13 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami

Kini sehat - Keputihan merupakan masalah bagi wanita yang harus diatasi dengan tepat. Aroma yang busuk disertai rasa gatal, tentu sangat tidak nyaman dan menyiksa. Untuk mengobati keputihan, anda dapat menggunakan cara tradisional dengan bahan alami yang aman bagi tubuh. Sebelum membahas lebih jauh tentang obat keputihan, anda harus mengetahui penyebab gangguan kesehatan ini.

13 Cara Mengatasi Keputihan Menggunakan Bahan Alami
Penyebab Keputihan

Masalah keputihan telah ada sejak lama, bahkan sebelum anda dilahirkan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

Kurang menjaga kebersihan

Tidak menjaga kebersihan tubuh dengan baik, sehingga area tersebut menjadi sangat lembab. Kondisi ini sangat rentan dengan infeksi mikroorganisme yang merugikan.

Infeksi Virus

Keputihan juga dapat timbul akibat penyakit herpes, HIV, dan conyloma. Jika penyebabnya adalah virus condyloma, umumnya timbul bintil-bintil yang banyak dan cairan berbau. Tipe keputihan ini dapat memicu kanker mulut rahim.

Infeksi bakteri

Keputihan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri gardnella, yang menimbulkan cairan berwarna keabuan, tidak pekat, bau anyir, dan berbusa. Biasanya disertai dengan rasa gatal.

Infeksi Parasit

Infeksi oleh parasit yang disebut Trichomonas, dapat menular melalui kloset, peralatan mandi, dan sebagainya. Warna cairan yang timbul akibat jenis keputihan ini biasanya kuning kehijauan. Meskipun tidak gatal, tapi bagian yang bermasalah akan sakit jika ditekan.

Infeksi jamur

Jamur Candidas dan Monilia, dapat mengakibatkan keputihan dengan cairan berwarna putih, kental, bau busuk, dan rasa gatal. Bahkan area yang bermasalah akan menderita peradangan dan warna kulit di sekitarnya menjadi merah. Gangguan ini dapat dipicu oleh penyakit diabetes, atau imunitas yang rendah.

Penggunaan obat-obatan antibiotik

Sistem kekebalan tubuh pada wanita dapat menurun akibat menggunakan obat antibiotik dalam jangka panjang. Salah satu dampak buruknya adalah keputihan.

Stres

Fikiran yang stres dapat mempengaruhi reseptor otak, sehingga terjadi perubahan hormon yang tidak seimbang. Kondisi ini juga dapat menimbulkan keputihan.


13 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami


Sebenarnya masalah ini cukup serius, sehingga setiap wanita yang menderita gangguan kesehatan ini seharusnya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Namun, banyak wanita malu untuk menceritakan gangguan ini kepada dokter spesialis. Nah, untuk mengatasi keputihan secara alami dan tradisional, berikut ini bahan yang dapat digunakan dan cara membuat ramuan:

1. Lidah buaya

Keputihan juga dapat diobati dengan aloe vera. Kupas daunnya, kemudian cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan lendirnya. Rebus gel lidah buaya dengan air bersih selama beberapa menit. Anda dapat mengkonsumsi gel ini setelah agak dingin. Aloe vera efektif untuk mengatasi keputihan akibat jamur atau bakteri.

2. Kunyit


Beberapa zat penting dalam kunyit bersifat antibakteri, yang dapat melawan bakteri penyebab keputihan. Cara membuatnya, sediakan 2 rimpang kunyit segar, asam jawa, segenggam daun beluntas, dan gula merah. Rebus bersama seliter air hingga mendidih selama beberapa menit, angkat. Saring, minum ramuan ini setiap hari sebanyak 1 gelas.

3. Baking soda

Untuk menyeimbangkan keasaman darah, gunakan baking soda. Pertumbuhan jamur akan terhambat, jika pH darah normal. Caranya, tuangkan ½ cangkir baking soda ke dalam bak mandi yang berisi air. Berendamlah di dalam bak mandi tersebut selama 30 menit. Cara ini efektif untuk menghilangkan rasa gatal akibat keputihan.

4. Daun sirih

Daun sirih juga memiliki sifat antibakteri yang dapat digunakan untuk mengobati keputihan, yang disebabkan infeksi bakteri. Pertama, rebus daun sirih bersama dua gelas air hingga mendidih selama 2 menit. Setelah airnya tidak terlalu panas, gunakan untuk membersihkan organ tubuh yang mengeluarkan cairan tak sedap.

5. Yogurt

Olahan susu ini kaya akan bakteri baik yang mampu melawan infeksi jamur. Untuk mengobati keputihan, makanlah yogurt tanpa gula atau pemanis buatan lainnya. Basahi kain kasa dengan yogurt, kemudian terapkan pada bagian tubuh yang terinfeksi. Cara ini dapat mengatasi keputihan dan rasa gatal yang timbul.

6. Bawang putih

Untuk membunuh bakteri atau jamur penyebab keputihan, anda juga dapat menggunakan bawang putih. Caranya, tumbuk bawang putih hingga lumat, kemudian terapkan pada area yang bermasalah. Cara tradisional ini telah digunakan sejak lama.

7. Minyak pohon teh

Bersihkan organ yang mengeluarkan cairan anyir, dengan menggunakan minyak alami dari pohon teh. Anda juga dapat mengkonsumsi minyak teh, untuk mempercepat penyembuhan.

8. Biji mangga

Buah mangga kaya akan vitamin C yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Tidak hanya itu, biji mangga ternyata berkhasiat untuk mengobati keputihan secara alami. Caranya, jemur biji mangga tua di bawah sinar matahari hingga kering. Giling biji kering ini hingga terbentuk bubuk lembut. Campur dengan sedikit air hingga terbentuk krim atau pasta. Oleskan pasta ini pada area yang bermasalah.

9. Akar bunga mawar

Bunga mawar merupakan salah satu simbol dari kecantikan seorang wanita. Namun, tahukah anda, bahwa akar mawar berguna untuk mengatasi keputihan? Nah, untuk menggunakan bahan alami ini, caranya cukup mudah. Ambil segenggam akar mawar, kemudian cuci dengan air mengalir. Rebus akar ini bersama 3 gelas air bersih. Biarkan mendidih dan tersisa 2 gelas air. Saring dan minum airnya di pagi dan malam hari.

10. Biji ketumbar

Tidak hanya sebagai pelengkap bumbu masakan, biji ketumbar juga dapat digunakan sebagai obat keputihan yang aman. Caranya, rendam biji ketumbar ke dalam air hangat selama semalaman. Minum airnya, ketika anda bangun tidur di pagi hari. Lakukan cara ini dengan rutin hingga gejala hilang.

11. Akar bayam

Sifat antibakteri dalam akar bayam juga efektif untuk mengobati keputihan, yang disebabkan oleh infeksi bakteri pathogen. Caranya, cuci akar bayam dengan air bersih. Haluskan akar bayam ini dengan menggunakan blender, tambahkan air matang secukupnya. Minum jus sehat ini, dua kali dalam sehari dengan rutin.

12. Jahe

Cukup dengan minum wedang jahe setiap malam. Zat aktif dalam jahe membantu untuk mengatasi keputihan pada wanita.

13. Cuka sari apel

Untuk menyembuhkan keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur Candidas, gunakan cuka sari apel. Campur cuka ini dengan air secukupnya, untuk mengurangi kadar keasamannya. Gunakan campuran ini untuk membilas organ yang menimbulkan cairan berbau.


Cara Mencegah Keputihan abnormal


Supaya keputihan abnormal tidak kambuh lagi, lakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Bersihkan area yang terinfeksi dengan sabun khusus dan air hangat.
  • Hindari penggunaan handuk bergantian dengan orang lain.
  • Gunakan pakaian dari bahan yang mudah menyerap keringat, untuk mencegah daerah lipatan menjadi lembab.
  • Hindari stres, karena dapat memperburuk kondisi anda.
  • Jaga kebersihan tubuh, terutama setelah berkemih.
  • Untuk menetralisir keasaman dalam tubuh, perbanyak minum air.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih kebal terhadap bakteri dan virus.

Nah, itulah 13 cara mengobati keputihan dengan bahan alami. Konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, jika penyakit belum sembuh dalam waktu yang lama. Jalani gaya hidup sehat dengan olahraga rutin dan pola makan yang benar. Hindari semua kebiasaan buruk yang dapat merugikan diri sendiri. Simak juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami. Semoga tetap sehat dan bugar.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "13 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami"

Post a Comment