10 Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan dan Kecantikan

Manfaat daun bandotan untuk kesehatan, memang luar biasa. Mulai dari penyakit ringan seperti influenza, hingga penyakit berat seperti tumor rahim dapat diobati dengan ramuan daun bandotan. Menakjubkan bukan? Tidak hanya itu, dalam dunia kecantikan ternyata daun bandotan berguna untuk merawat rambut yang rusak. Nah, bagaimana cara membuat ramuan tradisional menggunakan daun ini?

10 Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Ciri-ciri tanaman Bandotan

Nama ilmiah untuk tanaman bandotan adalah Ageratum conyzoides, sering juga disebut daun tombak. Orang Cina menyebutnya dengan Sheng hong ji. Daun tombak memiliki tangkai yang bersilang dan berhadapan satu sama lainnya, jadi termasuk tanaman komposit. Bentuk daunnya hampir oval dengan pangkal cenderung bulat dan ujungnya lancip.

Batang pohon berbentuk bulat dengan rambut yang menjuntai ke bawah. Jika rambut ini bersentuhan dengan tanah, akan muncul akar darinya. Bunga bandotan berwarna putih keungu-unguan, dengan bentuk malai dan muncul dari ujung tangkainya.

Tanaman bandotan memiliki buah berwarna hitam dengan bentuk kecil. Tinggi pohon dapat mencapai 30-90 cm, tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun tinggi. Tanaman liar ini cocok berada di iklim tropis maupun subtropis. Ciri khas daun bandotan adalah tekstur permukaan daun yang kasar.

Kandungan bandotan

Bunga dan daun tombak mengandung polifenol, flavonoida, dan saponin. Beberapa senyawa penting yang ada di dalam daunnya termasuk tannin, asam amino, kumarin, minyak atsiri, organacid, agerato kromin, pectic substance, friedelin, sulfur, stigmasterol, potassium klorida, beta sitosterol. Akarnya mengandung alkalooida, minyak atsiri, dan kumarin.


10 Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan dan Kecantikan


Daun bandotan memiliki efek farmakologis seperti stimulan, antitoksik, anti-peradangan, antipiretik, emenagog, hemostatik, diuretik, dan kaiminatit. Selain berguna sebagai insektisida alami, daun bandotan dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit di bawah ini:

1. Melawan influenza dan malaria


Infeksi virus yang terjadi pada penderita flu dan malaria dapat diobati dengan bandotan. Rebus 60 gram daun tombak dengan dua gelas air hingga tersisa segelas saja. Minum airnya setelah agak dingin, dua kali sehari.

2. Mengobati radang telinga

Atasi radang telinga dengan cara mudah. Tumbuk daun dan batang bandotan, peras untuk mendapatkan airnya. Gunakan airnya sebagai obat tetes untuk telinga yang sakit. Tuangkan 2 tetes airnya ke lubang telinga anda, 4 kali dalam sehari. Baca juga: 7 nutrisi untuk menajamkan pendengaran.

3. Mengatasi memar dan sariawan

Daun bandotan efektif untuk menyembuhkan sariawan, pendarahan rahim, dan sariawan. Rebus 15 gram tanaman tombak bersama 2 gelas air hingga susut segelas. Minum airnya saat dingin, dua kali dalam sehari.

4. Mengobati eksim

Daun bandotan juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit seperti eksim. Tumbuk tanaman tombak hingga lumat, terapkan pada area kulit yang terkena eksim. Balut dengan perban, ganti 3 kali dalam sehari.


10 Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan dan Kecantikan
5. Mengatasi tumor rahim

Zat aktif dalam tanaman bandotan juga berguna untuk melawan tumor rahim. Caranya, rebus 50 gram tanaman ini bersama 3 gelas air sampai susut 2 gelas. Minum dengan rutin setiap hari. Anda juga dapat minum air yang didapatkan dari tumbukan daunnya.

6. Mengatasi bisul dan borok

Untuk menyembuhkan luka berborok dan bisul, gunakan ramuan alami. Caranya, Siapkan daun bandotan, sedikit garam, dan satu kepalan nasi basi. Tumbuk semua bahan sampai halus, balurkan pada kulit yang bermasalah kemudian balut dengan kain kasa.

7. Obat untuk sakit tenggorokan

Seseorang tentu merasa terganggu saat tenggorokan menderita nyeri. Nah, atasi dengan cara tradisional. Cara pertama, tumbuk 40 gram daun tombak sampai lembut. Peras dan saring untuk mengambil airnya. Tambahkan air dari gula batu kemudian aduk hingga merata. Minum di pagi, siang, dan malam hari.

Cara kedua, jemur daun bandotan di bawah sinar matahari sampai kering. Giling hingga menjadi bubuk. Tiup bubuk ini, kenakan anginnya pada tenggorokan anda.

8. Meredakan mulas dan perut kembung

Aktivita harian menjadi tak nyaman ketika rasa mulas menyerang, atasi dengan bandotan. Potong-potong buah tombak, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum airnya dengan segera.

9. Meredakan bengkak karena rematik dan keseleo

Untuk mengatasi bengkak akibat rematik atau keseleo, buatlah ramuan herbal. Cara membuatnya sama dengan ramuan untuk mengatasi bisul. Biarkan selama 2 jam, kemudian buka kain kasa. Lakukan cara ini di pagi dan sore hari.


Manfaat Daun Bandotan Untuk Kecantikan


10. Merawat rambut yang rusak

Tidak harus pergi ke salon kecantikan, ketika rambut anda mengalami kerusakan. Gunakan cara tradisional saja. Caranya, tumbuk tanaman bandotan hingga menjadi pasta lembut. Aplikasikan pada rambut anda, tutup dengan handuk kering. Biarkan selama 3 jam, cuci rambut anda dengan shampo biasa. Simak juga: 11 Cara menebalkan rambut dengan bahan tradisional!

Nah, itulah 10 manfaat daun bandotan untuk kesehatan dan kecantikan. Kini, anda punya alasan untuk memindahkan tumbuhan liar ini ke dalam pot-pot di taman bunga. Sehingga anda makin sehat dengan cara alami.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Bandotan Untuk Pengobatan dan Kecantikan"

Post a Comment