5 Manfaat Kunyit Putih Untuk Mengobati Penyakit Berat

Kini sehat, manfaat kunyit putih atau temu rapet mulai ramai dibicarakan oleh banyak orang. Bukan sekedar sebagai bumbu masakan saja, rempah yang satu ini memiliki beberapa manfaat yang luar biasa untuk pengobatan. Kegunaan dari rempah ini untuk kesehatan tubuh cukup signifikan, seperti untuk mengobati keputihan, bau badan, nyeri haid, bahkan untuk melawan kanker.

5 Manfaat Kunyit Putih Untuk Mengobati Penyakit Berat
Kunyit putih mempunyai rimpang bulat yang berwarna putih agak menguning, sekilas mirip dengan kencur. Umbi tanaman ini lebih kecil daripada kunir, dengan bintik atau corak mirip dengan jahe. Aroma rimpang dari rempah ini tidak jauh dari bau mangga kweni.

Kandungan kunyit putih

Beberapa senyawa kurkuminoid yang ditemukan dalam kunyit putih (Curcuma zedoaria) seperti kurkumin, desmetoksi-kurkumin, tumeron, bosdesmetoksi-kurkumin, keton, sesquiterpen, tumein, felander, sabinen, dan borneol. Kunyit putih mengandung nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, zat besi, vitamin C, kalsium, minyak atsiri, zat fosfor, pati, dan serat alami.

Menurut penelitian oleh Chan Minyi yang dituangkan dalam bukunya Anti Cancer Medical Herbs, kunyit putih sangat efektif untuk melawan kanker dan tumor. Fakta ini selaras dengan hasil studi oleh American Institute Cancer Report, yang mengumumkan bahwa temu rapet kaya akan antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan DNA, Ribosome Inacting Protein (RIP) yang melawan aktivitas kanker tanpa merusak sel sehat dan jaringan di sekitarnya, dan senyawa kurkuminoid yang bertindak sebagai anti-inflamasi.

Sifat farmakologi kunyit putih

Kunyit putih memiliki sejumlah efek farmakologis seperti stomakik (meningkatkan nafsu makan), anti neoplastik (menekan pertumbuhan sel kanker), dan anti peradangan. Sehingga rempah ini telah digunakan sejak lama, dalam pengobatan tradisional ala China.


5 Manfaat Kunyit Putih Untuk Mengobati Penyakit Berat


Masyarakat Jawa mengenal kunir putih sebagai rempah yang memiliki sifat diaforetik (peluruh keringat), dan penurun demam pada anak. Kunyit putih juga sering digunakan oleh suku dayak untuk mengobati keracunan makanan dan batuk darah. Berikut ini adalah beberapa manfaat temu rapet untuk pengobatan:

1. Mencegah kanker dan tumor

Kunyit putih efektif untuk mencegah kanker dan tumor, yang sering diderita oleh wanita. Kanker dapat dicegah dengan pola hidup sehat, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan, dan olahraga secara teratur. Selain itu, anda dapat menggunakan cara tradisional.


5 Manfaat Kunyit Putih Untuk Mengobati Penyakit Berat
Zat anti neoplastik dalam kunyit putih berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel yang tidak sehat dalam tubuh anda. Cara menggunakannya, ambil kunyit putih dan keladi putih. Rebus keduanya dengan air secukupnya. Biarkan mendidih selama beberapa saat. Setelah agak dingin, saring airnya dan minum dengan rutin.

2. Mengobati diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat disebabkan oleh factor keturunan, kegemukan, atau kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman manis. Jadi, solusi tepat untuk masalah ini adalah pola makan seimbang dan olahraga teratur. Untuk menurunkan kadar gula darah secara alami, kunyit putih cukup ampuh sebagai anti diabetes. Cukup dengan minum air rebusan kunyit putih dengan rutin, maka diabetes akan sembuh secara berangsur. Lakukan pengobatan dengan rutin.

Manfaat Kunyit Putih Untuk Mengobati Penyakit Ringan


3. Mengobati maag


Salah satu penyebab tukak lambung adalah pola makan yang buruk. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, anda dapat menggunakan kunyit putih. Potong-potong rimpangnya, setelah dicuci dengan air mengalir. Rebus bersama 500 ml air, hingga airnya tersisa 250 ml saja. Setelah airnya menjadi hangat, saring kemudian tambahkan madu murni. Minum ramuan ini di pagi dan sore hari, masing-masing 50 ml.

4. Mengatasi masuk angin

Selain jahe, kunir putih juga dapat mencegah dan meredakan masuk angin. Caranya, ambil 200 gram rimpangnya kemudian cuci dengan air yang mengalir. Kupas kulit luarnya, kemudian parut dan peras untuk mendapatkan sarinya. Rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih selama beberapa menit. Tambahkan madu murni, kemudian minum ramuan ini ketika airnya menjadi hangat.

5. Mengobati luka bakar

Kunir putih cukup berkhasiat untuk mengatasi luka bakar dan penyakit kulit lainnya. Cara membuat ramuannya tidak sulit. Pertama, parut atau tumbuk rimpang kunir putih. Campur dengan asam kawak dan minyak kelapa, untuk membuat teksturnya lebih lembut. Balurkan pada luka di kulit anda. Cara ini juga berlaku untuk mengatasi pembengkakan dan pegal linu.

Manfaat kunyit putih lainnya


Kunir putih juga membantu untuk mengobati anemia, penyakit kista, kencing tidak lancar, dan kulit kusam. Rempah ini juga sering digunakan sebagai pembersih bagi wanita pada masa nifas. Untuk mengharumkan bau nafas, cukup dengan menguyah rimpang secara langsung setelah dicuci dengan air bersih.

Catatan: Ibu hamil tidak dianjurkan untuk konsumsi kunyit putih. Jadi, pastikan anda berkonsultasi dengan dokter.

Nah itulah beberapa manfaat kunyit putih untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Anda dapat menanam rempah ini di pekarangan rumah untuk melengkapi tanaman obat yang anda miliki. Simak juga: 10 Manfaat kencur untuk pengobatan rumahan. Banyak obat alami ada di sekitar kita, jadi jangan disia-siakan.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Manfaat Kunyit Putih Untuk Mengobati Penyakit Berat"

Post a Comment