8 Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

Ada beberapa jenis makanan pantangan bagi penderita darah tinggi. Jika makanan ini dikonsumsi oleh penderita hipertensi, maka dapat menyebabkan penyakit makin parah. Seseorang dengan tekanan darah tinggi, maka jantungnya bekerja lebih cepat sehingga rentan terhadap risiko stroke dan penyakit jantung. Hipertensi juga memiliki risiko tinggi terhadap kolesterol tinggi dan penyakit lain yang berhubungan dengan pembuluh darah.

8 Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi
Gejala Hipertensi

Gejala awal umumnya tidak terjadi pada penderita tekanan darah tinggi. Namun, beberapa keluhan dapat menjadi indikasi bahwa seseorang mengalami hipertensi, seperti bahu terasa berat, kurang bersemangat, sakit kepala hebat, selalu mengantuk dan tekanan emosi yang kuat.

Penyebab Hipertensi

Berikut ini adalah faktor penyebab penyakit darah tinggi:

Faktor genetik

Jika orang tua atau kakek anda menderita hipertensi, maka anda juga memiliki potensi yang sama.

Faktor usia

Penderita hipertensi umumnya mereka yang telah mencapai usia tua. Hal ini disebabkan oleh menurunnya fungsi organ tubuh termasuk pembuluh darah.

Gaya hidup tidak sehat

Pola hidup yang kurang sehat dapat memicu naiknya tekanan darah, seperti malas berolahraga, asupan garam berlebih, kurang asupan serat, efek nikotin dan lainnya.

Penyakit lain

Tekanan darah tinggi juga dapat disebabkan oleh komplikasi penyakit lain, seperti gagal ginjal, diabetes, dan lainnya.


8 Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi dapat menimbulkan komplikasi seperti gangguan pada pernapasan. Jadi, sangat penting bagi penderita hipertensi untuk menjaga pola makan dan menghindari beberapa makanan pantangan. Berikut makanan pantangan bagi penderita darah tinggi:

1. Makanan asin

Semua makanan yang banyak mengandung garam, tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Asupan garam yang berlebih dapat menumpuk dan menyumbat pembuluh darah, sehingga dapat menyebabkan penyakit hipertensi makin parah.

2. Makanan berlemak

Makanan yang tinggi kandungan lemak dapat mengakibatkan obesitas, yang pada akhirnya menimbulkan komplikasi termasuk hipertensi. Lemak yang menumpuk dalam tubuh dapat membuat pembuluh darah makin sempit, sehingga tekanan darah mengalami lonjakan.

Asupan lemak trans harus dihindari oleh penderita hipertensi. Makanan yang kaya akan lemak jenuh seperti daging kambing, daging sapi, minyak sawit, dan gorengan. Makanan seperti ini juga meningkatkan risiko serangan jantung.


3. Makanan manis

Semua makanan yang terasa manis di lidah, buruk bagi pasien hipertensi dan diabetes. Kadar gula yang tinggi dapat menumpuk dalam pembuluh darah, yang pada akhirnya menyumbatnya.

4. Makanan olahan

Semua daging olahan tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Ini termasuk makanan yang diolah dengan pengasapan, penambahan bahan pengawet, dan makanan yang diasinkan. Contohnya seperti ham, makanan kaleng, dendeng, dan sosis. Makanan jenis ini mengandung natrium dalam jumlah tinggi, yang mengganggu aliran darah.

5. Makanan berkafein

Makanan lain yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi adalah makanan berkafein, seperti produk cokelat ataupun kopi. Kafein dalam makanan jenis ini, dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Sehingga tekanan darah makin melonjak.

6. Susu berlemak

Penderita darah tinggi memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kalsium. Namun, susu yang banyak mengandung lemak jenuh justru buruk bagi penderita hipertensi.

7. Saus tomat

Makanan pantangan bagi penderita darah tinggi termasuk saus tomat. Secangkir saus tomat menyediakan 680 mg sodium. Apalagi ditambah dengan spagheti, maka kadar sodiumnya makin melimpah. Jika anda adalah penderita hipertensi, hindari makan saus tomat.

8. Pizza

Pizza adalah makanan lezat yang berasal dari Italia. Makanan ini umumnya banyak mengandung kalori, kolesterol, garam, dan lemak jenuh. Apalagi dengan tambahan daging merah, roti, keju, dan lainnya. Tentu saja, pizza harus dihindari oleh penderita darah tinggi.


Kegiatan yang harus dihindari oleh penderita darah tinggi


Olahraga ringan memang baik untuk pasien hipertensi. Namun olahraga berat seperti angkat beban tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ini. Latihan angkat beban dapat memacu tekanan darah dalam sekejap. Aktivitas lain yang tidak baik bagi seseorang dengan tekanan darah tinggi termasuk terjun payung, menyelam, dan olahraga lain yang memacu adrenalin.

Nah, itulah 8 makanan pantangan bagi penderita darah tinggi. Hindari semua jenis makanan dan kegiatan yang telah disebutkan di atas, untuk mencegah kondisi makin parah. Jadi, adakah makanan yang mampu untuk menurunkan tekanan darah? Silahkan baca: Daftar Makanan Penurun Hipertensi. Semoga bermanfaat.

ilustrasi foto via wisegeek.com

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi"

Post a Comment