9 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat

Apakah anda bingung mencari cara mengobati radang tenggorokan? Suara serak dan lemah akibat sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh bicara keras dalam durasi lama. Bahkan kondisi ini dapat berlanjut makin parah, tidak timbul suara saat bicara. Namun, radang tenggorokan tidaklah selalu disebabkan oleh gangguan pada pita suara akibat teriakan yang terus-menerus. Gangguan suara ini dapat menjadi indikasi adanya masalah kesehatan. Nah, untuk mengatasi penyakit ini, maka anda harus mengetahui faktor penyebab yang pasti.

9 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat
Radang tenggorokan menunjukkan adanya gangguan pada saluran pernapasan. Kondisi ini dapat dianggap sebagai penyakit ringan, tetapi dapat berlanjut ke masalah serius jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat.

Penyebab radang tenggorokan

Peradangan dapat terjadi pada pita suara atau dinding tenggorokan yang bengkak dan menebal. Faktor penyebab penyakit ini adalah infeksi virus coxsackie, atau bakteri streptococcus. Infeksi bakteri lebih berbahaya daripada virus, tetapi kasus ini jarang terjadi. Hanya sekitar 20 persen kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Terkadang, infeksi virus influenza juga berpotensi sebagai penyebab peradangan pada tenggorokan.

Bakteri streptococcus dapat terbawa oleh udara yang tercemar saat penderita batuk atau bersin. Bakteri ini juga dapat menular melalui makanan atau benda yang terinfeksi. Faktor penyebab lainnya seperti alergi, polusi udara, udara kering, batuk, pilek, sesak nafas, cacar air, atau campak.

Gejala radang tenggorokan

Penyakit ini ditandai dengan iritasi, suara serak, peradangan, batuk, rasa sakit saat menelan, dan gatal. Kelenjar getah bening di leher yang mengalami bengkak, dapat diketahui dengan warnanya yang berubah menjadi merah dan timbul bercak putih. Dengan membuka mulut penderita, tanda ini sangat jelas terlihat. Kadang disertai sakit kepala, demam, mual, nyeri sendi, dan kelelahan. Gejala terkadang mirip dengan penyakit lain.

Gangguan kesehatan ini banyak terjadi pada musim kemarau atau pancaroba. Daya tahan tubuh yang rendah rentan dengan kondisi ini.


9 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat


Penggunaan obat-obatan antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan tidak efektif dan kurang tepat. Alasannya adalah kuman lebih resisten terhadap antibiotik, sehingga penyakit lebih sulit untuk sembuh. Untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan. Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang dapat menyembuhkan radang tenggorokan:

1. Cengkih


Cengkeh merupakan bahan alami terbaik untuk mengobati radang tenggorokan. Ambil 3 sendok teh bubuk cengkih, seduh bersama segelas air hangat. Gunakan airnya untuk berkumur. Cengkih bersifat anti bakteri dan anti inflamasi, yang sangat efektif dalam meredakan radang tenggorokan.

2. Kunyit dan air garam

Cara paling efektif untuk mengobati sakit tenggorokan adalah ramuan kunyit. Seduh rimpang kunyit dan sedikit garam dengan segelas air hangat. Gunakan airnya untuk berkumur dan diminum.

3. Teh chamomile

Dengan minum teh chamomile hangat yang dicampur dengan madu murni, dapat meredakan peradangan pada tenggorokan.

4. Daun Kemangi

Radang tenggorokan dapat diobati dengan kemangi. Caranya, rebus segenggam daun kemangi bersama 2 gelas air. Biarkan mendidih selama beberapa saat. Selagi air masih hangat, berkumur dengannya.

5. Teh jahe

Caranya cukup dengan mencampur teh hijau dengan wedang jahe. Minum selagi airnya hangat.

6. Lemon dan madu murni

Obat rumahan yang ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan adalah air lemon. Tuangkan 1 sdm air lemon dan 1 sdm madu ke dalam secangkir air hangat. Madu memiliki sifat antibiotik alami. Sedangkan lemon dapat melawan aktivitas kuman.

7. Bawang putih

Senyawa allicin dalam bawang putih memiliki sifat anti bakteri. Untuk mengobati radang tenggorokan dengan cepat, kunyah bawang putih yang masih mentah kemudian telan airnya.

8. Uap panas

Obat tradisional untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah uap panas. Letakkan panci berisi air panas di hadapan anda. Tututpi kepala anda dengan handuk bersih, supaya uap tidak menyebar. Hirup uap panas melalui hidung dan mulut anda.

9. Buah belimbing

Buah belimbing bersifat anti-radang yang efektif untuk mengobati radang tenggorokan. Haluskan 100 gram buah belimbing manis ke dalam blender berisi air matang. Minum jus belimbing di pagi dan sore hari.

Nah, itulah 9 cara mengobati radang tenggorokan secara alami dan cepat. Selain cara di atas, penderita disarankan untuk istirahat cukup dan sering minum air putih. Jika penyakit tidak segera sembuh pada waktu yang lama, segera konsultasi dengan dokter. Simak juga: 7 cara mengobati radang amandel tanpa operasi. Semoga artikel ini membantu anda yang mengalami sakit tenggorokan.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami dan Cepat"

Post a Comment