15 Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat dan Alami

Cara cepat untuk menambah berat badan, menimbulkan rasa penasaran bagi seseorang yang memiliki tubuh kurus. Bentuk tubuh yang ideal tentu menjadi dambaan semua orang, bagi pria maupun wanita. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai bakat gemuk atau sebaliknya. Faktor bawaan memang sangat mempengaruhi postur tubuh yang dimiliki oleh seseorang.

15 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat dan Alami
Bagi orang gemuk, tubuh langsing merupakan impian tiada tara. Sehingga mereka berusaha keras untuk menguruskan badan dengan menjalani berbagai program diet. Apapun dilakukan hanya untuk menurunkan berat badan.

Demikian pula dengan seseorang yang terlalu kurus, tentu punya keinginan kuat untuk menambah berat badan mereka. Tubuh yang berotot, tentu membuat mereka lebih percaya diri. Apalagi bagi seorang pria, tentu akan merasa malu dan minder terhadap wanita jika badannya kurus mirip gantungan baju.


15 Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat dan Alami


Bagi anda yang memiliki tubuh kurus tapi terlalu ekstrim, ada beberapa cara mudah dan aman sebagai solusi bagi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa cara menambah berat badan dengan cepat dan tidak ada efek samping:

1. Jangan minum air, sebelum makan

Kebiasaan minum air sebelum makan sangat cocok dilakukan bagi pelaku diet, tapi tidak dianjurkan untuk seseorang yang bertubuh kurus. Kebiasaan ini akan membuat perut merasa kenyang sebelum anda menelan makanan.

2. Naikkan porsi makan

Cobalah untuk menambah sedikit porsi makan, sehingga asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Jika perut terasa penuh dengan porsi yang lebih banyak dari hari-hari sebelumnya, cobalah perbanyak frekuensi makan.

3. Kunyah makanan hingga lembut

Dengan mengunyah makanan secara perlahan hingga lembut, akan membuat tubuh lebih mudah untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi di dalamnya. Cara makan tentu sangat berpengaruh terhadap berat badan anda. Baca: 5 bahaya makan terlalu cepat bagi kesehatan.

4. Cukupi asupan protein

Dengan konsumsi protein yang memadai, maka otot tubuh akan mudah terbentuk. Anda dapat mendapatkan asupan protein dengan makan daging ayam, ikan, atau kacang-kacangan bagi para vegetarian. Penting: 12 Penyakit akibat kekurangan protein.

5. Perbanyak asupan karbohidrat

Untuk menambah berat badan, karbohidrat sangat dibutuhkan. Anda dapat memperoleh sumber karbohidrat dari beras merah, gandum, oatmeal, sereal dan sebagainya.

6. Perbanyak istirahat, jangan begadang!


Tidur yang terlalu larut malam akan mengacaukan jam biologis yang berlaku dalam tubuh kita. Kebiasaan begadang akan berdampak buruk bagi metabolisme dalam tubuh, dan menyebabkan sulit untuk menaikkan berat badan anda. Hindari begadang, jika tiada artinya.

7. Minum susu setiap hari

Untuk menambah berat badan dengan cepat, minumlah susu full krim setiap pagi dan malam hari. Susu juga dilengkapi dengan berbagai nutrisi penting yang menyehatkan tubuh anda.

8. Hindari minuman berkafein

Jika anda sedang menjalani program untuk menambah berat badan, maka jauhi semua minuman yang mengandung kafein tinggi. Minuman kafein akan bertindak sebagai pencegah nafsu makan. Selain itu, minuman kopi juga dapat menyebabkan naiknya asam lambung yang dapat memicu penyakit maag.

9. Jauhi asap yang mengandung nikotin

Bukan hanya nafsu makan menjadi berkurang, tapi kebiasaan buruk ini dapat merusak fungsi organ di dalam tubuh anda.

10. Perbanyak makan cemilan

Tips menambah berat badan umumnya sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, dengan sering makan kudapan akan mensukseskan program menambah berat badan. Namun, pilih cemilan yang tidak banyak mengandung bahan MSG dan pengawet. Dengan kebiasaan ngemil, maka kebutuhan kalori akan memadai.

11. Penuhi kebutuhan kalori

Untuk menunjang program menambah berat badan, tingkatkan asupan lemak sehat seperti omega 3 dan 6. Asam lemak sehat ini dapat diperoleh dari sejumlah makanan bergizi seperti ikan, kacang kenari, minyak kelapa, jagung, dan lainnya.

12. Hindari stres

Suasana hati yang tidak nyaman akibat tekanan dan stress, akan menurunkan nafsu makan yang mengakibatkan tubuh makin sulit untuk bertambah gemuk. Jadi, jaga suasana hati dan tenangkan fikiran anda.

13. Cek kondisi kesehatan anda

Seseorang yang semula bertubuh gemuk tetapi menjadi kurus dalam sekejap, maka cobalah konsultasi dengan dokter. Mungkin saja, anda mengidap penyakit tertentu yang menyebabkan tubuh menjadi kurus. Beberapa penyakit seperti asma, kanker, TBC, atau diabetes, dapat mengakibatkan penderita menjadi makin kurus.

14. Olahraga teratur

Jangan mengira bahwa olahraga hanya berguna untuk membakar kalori dalam tubuh. Olahraga teratur juga dibutuhkan untuk memperbaiki metabolisme dalam tubuh. Dengan keluarnya banyak keringat akan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, latihan ringan setiap hari akan membentuk otot tubuh sehingga bentuk tubuh lebih ideal.

15. Cobalah ramuan kunyit dan kelapa

Buatlah ramuan tradisional yang mampu menambah berat badan anda. Pertama, sediakan beberapa rimpang kunyit dan buah kelapa yang masih muda. Cara membuatnya: Parut dan peras kunyit untuk mengambil airnya. Demikian juga dengan buah kelapa. Campur sari kunyit dan santan kelapa, kemudian rebus hingga mendidih selama beberapa menit. Tambahkan madu, ketika anda akan minum ramuan alami ini. Ulangi setiap hari menjelang tidur malam. Cara ini sangat ampuh untuk menambah berat badan dengan cepat dan aman.

Nah, itulah 15 cara menambah berat badan dengan cepat dan alami. Teruslah berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, jangan menyerah. Utamakan kesehatan anda dari keinginan untuk menaikkan berat badan. Jadi, ketika anda mendapatkan hasil yang memuaskan, tidak mengalami putus asa.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Cara Menambah Berat Badan Dengan Cepat dan Alami"

Post a Comment