3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat

Kini sehat - Cara mengatasi kram otot, tidak boleh sembarangan. Jika anda menarik kaki atau bagian tubuh ke arah yang salah, justru dapat memicu masalah lain. Kaki kram dapat disebabkan oleh kelelahan, atau gangguan kesehatan lain. Jadi anda harus mengetahui, apa penyebab kaki kram? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat
Kram adalah kontraksi otot yang terjadi secara mendadak dan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Kram dapat berlangsung selama beberapa menit, atau berhari-hari. Bagian tubuh yang sering mengalami kejang otot seperti kaki, betis, paha, dan tangan. Namun, kram otot juga dapat terjadi pada leher dan perut.

Kaki merupakan bagian tubuh yang bertugas untuk menyangga berat badan kita, jadi wajar jika bagian ini paling sering menderita kram otot. Kram juga sering dialami oleh orang yang telah lanjut usia, atau setelah melakukan olahraga berat. Ada juga kasus kejang otot yang terjadi saat tidur. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh bagian tubuh yang tertindih atau menekuk.

Penyebab kram otot

Berikut ini adalah beberapa faktor yang sering menyebabkan kram pada otot:

  • Aktivitas atau latihan berat tanpa pemanasan.
  • Kelelahan.
  • Dehidrasi.
  • Cairan elektrolit (kalsium dan magnesium) banyak keluar melalui keringat.
  • Kurangnya oksigen pada jaringan otot.
  • Penumpukan asam laktat pada otot.
  • Aliran darah ke jaringan otot mengalami gangguan atau tidak lancar.
  • Saraf pada tulang belakang mengalami tekanan (Lumbar stenosis).
  • Efek samping obat-obatan kimia.

3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat


1. Mengatasi kram pada paha

Jika kejang terjadi pada paha belakang, maka luruskan lutut penderita kemudian angkat kakinya. Untuk kram pada paha depan, tekuk lutut penderita ke belakang. Lakukan pemijatan pada ototnya dengan kuat.

2. Mengatasi kram pada betis


Letakkan penderita pada posisi duduk, kemudian luruskan lututnya. Tekan kakinya dengan kuat ke arah tulang kering. Kemudian, pijat ototnya untuk menenangkan.

3. Menyembuhkan kaki kram

Bantu penderita untuk berdiri dan tahan tubuhnya supaya tidak jatuh. Cara ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah pada tubuhnya. Selanjutnya, pijat kakinya.

Cara mengatasi kram otot secara medis dilakukan dengan menyemprotkan chlor ethyl pada bagian tubuh yang bermasalah. Spray tersebut berguna untuk mengurangi nyeri akibat kram.

Untuk meredakan rasa sakit karena kram, dapat menggunakan salep, koyo, atau balsem. Penggunaan obat-obatan ini berfungsi untuk melonggarkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.


Cara mencegah kram otot



  • Hindari posisi duduk dalam waktu lama. Lakukan peregangan setiap 30 menit sekali. Anda dapat berjalan keluar ruangan selama beberapa menit, kemudian melanjutkan aktivitas anda.
  • Setelah aktifitas berat selama seharian, mandi dengan air hangat. Lakukan hal ini ketika keringat telah kering. Mandi dengan air hangat sebelum tidur, juga baik untuk mengendurkan otot-otot yang tegang.
  • Hindari latihan berat secara mendadak tanpa pemanasan sebelumnya. Lakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelahnya. Otot yang digunakan secara tiba-tiba dapat mengalami kram. Jadi, lakukan gerakan ringan sebelum olahraga berat.
  • Lakukan peregangan otot sebelum tidur, dan hindari posisi jari kaki lurus dengan betis atau jinjit.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air sesuai kebutuhan tubuh anda.
  • Cukupi kebutuhan mineral setiap hari. Terutama kalsium, magnesium, dan potasium. Makan dua buah pisang dan minum susu setiap hari, untuk mendapatkan mineral yang memadai.
  • Hindari sepatu hak tinggi (heels). Pilih sepatu dengan alas datar dan ujungnya tidak terlalu ketat. Hal ini bertujuan untuk mencegah tekanan pada jari kaki saat melangkah, yang dapat menghambat aliran darah dan menimbulkan risiko kram.

Nah, itulah 3 Cara mengatasi kram otot dengan cepat. Simak juga: 18 Penyebab tubuh mudah lelah dan solusinya. Semoga tips ini membantu anda yang sedang mengalami kram otot, atau untuk menolong teman anda yang sedang menderita masalah ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "3 Cara Mengatasi Kram Otot Dengan Cepat"

Post a Comment