4 Manfaat Bunga Anyelir Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat bunga anyelir bukan hanya sebagai ungkapan perasaan seseorang. Lebih dari sekedar simbol kepribadian, khasiat bunga anyelir ternyata sangat berguna untuk pengobatan dan kecantikan kulit. Bunga anyelir memiliki sejumlah manfaat kesehatan disebabkan oleh sejumlah nutrisi dan zat penting di dalamnya.

4 Manfaat Bunga Anyelir Untuk Pengobatan dan Kecantikan
Bunga anyelir (Dianthus caryophyllus) memiliki beberapa nama lain, sebagian orang menyebutnya bunga Teluki, bunga Jove, atau dalam bahasa Inggris disebut Carnation.

Tanaman hias ini berasal dari wilayah Mediterania, dimana bunganya muncul di setiap tangkai. Bahkan, varietas lainnya memiliki banyak bunga pada tiap tangkainya. Untuk warnanya sangat bervariasi, mulai dari putih hingga merah muda.

Tanaman anyelir dapat tumbuh dengan baik di area pegunungan dengan suhu rendah dan sedikit cahaya matahari. Budidaya tanaman ini dapat dilakukan dengan tunas dan bijinya. Umur tanaman anyelir dapat mencapai 18-20 bulan. Bunganya sering digunakan untuk menghiasi papan nama, dan sebagai dekorasi pada pesta ulang tahun.

Fakta nutrisi dari bunga anyelir

Beberapa senyawa penting yang terdapat di dalam bunga anyelir termasuk saponin, krisoeriol glukosid, dan diancinenosid. Bunga teluki juga diperkaya dengan zat penting lainnya seperti isoorientin glukosid, sitosterol glukopiranosid, isovitexin glukosid, dll.


4 Manfaat Bunga Anyelir Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Bunga anyelir telah lama digunakan untuk pengobatan tradisional ala Tiongkok. Khasiat anyelir dapat diperoleh dari teh, ekstrak atau bunga yang dikeringkan. Manfaat bunga teluki termasuk mengobati sembelit, diare, pembengkakan, infeksi saluran kemih, pusing, batu ginjal, dan melancarkan sekresi urin. Manfaat lainnya seperti membersihkan darah, mengobati radang kulit, diare, dan eksim.

Keharuman bunga ini sering dimanfaatkan sebagai aroma terapi untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Berikut ini adalah manfaat bunga anyelir untuk pengobatan dan kecantikan kult:


Cara membuat ramuan tradisional dengan bunga anyelir


1. Meredakan Diare

Untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare, gunakan bahan alami. Caranya, ambil 60 gram daun anyelir kemudian cuci dan rebus bersama 40 ml air bersih. Biarkan airnya mendidih selama ¼ jam, kemudian saring. Minum airnya saat dingin, tiga kali dalam sehari. Lakukan pengobatan ini dengan rutin hingga penyakit sembuh. Baca: 7 Cara mengobati diare dengan cepat dan alami.

2. Mengobati penyakit Eksim

Tanaman anyelir juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit eksim. Cara membuat, tumbuk seluruh bagian tanaman hingga hancur dan lumat. Terapkan pada area kulit yang menderita eksim.

3. Mengobati Pusing


Untuk meredakan sakit kepala dan pusing dengan cepat, gunakan cara alami. Caranya, cuci 10 gram bunga anyelir, kemudian dipotong-potong. Selanjutnya rendam bunga ini bersama 20 ml air panas selama 15 menit. Angkat dan saring airnya, segera minum selagi hangat.

4. Melancarkan kencing dan membersihkan darah

Cara membuat ramuannya cukup mudah, cukup dengan merebus tanaman anyelir yang telah dicuci kemudian saring dan minum airnya dengan rutin. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang bagus.


Arti warna bunga anyelir


Bagi sebagian orang, warna bunga anyelir memiliki arti khusus. Beberapa warna yang sangat disukai seperti merah, kuning, putih, ungu, dan pink. Bunga anyelir berwarna putih merupakan simbol kesetiaan dan cinta sejati, juga menunjukkan rasa syukur.

Warna pink berarti sulit untuk melupakan. Anyelir merah yang diberikan kepada seseorang, menunjukkan rasa kagum. Bunga teluki berwarna ungu bermakna sikap yang berubah-ubah. Jika wanita membawa bunga anyelir berwarna tegas, maksudnya adalah persetujuan atau penerimaan. Namun, jika wanita membawa bunga warna kuning dan bergaris, maka artinya adalah penolakan dan rasa kecewa.

Nah, itulah manfaat bunga anyelir untuk pengobatan dan kecantikan. Simak juga: 12 Manfaat teh krisan bagi kesehatan. Jika anda ingin menanam bunga ini, pastikan tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Gunakan pot bunga dan berikan pupuk, sirami setiap pagi atau sore hari. Selain taman menjadi makin indah, anda juga dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan dari bunga teluki ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "4 Manfaat Bunga Anyelir Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Post a Comment