10 Manfaat Daun Sembung Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan

Kini sehat - Tanaman obat sebenarnya banyak tersedia di sekitar kita, salah satunya adalah sembung. Tanaman ini memiliki nama latin Blumea Balsamifera, yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit ringan hingga berat. Daunnya sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit maag, gatal-gatal, dan beri-beri. Fakta ini tentunya tidak lepas dari sejumlah zat penting yang terdapat dalam tanaman ini.

10 Manfaat Daun Sembung Untuk Pengobatan
Daun sembung tergolong tanaman semak atau perdu yang tumbuh liar dan tersebar di berbagai wilayah. Tinggi tanaman ini mencapai 4 meter, daunnya bergerigi dengan bagian atas memiliki tekstur kasar sedangkan daun sebelah bawah sangat halus seperti beludru. Bunga sembung berwarna kuning yang keluar dari ujung cabangnya.

Kandungan daun sembung

Zat kimia yang terdapat di dalam daun sembung seperti limonene, tannin, cineole, borneol, pirokatechin, glikosida, limonene, asam palmitin, sesquiterpen, minyak atsiri, myristin, dan zat bergetah yang biasa digunakan untuk bahan pembuatan kapur barus.

Flavanol dalam tanaman ini memiliki sifat anti inflamasi dan diuretik, serta berguna untuk melawan kuman, menghangatkan tubuh, melancarkan aliran darah, mencairkan dahak, dan meluruhkan keringat.


10 Manfaat Daun Sembung Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan


Akar dan daun sembung segar ataupun kering, dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Khasiat daun sembung termasuk untuk mengobati gatal-gatal, bisul, batuk, sakit perut, bronchitis, nafsu makan menurun, nyeri haid, dan lainnya. Berikut ini adalah manfaat daun sembung untuk mengobati penyakit berat dan ringan:

1. Mengobati flu dan batuk

Kekebalan tubuh menurun sering membuat seseorang rentan terserang batuk dan pilek. Nah, untuk mengatasi masalah ini, gunakan daun sembung. Caranya, siapkan ¼ genggam daun sembung, ½ sdm adas, 1/3 genggam daun bayam berduri, 10 cm pulosari, dan ¼ genggam kayu angin. Setelah dicuci, rebus semua bahan bersama 4 gelas air hingga menyusut sebanyak 2 gelas. Minum airnya dengan rutin, 2 kali sehari hingga sembuh.

2. Mengobati gatal-gatal


Untuk menghilangkan gatal pada kulit, rebus 15 gram daun sembung yang telah dikeringkan selama beberapa menit. Minum airnya dengan rutin, setiap hari. Sedangkan untuk pengobatan luar, daun sembung yang telah direbus ditempelkan pada kulit yang timbul bisul atau nanah. Cara ini juga berlaku untuk mengatasi demam.

3. Mengobati diare

Bukan hanya daun jambu biji, ternyata diare juga dapat diobati dengan daun sembung. Caranya, rebus segenggam daun sembung ke dalam 3 gelas air sampai berkurang separuhnya. Tambahkan sedikit madu, minum airnya sebanyak 3 kali dalam sehari, masing-masing ½ gelas.

4. Mengobati penyakit beri-beri

Untuk mencegah beri-beri, cukupi kebutuhan vitamin B setiap hari. Sedangkan pengobatan beri-beri secara tradisional dapat digunakan ramuan herbal. Caranya, siapkan daun turi, daun sembung, dan daun legundi, masing-masing sebanyak ¼ genggam. Rebus semua bahan ini ke dalam 3 gelas air, masukkan juga 3 buah cabe jawa. Biarkan airnya berkurang setengah dari semula, dinginkan dan saring. Minum di pagi dan malam, masing-masing ¾ gelas.

5. Meredakan nyeri haid

Rasa nyeri saat menstruasi tentu sangat menyiksa. Cobalah untuk mengatasinya secara tradisional. Caranya, panaskan 5 biji kedaung dan 5 lembar daun sembung di atas api kecil. Setelah layu, haluskan kemudian rebus ke dalam 2 gelas air. Biarkan hingga airnya tersisa segelas  saja. Saring, minum airnya selagi hangat.

6. Meredakan sakit kepala karena sinusitis

Untuk mengurangi sakit kepala akibat radang pada rongga sinus, obati dengan metode tradisional. Caranya, panaskan daun sembung sebanyak 5 lembar, dengan api kecil. Tempelkan daun yang masih hangat pada dahi dan rahang anda, secara bergantian atau per lembar. Lakukan pengobatan setiap pagi dan malam hari.

7. Mengobati rematik

Rasa nyeri akibat rematik tentu sangat mengganggu aktivitas seseorang. Nah, jika anda menderita rematik, atasi dengan akar tanaman sembung. Caranya, siapkan 60 gram daun gandarusa dan 30 gram akar sembung. Setelah keduanya dicuci, rebus ke dalam 3 gelas air hingga airnya berkurang 2 gelas. Saring, kemudian minum airnya setelah agak dingin. Lakukan pengobatan ini di pagi dan sore hari, dengan dosis sebanyak ½ gelas.

8. Meningkatkan nafsu makan

Ketika anak anda kehilangan nafsu makan, gunakan daun sembung untuk mengatasi masalah ini. Caranya mudah, rebus 6 lembar daun sembung bersama 2 gelas air hingga airnya berkurang ½ gelas. Biarkan dingin, kemudian saring airnya. Tambahkan 2 sdm madu, kemudian minum airnya dengan rutin di pagi dan sore hari.

9. Mengobati penyakit maag

Untuk menyembuhkan tukak lambung, anda dapat menggunakan cara alami. Rebus 5 lembar daun sembung bersama 3 gelas air, hingga airnya tersisa ½ gelas saja. Tambahkan ¼ sdt garam, minum di pagi hari sebelum makan.

10. Mengobati nyeri akibat Aterosklerosis

Penyempitan pembuluh darah dapat menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Untuk meredakan nyeri, cobalah cara tradisional. Rebus ½ genggam daun sembung dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa ¾ gelas air. Saring, biarkan dingin. Tambahkan 2 sdm madu, kemudian minum 3 kali dalam sehari.

Nah, itulah 10 manfaat daun sembung untuk pengobatan penyakit berat dan ringan. Simak juga: 6 Manfaat bunga alamanda untuk pengobatan tradisional. Anda dapat menanamnya di kebun atau pekarangan. Jadi, tidak usah bingung dalam mencari obat ketika si kecil menderita sakit, atau keluarga dan tetangga anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Daun Sembung Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan"

Post a Comment