7 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan Alami

Manfaat daun kumis kucing sebagai obat tradisional, telah dikenal oleh banyak orang. Mulai dari gangguan ringan hingga penyakit berat, mampu disembuhkan dengan bantuan dari nutrisi dalam daun ini. Daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang kuat, yang mampu mengobati batu ginjal. Bahkan penyakit berat seperti rematik dan sipilis pun dapat diatasi oleh zat aktif dalam tanaman ini.

7 Manfaat Daun kumis kucing untuk Pengobatan Alami
kini sehat - Tanaman kumis kucing sering digunakan oleh masyarakat kuno sebagai obat alami bagi penyakit sembelit, batuk, masuk angin, dan sakit pinggang. Bahkan, tidak jarang daun kumis kucing diambil sarinya untuk menyembuhkan diabetes.

Fakta nutrisi dalam daun kumis kucing

Kumis kucing memang layak dimasukkan ke dalam golongan tanaman obat, yang memiliki efek farmakologis tanpa efek samping.

Tanaman yang mempunyai nama ilmiah orthosiphon aristatus ini, diperkaya dengan sejumlah senyawa aktif seperti minyak atsiri, rosmarinic acid, sapofonin, lipophilic, flavonoid, saponin, mioinositol, sinensetin, orthosiphol, zat samak, orthosiphon, dan kalium.


7 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pengobatan Alami


Bagian tanaman kumis kucing yang digunakan sebagai obat alami adalah daun, batang, dan bunganya. Daunnya dapat dikonsumsi secara langsung, atau diseduh sebagai ramuan teh herbal. Berikut ini adalah manfaat kumis kucing untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Mengobati sakit pinggang

Daun kumis kucing juga bermanfaat untuk membantu dalam menyembuhkan sakit pinggang. Cara membuat ramuan tradisional: siapkan 2 potong akar tanaman dan 7 lembar daun kumis kucing. Rebus bersama segelas air, hingga mendidih selama beberapa saat. Minum selagi hangat, sebagai obat sakit pinggang. Lakukan cara ini dengan rutin, dua kali dalam sehari.

2. Mengobati perut kembung

Daun kumis kucing juga berguna untuk mengatasi masuk angin secara alami. Caranya, Rebus 9 lembar daunnya yang masih muda ke dalam panci berisi 2 gelas air. Setelah airnya menyusut segelas, biarkan dingin. Minum ramuan herbal ini sebagai obat ampuh untuk meredakan masuk angin.

3. Mengobati penyakit encok dan asam urat tinggi


Ambil daun kumis kucing dan meniran, masing-masing sebanyak 5 lembar. Rebus dengan 2 gelas air hingga menyusut segelas. Minum 3 kali dalam sehari hingga sembuh.

4. Menghancurkan Batu Ginjal

Ambil tiga genggam daun kumis kucing atau sekitar 20 lembar, keringkan. Sediakan juga 5 lembar daun keji beling, cuci dengan air bersih. Rebus keduanya ke dalam kuali tanah yang berisi 2 gelas air. Biarkan mendidih selama beberapa saat, minum segelas airnya dengan rutin dua kali setiap hari untuk mengobati batu ginjal.

5. Mengobati Diabetes

Untuk menurunkan kadar gula darah, rebus dua genggam daun kumis kucing bersama 2 gelas air hingga tersisa segelas saja. Biarkan airnya dingin, minum dengan rutin setiap pagi atau malam hari.

6. Melancarkan sekresi urin ( buang air kecil)

Untuk melancarkan keluarnya air kemih, gunakan daun kumis kucing. Caranya, siapkan daun meniran, akar alang, dan tentu saja daun kumis kucing. Rebus semuanya dengan 3 gelas air ke dalam panic tanah. Biarkan airnya mendidih hingga airnya berkurang separuh dari semula. Minum ramuan alami ini dengan teratur, 3 kali dalam sehari sebanyak ½ gelas.


Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan Wanita


7. Mengobati Keputihan

Untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita, rebus daun beluntas dan kumis kucing ke dalam panci tanah, masing-masing sebanyak 7 lembar. Tambahkan 10 biji kemukus dan 1 sdt jintan hitam ke dalamnya, tunggu airnya mendidih. Minum airnya sebagai obat keputihan, dengan teratur setiap malam hari.

Itulah 7 manfaat daun kumis kucing untuk pengobatan alami. Lakukan semua cara di atas sesuai jenis penyakit yang diderita, dengan rutin hingga penyakit anda dapat sembuh secara berangsur-angsur. Simak juga: 2 Cara Cuci Ginjal Dengan Alami Dan Murah. Kini, tanaman ini banyak tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, atau herbal yang telah dikeringkan. Semoga membantu anda yang sedang mencari obat alternatif.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Pengobatan Alami"

Post a Comment