12 Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan berasal dari berbagai nutrisi dan enzim di dalamnya. Daun pepaya efektif untuk mengobati penyakit berat seperti kanker, demam berdarah, dan hipertensi. Sedangkan manfaatnya untuk kecantikan, daun ini mampu mengobati jerawat, ketombe, dan banyak lagi.

12 Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Meskipun rasanya pahit, daun pepaya dapat diolah sebagai makanan yang enak. Bagi anda yang menyukainya, tentu akan mendapatkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Sedangkan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut, daun pepaya sering diaplikasikan sebagai obat luar.

Fakta nutrisi pada daun pepaya

Berbagai nutrisi yang ada di dalam daun pepaya seperti protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C,  vitamin E, karbohidrat, kalori, kalsium, zat besi, dan fosfor. Daun pepaya juga dilengkapi dengan sejumlah enzim penting seperti papain dan chymopapin.


12 Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Daun pepaya sagat efektif untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari gangguan ringan hingga penyakit berat. Berikut ini adalah manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menguatkan tulang dan gigi


Kalsium dan fosfor dalam daun pepaya, berguna untuk menguatkan struktur tulang dan gigi. Anda dapat mengkonsumsi daunnya sebagai lalapan atau diolah.

2. Mencegah Malaria

Jus daun pepaya memiliki sifat anti malaria, sehingga sering digunakan sebagai profilaksis untuk mencegah dan mengobati penyakit malaria.

3. Melancarkan pencernaan

Daun pepaya diperkaya dengan zat karpin, yang mampu mematikan mikro-organisme jahat yang merugikan sistem pencernaan. Selain itu, enzim papain di dalamnya juga turut membantu untuk mencerna protein. Dengan konsumsi jus daun pepaya, anda akan terhindar dari diare dan sembelit.

4. Membantu mengobati demam berdarah

Penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dapat berakibat fatal, tanpa jika tidak ditangani dengan tepat. Jus daun pepaya merupakan minuman untuk mengobati demam berdarah secara alami tanpa efek samping.

Enzim papain di dalam jus ini mampu meningkatkan trombosit. Untuk mempercepat kesembuhan, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum jus ini sebanyak 25 ml di pagi dan sore hari selama seminggu. Anda dapat menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.

5. Mencegah kanker

Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya mengandung getah putih (white milky latex). Nah, getah putih ini diketahui memiliki agen anti-kanker.


Manfaat Daun Pepaya bagi Kecantikan kulit dan rambut


Daun pepaya sering digunakan pada produk kecantikan, untuk membuat kulit lebih bercahaya dan rambut lebih sehat. Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kecantikan:

6. Melembutkan rambut

Ekstrak daun pepaya yang dipadu dengan santan dan madu, akan menghasilkan kondisioner alami, yang membuat rambut menjadi berkilau. Campuran ini berguna untuk melembutkan rambut kasar dan sulit untuk diatur.

7. Pembersih kulit

Senyawa karpain dalam daun pepaya mampu membersihkan racun dalam tubuh, sehingga menjadikan kulit lebih bersih dan terhindar dari bintik-bintik hitam.

8. Mengobati jerawat

Untuk mengatasi jerawat, cobalah masker daun pepaya. Caranya, jemur 2 lembar daun pepaya kemudian tumbuk sampai lembut. Campur dengan sedikit air, kemudian terapka pada wajah sebagai masker. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah anda dengan air bersih.

9. Menghilangkan ketombe

Senyawa karpain dalam ekstrak daun pepaya juga banyak digunakan dalam pembuatan sampo anti ketombe. Senyawa ini bekerja untuk meluruhkan minyak, dan kotoran pada rambut.


Ramuan alami menggunakan daun pepaya


10. Menurunkan tekanan darah tinggi

Rebus 5 lembar daun pepaya bersama ½ liter air, selama beberapa menit. Tambahkan madu, kemudian minum selagi hangat,

11. Meningkatkan nafsu makan

Sediakan daun pepaya yang masih segar, dan sedikit garam. Tumbuk keduaya, tambahkan air hangat secukupnya. Minum airny secara rutin untuk memulihkan nafsu makan.

12. Mengatasi nyeri haid

Untuk megurangi nyeri saat menstruasi, gunakan daun pepaya. Cara membuatnya, rebus daun pepaya dan asam jawa ke dalam panci berisi segelas air. Biarkan mendidih selama beberapa saat, minum airnya ketika hangat.

Manfaat lain dari daun pepaya seperti mencegah pembesaran prostat, melancarkan ASI, mencegah penyakit emfisema, dan mungkin banyak lagi. Simak juga: Manfaat daun binahong untuk mengobati penyakit berat.

Nah, itulah 12 manfaat daun pepaya untuk pengobatan dan kecantikan. Jadi, sangat bagus jika anda menanamnya di kebun terutama pepaya jantan. Mungkin ada yang kurang? Silahkan menambahkan khasiat daun pepaya lainnya di kolom komentar.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "12 Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Post a Comment