17 Makanan Yang Memiliki Sifat Diuretik

Diuretik adalah sifat dari sebuah zat pada makanan, yang mampu memacu kinerja ginjal sehingga meningkatkan sekresi urin. Diuretik menyebabkan lebih banyak natrium dalam urin yang dikeluarkan oleh ginjal. Untuk menjaga keseimbangan kadar natrium, maka tubuh menambahkan banyak air saat pembentukan urin. Nah, air ini berasal dari aliran darah.

17 Makanan Yang Memiliki Diuretik
Urin yang dikeluarkan dengan berlebih akan menyebabkan berkurangnya jumlah cairan dalam pembuluh darah dan tekanan pada dinding arteri.

Inilah alasan kenapa makanan yang memiliki efek diuretk, baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung dan hipertensi. Sebenarnya manfaat diuretik lebih luas, termasuk untuk meringankan gejala dari berbagai penyakit.

Jadi, diuretik mengacu pada setiap zat yang mampu mengurangi cairan tubuh dan garam yang berlebih melalui sekresi urin. Konsumsi makanan atau obat diuretik dapat menurunkan elektrolit dalam tubuh dan menyebabkan dehidrasi. Jadi, anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.


17 Makanan yang Memiliki Sifat Diuretik


Sejumlah makanan dan rempah-rempah tertentu punya kemampuan sebagai diuretik alami. Dengan mengkonsumsi makanan ini, akan mengatasi retensi air penyebab naiknya berat badan. Makanan diuretik berguna untuk mengurangi lemak, dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Makanan yang mengandung diuretik sangat cocok dikonsumsi bagi anda, yang sedang menjalani program diet untuk mengurangi berat badan. Atau, bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi. Berikut ini adalah makanan yang memiliki sifat diuretik alami:

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel bermanfaat untuk membersihkan sistem kemih, dan meningkatkan kinerja ginjal. Sifat diuretik pada cuka apel efektif untuk mengobati infeksi saluran kemih.

2. Wortel

Wortel kaya akan karoten yang berguna untuk memacu metabolisme, serta membuang limbah dan timbunan lemak dari tubuh. Wortel juga bertindak sebagai diuretik alami, yang dapat mencegah pembentukan kristal oleh asam urat. Jadi, wortel baik dikonsumsi bagi penderita gout dan sakit encok.


3. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang memiliki diuretik alami. Hasil penelitian juga menunjukkan efektivitas kubis untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

4. Buah Melon

Melon memiliki kadar air yang berlimpah. Di samping itu, semangka dan melon mengandung natrium dan kalium yang membantu dalam meningkatkan produksi urin dan menghilangkan toksin dari tubuh.

5. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang mengandung alkaloid kimia yang disebut asparigine. Senyawa basa ini meningkatkan fungsi ginjal, sehingga membantu untuk mengeluarkan limbah dari tubuh.

6. Selada

Efek diuretik pada selada membuat sayuran ini mampu membuang racun dari tubuh, dan meningkatkan metabolisme.

7. Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang mampu mencegah dehidrasi, dan memiliki efek detoksifikasi terhadap sistem jaringan tubuh. Mentimun juga berguna untuk meningkatkan fungsi sistem kemih, dan mengontrol berat badan yang berlebih.

8. Havermut

Olahan gandum seperti oat maupun havermut mengandung zat silika yang merupakan diuretik alami, sehingga baik untuk menyehatkan jantung dan mengurangi retensi air yang berlebih.

9. Jahe

Selain untuk menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki efek detoksifikasi yang mampu membilas cairan berlebih dalam tubuh.

10. Bawang putih

Bawang putih memiliki sifat detoksifikasi yang kuat, disebabkan oleh adanya minyak mustard di dalamnya. Bawang putih mampu untuk memecah dan meluruhkan lemak. Rempah ini merupakan salah satu diuretik alami yang luar biasa.

11. Terung

Sayur terung adalah makanan diuretik yang mampu mengurangi cairan berlebih dalam tubuh, sehingga jus terong efektif untuk menurunan berat badan berlebih.


Makanan yang mengandung Diuretik
12. Buah Cranberry

Sifat diuretik dalam Cranberry lebih tinggi ketika dikonsumsi dalam bentuk jus. Jus cranberry berguna untuk meningkatkan frekuensi sekresi urin, menjaga tingkat keasaman air kencing, dan menjaga fungsi ginjal. Jus buah ini bermanfaat untuk mengobati infeksi ginjal dan saluran kemih.

13. Teh hijau

Kafein dalam teh hijau memiliki sifat diuretik alami. Dengan minum teh hijau, akan diperoleh banyak manfaat kesehatan.

14. Peterseli

Efek diuretik dari peterseli paling baik jika dikonsumsi dengan cara menyeduhnya seperti teh. Peterseli mampu membilas racun pada ginjal, sehingga baik untuk membersihkan darah.

15. Lemon

Lemon ternyata juga memiliki efek diuretik, yang membantu untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih.

16. Tomat

Tomat dapat bertindak sebagai diuretik, jika dikonsumsi secara langsung dalam keadaan mentah. Anda dapat menikmati buah ini dalam bentuk jus maupun salad.

17. Seledri

Seledri kaya akan natrium, kalium, dan air. Sehingga dapat memacu produksi urin, serta menghidrasi tubuh.

Perhatian:
Diuretik akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan, sehingga efek yang terjadi adalah berkurangnya vitamin, kalium, kalsium, dan elektrolit lainnya. Jadi, perbanyak asupan gizi untuk mengganti nutrisi hilang ketika anda menggunakan diuretik alami.

Itulah 17 makanan yang mengandung diuretik. Jika anda bermasalah dengan berat badan atau hipertensi, silahkan memilih beberapa makanan yang telah disebutkan. Simak juga: 13 Makanan Pantangan Saat Diet. Makanan diuretik baik untuk menunjang program diet anda, namun tetap proporsional dalam menggunakannya.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "17 Makanan Yang Memiliki Sifat Diuretik"

Post a Comment