Departement of metabolisme and nutrition di Spanyol, menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi buah anggur berwarna merah secara rutin, mengalami penurunan kadar kolesterol sebesar 9-12 persen.

4. Bawang Putih

Rempah ini ternyata juga mampu menurunkan kolesterol buruk dan menyehatkan jantung. Bawang putih juga merupakan salah satu menu harian untuk program diet mediterania.

5. Oatmeal

Makanan yang terbuat dari gandum berserat tinggi ini mampu untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Serat larut juga terdapat dalam pisang, kacang merah, apel, buah prune, dan apel. Makanan yang kaya akan serat larut ini dapat menekan penyerapan kolesterol ke darah, sehingga tidak menumpuk pada pembuluh darah.

6. Kacang panjang

Penelitian yang pernah diadakan di Arizona State University Polytechnic mengungkap fakta kesehatan, bahwa setengah cangkir sup kacang panjang mampu menurunkan kadar kolesterol buruk hingga sebesar 8 persen. Efektifitas ini terkait dengan serat alami yang banyak terdapat di dalamnya.

7. Kacang Almond

Kacang kenari dan almond ternyata efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kacang ini mengandung asam lemak tak jenuh, yang menjaga kesehatan pembuluh darah. Jadi, perbanyak konsumsi kedua jenis kacang ini tanpa menambahkan gula atau garam.

8. Ikan Salmon

Ikan laut yang kaya akan omega-3 seperti salmon, sarden, tuna, dan ikan kembung. Semua jenis ikan ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat. Di samping itu, asam lemak omega-3 juga berguna untuk menyehatkan jantung dan mencegah pembekuan darah.

9. Teh hitam

Selain efektifitasnya dalam mencegah kanker, ternyata teh hitam mampu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang berlebih dalam darah. Berdasar studi oleh USDA, dengan konsumsi teh hitam secara rutin selama 3 minggu dapat mengurangi kolesterol tinggi sebesar 10 persen.

10. Yogurt tanpa lemak

Makanan olahan hasil fermentasi susu ini dilengkapi dengan kalsium, protein, dan bakteri lactobacillus. Sehingga efektif untuk menurunkan kolesterol tinggi.

11 dan 12. Buah berry dan kubis

Beberapa jenis buah-buahan yang dapat menurunkan kolesterol tinggi seperti buah berry, mangga, jambu biji, dan aprikot. Sedangkan untuk jenis sayur seperti brokoli, bayam, kubis, wortel, dan labu.

13. Olahan Kedelai

Makanan olahan kedelai seperti tempe, tofu, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol tinggi. Dengan konsumsi 25 gram kedelai yang kaya akan protein, mampu menurunkan kadar LDL hingga sebesar 5-6 persen.

Itulah 13 makanan dan minuman yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Ketahui tentang Daftar Makanan Yang Mampu Melancarkan Aliran Darah. Perlu diperhatikan, bahwa menu diet yang sehat harus disertai dengan olahraga teratur dan menghindari semua kebiasaan buruk yang tidak sesuai dengan pola hidup sehat.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Makanan yang Membantu Menurunkan Kolesterol"

Post a Comment