7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami dan Tradisional

Kini sehat - Nyeri haid tentu membuat setiap wanita merasa tidak nyaman, bahkan dalam sekejap mampu mengubah temperamen seseorang. Cara mengatasi nyeri haid secara alami dan tradisional, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bahan alami tertentu yang tersedia di sekitar kita. Di samping itu, ada beberapa tips untuk mengobati nyeri menstruasi yang sering mengganggu aktivitas wanita setiap bulannya.

7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami dan Tradisional
Nyeri menstruasi (dismenorrhea) menjadi keluhan bagi banyak wanita. Rasa sakit yang menyiksa saat haid dapat dikategorikan wajar, tapi sebagian kasus mungkin saja menunjukkan indikasi adanya penyakit lain yang menyebabkan gangguan ini.

Penyebab Nyeri haid

Nyeri yang terjadi saat menstruasi digolongkan menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Nyeri primer tidak disebabkan oleh kelainan panggul dan lainnya. Rasa sakit umumnya dirasakan wanita, dua hari sebelum menstruasi. Gejala yang menyertainya seperti mual, sakit kepala, dan gelisah. Kondisi ini biasanya dimulai sejak 2-3 tahun setelah masa menstruasi pertama, dan berakhir pada usia 15-25 tahun. Nyeri akan hilang secara berangsur seiring perubahan usia wanita.

Nyeri sekunder biasanya dialami oleh seorang wanita ketika usianya lebih dari 20 tahun. Nyeri ini dimulai sebelum haid, dan makin hebat ketika masuk masa menstruasi. Kondisi ini berkaitan dengan panggul dan organ dalam. Gangguan kesehatan yang dapat memicu nyeri sekunder seperti endometriosis, mosters, adenomyosis, sindroma allen, kelainan kongenital, sindroma asherman, kista ovarii, tumor, sindroma kongesti pelvis, infeksi panggul, myoma uteri, penyempitan tulang belakang (stenosis), polip uteri, dan lain-lain.

Sebelum masa haid tiba, produksi prostaglandin mengalami peningkatan. Prostaglandin merupakan sejenis hormon yang dapat menyebabkan kontraksi otot polos. Nah, konstaksi yang terjadi pada dinding rahim dapat berakibat pembuluh darah di sekitarnya menjadi terjepit, sehingga mengakibatkan nyeri.


7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami dan Tradisional


Untuk mengobati nyeri saat haid secara medis, obat-obatan jenis NSAID sering digunakan. Cara kerja obat ini adalah menghambat produksi prostagladin. Anda juga dapat menggunakan cara alami untuk mengatasi nyeri menstruasi seperti berikut ini:

1. Ramuan kunyit dan asam


Jamu kunyit asam diyakini mampu menghilangkan nyeri saat haid. Selain dbijual oleh penjual jamu tradisional, anda juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Caranya, parut rimpang kunyit secukupnya. Tambahkan air seperlunya, peras untuk mendapatkan sari kunyit. Tambahkan gula merah dan asam jawa, rebus semua bahan sampai mendidih selama beberapa saat. Minum airnya selagi hangat dengan rutin, untuk meredakan nyeri haid.

2. Makanan yang kaya zat besi

Wanita yang menderita anemia biasanya rentan mengalami nyeri haid. Nah, zat besi sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Jadi, perbanyak asupan zat besi sehingga kebutuhan harian anda dapat tercukupi. Sumber zat besi dapat ditemukan pada bayam, ubi jalar, dan kacang-kacangan. Baca juga: 7 Fungsi zat besi bagi kesehatan tubuh.

3. Olahraga ringan

Nyeri ketika haid dapat timbul akibat aliran darah yang tidak lancar. Dengan olahraga ringan akan membantu untuk melancarkan sirkulasi darah sehingga anda terhindar dari rasa sakit saat menstruasi.

4. Perbanyak waktu istirahat

Tidur cukup akan membantu untuk membuat tubuh lebih nyaman dan bugar. Hindari begadang di malam hari, tidurlah tanpa menyalakan lampu. Tidur siang selama 30-60 menit juga baik untuk kebugaran tubuh, sehingga mengurangi nyeri menstruasi.

5. Kompres dengan air hangat

Untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, kompres perut bagian bawah menggunakan botol berisi air hangat. Anda juga dapat menggunakan handuk yang telah direndam ke dalam air hangat. Cara ini berguna untuk melancarkan sirkulasi darah pada bagian tubuh yang merasakan nyeri. Di samping itu, cara alami ini akan membuat otot sekitar perut menjadi lebih rileks.

6. Jangan gunakan pakaian ketat

Dengan menggunakan pakaian longgar, maka aliran darah menjadi lancar dan memudahkan gerakan tubuh. Hal ini harus diperhatikan, untuk mengatasi nyeri haid.

7. Mandi dengan air hangat

Nyeri haid dapat diatasi dengan mandi menggunakan air hangat. Hal ini disebabkan sirkulasi darah di dalam tubuh tidak terhambat. Otot-otot tidak tegang dan lebih nyaman.

Wanita biasanya mudah marah ketika mengalami nyeri haid. Jangan biarkan emosi menguasai diri anda. Emosi yang tidak stabil dapat memicu stres dan depresi. Jika kondisi ini terjadi, justru fikiran akan terganggu. Jadi, kontrol emosi anda dengan baik.

Nah, itulah 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami dan tradisional. Simak juga: 10 Penyebab bau badan yang menyengat. Jika anda mengalami nyeri haid yang sangat hebat, maka sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis. Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Cara Mengatasi Nyeri Haid Secara Alami dan Tradisional"

Post a Comment