11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan

Kini sehat - Banyak orang mengabaikan manfaat daun beluntas bagi kesehatan. Padahal, tanaman beluntas dapat digunakan untuk mengobati penyakit ringan dan berat. Daun beluntas memiliki sejumlah efek farmakologis, sehingga mampu mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti keputihan, bau mulut, dan gejala reumatik. Lebih dari itu, daun beluntas juga sering digunakan untuk pengobatan tuberculosis secara tradisional.

11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan
Beluntas merupakan tanaman semak, yang dapat tumbuh dengan baik tanpa budidaya. Anda dapat menanam beluntas dengan metode stek, sehingga pagar rumah anda terbuat dari tanaman obat.

Ciri-ciri daun beluntas

Nama latin untuk tanaman beluntas adalah Pluchea indica, tergolong ke dalam famili Compositae. Tanaman ini mudah dikenal karena tekstur daunnya yang khas, aroma daun yang sengir, dan rasanya yang getir. Ciri khas dari tanaman ini adalah batangnya yang memiliki banyak cabang dengan daun yang rimbun. Warna daunnya hijau saat muda, dan akan memudar saat tua. Daun ini memiliki tekstur kasar pada permukaan bawah, sedangkan bagian atas lebih halus. Tepi daunnya memiliki banyak ujung yang runcing. Panjang daunnya sekitar 4-6 cm.

Kandungan daun beluntas

Sejumlah vitamin penting tersedia di dalam daun beluntas, seperti vitamin A, C, dan asam amino. Daun beluntas juga mengandung mineral penting seperti kalsium, zat fosfor, natrium, dan magnesium. Senyawa penting yang terdapat di dalamnya termasuk flavonoid, alkaaloida, tannin, dan minyak atsiri.

Daun beluntas memiliki efek farmakologis, yang dapat digunakan untuk pengobatan penyakit tertentu. Tanaman ini memiliki sifat anti bakteri, serta efek stomakik yang berguna untuk menambah nafsu makan.


11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan


Secara tradisional, biasanya daun beluntas digunakan untuk menghilangkan bau badan, meredakan demam, mengobati diare, batuk, dan penyakit kulit tertentu. Berikut ini adalah manfaat daun beluntas untuk mengobati penyakit berat dan ringan:

1. Mengobati TBC pada kelenjar leher

Untuk mengatasi TBC secara tradisional, tumbuk daun dan batang beluntas hingga lumat atau diekstrak. Campur bahan alami ini dengan rumput laut dan ekstrak gelatin dari kulit sapi. Semua bahan dikukus sampai teksturnya lembut. Ramuan ini dapat dikonsumsi dengan rutin setiap hari, hingga penyakit sembuh.

2. Mengobati rematik


Untuk meredakan nyeri akibat reumatik, rebus 15 gram akar beluntas atau segenggam daunnya bersama segelas air bersih. Biarkan airnya mendidih selama beberapa saat, minum airnya setelah agak dingin. Lakukan cara ini dengan teratur, setiap hari sampai sembuh.

3. Mengatasi bau badan dan bau mulut

Bau badan tentu menjadi masalah serius bagi seseorang yang menderitanya. Demikian pula dengan bau mulut. Kedua gangguan ini dapat diobati dengan cara tradisional. Daun beluntas sangat efektif untuk menghilangkan bau badan, sehingga aroma tubuh anda lebih harum dan segar. Caranya, cukup dengan makan daun beluntas segar yang dicuci sebelumnya. Selain sebagai lalapan, anda juga dapat mengkonsumsi beluntas sebagai sup.

4. Meredakan pegal linu

Untuk mengurangi rasa pegal-pegal dan capek, gunakan daun beluntas. Caranya tidaklah sulit, minum air rebusan daun beluntas dengan rutin sebanyak 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati keputihan

Banyak wanita menderita keputihan, pra menstruasi dan sesudahnya. Untuk mengatasi masalah keputihan, cobalah cara tradisional. Ambil 20 lembar daun beluntas dan akar tanaman tapak liman. Rebus keduanya bersama 2 gelas air sampai mendidih. Biarkan hingga airnya tersisa segelas saja. Minum airnya dengan rutin di pagi dan malam hari. Cara ini diyakini mampu untuk mengobati keputihan dengan cepat.

6. Mengatasi perut kembung

Gas yang terjebak di dalam lambung dapat menyebabkan perut kembung. Untuk mengeluarkan gas tersebut, gunakan daun beluntas. Caranya dengan merebus segenggam daun beluntas bersama dua gelas air. Biarkan hingga air mendidih, kemudian angkat. Setelah airnya hangat, segera minum sampai habis.

7. Meredakan nyeri pinggang

Salah satu gangguan kesehatan yang sering mengganggu rutinitas seseorang adalah nyeri pinggang. Untuk mengatasi masalah kesehatan ini, gunakan obat tradisional. Rebus segenggam daun beluntas dengan air bersih secukupnya. Biarkan mendidih selama beberapa menit. Minum airnya dengan rutin setiap hari, setelah air menjadi dingin.


11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengobati Penyakit
8. Mengatasi gangguan pencernaan

Untuk meredakan gangguan pencernaan pada anak, sediakan 10 lembar daun beluntas kemudian cuci dengan air dan ditumbuk hingga lumat. Campur dengan bubur nasi, kemudian berikan kepada anak anda.

9. Mengobati nyeri haid

Nyeri saat menstruasi tentu sangat menyiksa bagi sebagian wanita. Obati gangguan ini dengan daun beluntas. Dengan minum air rebusan dari daun ini, dapat mengurangi nyeri menstruasi.

10. Menurunkan demam

Untuk mengobati demam pada anak, siapkan 15 gram daun beluntas. Rebus dengan segelas air hingga mendidih. Berikan kepada anak anda untuk diminum selagi airnya hangat.

11. Melawan infeksi bakteri

Penelitian oleh Davis Stout menunjukkan bahwa daun beluntas efektif untuk melawan berbagai jenis bakteri pathogen seperti E. coli, Bacillus cereus, dan staphylocossus eureus. Untuk mencegah keracunan makanan akibat infeksi bakteri, cukup dengan menggunakan ekstrak daun beluntas.

Nah, itulah 11 manfaat daun beluntas untuk mengobati penyakit berat dan ringan. Simak juga: 12 Manfaat teh krisan bagi kesehatan! Lakukan pengobatan dengan rutin hingga keluhan berkurang atau hilang. Tanaman ini sering digunakan sebagai pagar rumah, mungkin anda berminat untuk menanamnya di pekarangan rumah?

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Manfaat Daun Beluntas Untuk Mengobati Penyakit Berat dan Ringan"

Post a Comment