8 Manfaat Biotin Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat biotin bagi tubuh kita cukup signifikan, tidak hanya berguna untuk kecantikan kulit dan rambut, tetapi vitamin ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Biotin dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung, serta sebagai pengontrol kadar gula darah. Sedangkan untuk kecantikan, biotin sangat berperan dalam menyehatkan kulit dan rambut kita.

8 Manfaat Biotin Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Biotin atau vitamin B7, sering juga disebut vitamin H merupakan vitamin yang larut di dalam air. Vitamin B7 memiliki sifat yang tidak mudah rusak oleh beberapa kondisi, seperti terkena paparan panas, sinar matahari, dan oksigen.

Biotin bukan hanya dihasilkan oleh bakteri di usus, tetapi vitamin ini dapat diperoleh dari makanan tertentu. Vitamin B7 sangat diperlukan untuk metabolisme glukosa, lemak, dan protein. Vitamin ini juga berperan dalam pembentukan energi, dan imunitas tubuh. Biotin juga bertindak sebagai katalis dalam berbagai reaksi biokimia di dalam tubuh.

Disebabkan sifatnya yang larut dalam air, maka kadar biotin dalam tubuh akan hilang secara berangsur. Kekurangan biotin dapat mengakibatkan beberapa masalah kesehatan. Jadi, tubuh kita selalu memerlukan asupan biotin yang memadai.


8 Manfaat Biotin Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Biotin memiliki andil besar dalam tubuh kita. Manfaat vitamin ini bagi tubuh kita sangat bervariasi, mulai dari jaringan kulit hingga jantung. Berikut ini adalah manfaat vitamin B7 (biotin) untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menjaga fungsi jantung

Vitamin B7 juga berperan untuk memastikan fungsi jantung dapat berjalan dengan baik dan terhindar dari berbagai masalah serius. Hal ini disebabkan biotin mampu mengurangi kadar kolesterol buruk dalam tubuh kita.

2. Mengontrol kadar gula darah

Asupan vitamin B7 dengan rutin akan berguna untuk mengatur kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, cukupi kebutuhan biotin setiap hari. Dengan asupan 900 mcg biotin setiap hari selama sebulan, akan menurunkan kadar gula darah yang terlalu tinggi. Tentu saja disertai dengan mengurangi asupan karbohidrat, makanan manis, dan menghindari pemicu diabetes lainnya.

3. Pembentukan sel darah dan sumsum tulang

Biotin juga bertindak sebagai kofaktor pada produksi eritrosit (sel darah merah) di sumsum tulang belakang. Regenerasi sel darah merah terjadi di dalam tubuh kita secara rutin. Untuk menjaga kadar sel darah merah tetap optimal, maka konsumsi vitamin B7 sangat dibutuhkan dalam jumlah yang tepat.

4. Pembentukan energi

Biotin berperan dalam metabolisme karbohidrat, sehingga makanan yang masuk ke dalam tubuh kita diubah menjadi glukosa sederhana. Gula ini kemudian digunakan sebagai bahan untuk produksi energi. Jika asupan biotin kurang memadai, maka tubuh akan menjadi mudah lelah dan mengantuk.


Manfaat biotin untuk kecantikan kulit dan rambut


5. Mencerahkan kulit

Biotin merupakan unsur penting yang tidak hanya dibutuhkan untuk kesehatan rambut, tetapi juga bagi kulit kita. Vitamin ini bermanfaat untuk merevitalisasi hilangnya warna kulit akibat radikal bebas, polusi, dan faktor penyebab lainnya.

6. Menguatkan rambut


Biotin berperan dalam metabolisme protein, yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Adanya biotin akan mencegah masalah rambut seperti kerontokan, uban muncul lebih awal, rambut kering, dan lainnya. Kini, banyak produk kecantikan yang menggunakan biotin sebagai bahan untuk perawatan rambut.

7. Pertumbuhan kuku yang sehat

Dengan asupan biotin yang memadai setiap hari, akan mencegah kuku rapuh dan mudah patah.

8. Mengontrol berat badan

Protein dan lemak dalam tubuh akan dikonversi oleh biotin, menjadi energi. Biotin bekerja dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, sehingga tidak terjadi penimbunan lemak yang berdampak buruk terhadap berat badan anda. Dengan adanya vitamin ini, maka otot tubuh juga dapat terbentuk dengan baik.


Gejala kekurangan biotin



  • Kulit menjadi kasar dan kusam.
  • Penyakit dermatitis, gangguan pada kulit seperti sisik dan ruam.
  • Kepala terasa pusing.
  • Stres dan depresi yang berlarut-larut.
  • Penyakit anemia.
  • Luka menjadi sulit untuk disembuhkan.
  • Rambut rontok.
  • Mudah terinfeksi oleh bakteri dan jamur, akibat penurunan imunitas.

Nah, itulah 8 manfaat biotin bagi kesehatan dan kecantikan. Simak juga: 7 Manfaat asam folat bagi Tubuh paling penting. Cukupi kebutuhan vitamin ini setiap hari dalam kadar yang tidak berlebihan. Konsumsi vitamin B7 secara berlebih memang dapat dibuang oleh tubuh kita, tetapi proses ini akan menambah beban bagi organ tubuh. Jadi, selalu proporsional dalam memenuhi kebutuhan harian.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "8 Manfaat Biotin Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit"

Post a Comment