14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut yang tidak sedap tentu membuat rasa percaya diri akan hilang secara mendadak. Bukan hanya itu, nafas tak segar pastinya akan mengganggu orang di sekitar kita. Untuk mengetahui cara menghilangkan bau mulut secara permanen, maka anda harus mengetahui apa saja penyebab kondisi ini.

14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami
Bau mulut atau dalam istilah medis disebut halitosis tidak hanya disebabkan oleh jengkol, petai, atau bawang mentah yang baru saja disantap. Namun, masalah ini mungkin saja berkaitan dengan kesehatan mulut atau kebiasaan yang tidak sehat.

Penyebab bau mulut tak sedap

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bau nafas menjadi tidak sedap, seperti kondisi mulut yang tidak selalu bersih. Sisa makanan yang ada di dalam mulut merupakan media tepat bagi bakteri untuk berkembang.

Faktor berikutnya adalah penyakit tertentu, seperti sariawan atau gigi berlubang. Luka akibat sariawan dapat menimbulkan infeksi bakteri, yang dapat memicu bau mulut. Demikian pula gigi berlubang berakibat infeksi bakteri yang sangat merugikan kesehatan mulut, termasuk bau nafas menjadi tidak harum.

Faktor penyebab lainnya mungkin di luar dugaan anda. Apakah itu? Melewatkan sarapan dapat berakibat halitosis. Bakteri penyebab bau mulut dapat dibilas oleh air liur. Nah, ketika anda melewatkan sarapan di pagi hari, maka bakteri ini tidak hilang.


14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami


Supaya bau nafas menjadi segar dan aromanya harum, ada beberapa cara alami untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Berikut ini adalah cara cepat menghilangkan bau mulut secara alami:

1. Kunyah bubuk kopi


Biji kopi yang telah disangrai dan digiling menjadi bubuk merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan bau mulut dengan sangat cepat. Kunyah 1 sdt bubuk kopi hingga larut dalam mulut anda. Silahkan telan setelah bubuk terlarut, atau tambahkan gula pasir jika terlalu pahit.

2. Gunakan ketumbar

Untuk mengharumkan bau mulut, anda dapat menggunakan ketumbar. Caranya, rebus ketumbar selama beberapa menit kemudian minum airnya setelah agak dingin.

3. Kunyah beras

Mungkin terdengar aneh, dengan mengunyah beras tanpa memasaknya dapat menghilangkan bau mulut dengan cepat. Giling beras menggunakan gigi anda, hingga lembut. Tak usah ditelan, buang saja setalah beras menjadi lembut.

4. Minum teh hijau

Cara ampuh untuk mengusir bau mulut dengan minum secangkir teh hijau tiap hari. Senyawa catechin dalam teh hijau mampu mencegah plak dan membasmi bakteri yang melekat di mulut dan gigi anda.

5. Minum susu manis

Selain berguna untuk mengharumkan nafas, nutrisi dalam susu berguna untuk mematikan bakteri penyebab bau mulut dan mencegah kerusakan pada gigi. Jadi, minumlah susu manis dengan rutin di pagi hari dan sebelum tidur malam.

6. Gunakan kencur

Anda dapat membuat ramuan herbal untuk mengatasi bau mulut. Siapkan adas, kencur, daun sirih, dan pinang. Takaran untuk setiap bahan adalah 10 gram. Rebus empat bahan ini bersama ½ liter air hingga mendidih selama 5 menit. Biarkan airnya dingin, tambahkan madu atau gula aren untuk membuat rasanya manis. Minum sebelum tidur malam, dengan rutin 2 kali dalam seminggu.

7. Makan buah-buahan dan sayuran

Untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh sariawan, perbanyak makan buah-buahan terutama jeruk atau buah lain yang kaya akan vitamin C. Silahkan pilih sesuai selera anda, seperti apel, nanas, mangga, pisang, dsb. Sayuran juga dapat dikonsumsi untuk menumpas bakteri di mulut, seperti seledri, wortel, dll.

8. Lengkuas dan daun sirih

Agar bau mulut menjadi harum, anda dapat membuat obat kumur rumahan. Caranya, rebus daun sirih dan lengkuas bersama segelas air dan berkumur dengan airnya selagi hangat.

9. Jeruk nipis

Selain efektif sebagai obat batuk, ramuan jeruk nipis dan madu ternyata berguna untuk menyingkirkan bau mulut yang tak sedap. Belah jeruk nipis dan peras untuk mengambil airnya, kemudian tambahkan madu murni. Aduk keduanya dan minum ramuan ini setiap pagi dan malam hari.

10. Berkumur dengan air garam

Air garam berguna untuk menekan pertumbuhan bakteri di mulut dan membilasnya. Tambahkan garam ke dalam segelas air hangat, kemudian berkumur dengannya.

11. Gunakan kayu manis

Rempah ini juga efektif untuk menyegarkan nafas anda. Seduh sepotong kayu manis bersama segelas air panas, minum setelah airnya berubah menjadi hangat. Lakukan cara ini 2 kali dalam sehari.

12. Gosok gigi secara teratur

Anda dapat membersihkan gigi anda dengan pasta gigi berbahan siwak untuk mencegah plak dan karang gigi. Anda juga dapat menggunakan siwak secara langsung untuk membersihkan gigi. Gosok dengan sikat lembut dan lakukan dengan hati-hati untuk mencegah kerusakan.

13. Jauhi makanan berbau menyengat

Beberapa jenis makanan dapat menimbulkan bau mulut. Jadi, hindari semua makanan yang dapat menyebabkan nafas tidak wangi. Makanan yang dimaksud seperti jengkol, petai, dan sebagainya.

14. Gunakan benang gigi

Sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dapat membentuk plak, sehingga bakteri betah tinggal di sana. Benang gigi merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan sisa makanan di sela gigi anda.

Nah, itulah 14 cara menghilangkan bau mulut secara alami dan cepat. Jaga kebersihan mulut dan gigi anda untuk nafas yang segar. Bagaimana pun, nafas yang harum dan segar dapat menunjukkan kepribadian yang baik. Simak juga: Arti 7 warna lidah Bagi kesehatan anda!

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "14 Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami"

Post a Comment