15 Manfaat Blustru Untuk Pengobatan Tradisional

Manfaat blustru untuk kesehatan belum diketahui oleh banyak orang. Pada umumnya tanaman ini hanya dibiarkan merambat sebagai pagar rumah, atau tumbuh di pinggir sungai dan pantai. Padahal, bunga blustru berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit, termasuk wasir dan sinusitis. Banyak lagi manfaat kesehatan yang didapatkan dari tanaman liar ini.

15 Manfaat Blustru untuk Pengobatan Tradisional
Ciri-ciri tanaman blustru

Blustru merupakan tanaman terna yang tumbuh menjalar dengan sulur-sulur yang muncul dari ketiak daunnya. Letak daun blustru saling berseling dengan bentuk oval agak bulat dan berlekuk, warnanya hijau.

Bunga blustru berwarna kuning dan buahnya tergeletak di permukaan tanah atau menggantung di udara, bentuknya bulat silindris dan memanjang. Diameter buah ini sekitar 5-10cm dengan panjang mencapai 50 cm, warnanya coklat saat matang.

Biji blustru berbentuk pipih dan pinggirnya mirip sayap, warnanya hitam dengan permukaan licin. Buahnya yang masih muda dapat dikonsumsi sebagai sup dan pucuk daun dapat ditambahkan bersama gulai.

Nama ilmiah untuk blustru adalah Luffa cylindrica dan tergolong ke dalam famili Cucurbitaceae. Hampir setiap bagian dari tanaman ini memiliki rasa manis dan menyejukkan, kecuali akarnya pahit.

Kandungan blustru

Buah blustru mengandung luffein (zat pahit), cucurbitacin, dan citrulline. Bijinya mengandung protein, minyak lemak, a-spinasterol, squalene, dan cucurbitacin B. Getahnya mengandung vitamin B dan C, saponin, lemak, xylan, dan protein.

Batang pohon dan daunnya mengandung tannin dan saponin. Bunga blustru mengandung asam aspartat, glutamin, lisin, alanin, dan arginin. Sabut dalam buahnya mengandung mannosan, xylan, galactan, xylose, saponin, galaktosa, selulosa, manitosa, dan vitamin A, vitamin B dan C.


15 Manfaat Blustru untuk Pengobatan Tradisional


Daun blustru bersifat diuretik, anti-inflamasi, emetik, antelmintik (membasmi cacing perut), laktagoga, dan pencahar ringan. Akarnya memiliki sifat anti-radang, batangnya berguna untuk melancarkan aliran darah. Sabut blustru berkhasiat sebagai analgesik (meredakan nyeri), dan anti-rematik. Nah, berikut ini manfaat daun blustru untuk pengobatan:

1. Mengobati bisul


Seseorang yang menderita bisul di kulitnya, tentu merasa malu dan tersiksa dengan nyeri di bagian tubuh yang timbul bisul tersebut. Untuk membuat bisul lebih cepat matang, gunakan cara tradisional. Bahkan, cara ini bekerja terhadap bisul yang tidak sembuh dalam waktu lama.

Siapkan akar blustru, cuci dengan air mengalir. Rebus bersama 3 gelas air hingga tersisa segelas saja. Cuci bisul dengan airnya yang masih hangat. Ulangi cara ini setiap hari, hingga bisul pecah dengan sendirinya.

2. Mengatasi haid yang tidak teratur

Menstruasi tidak teratur merupakan masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita. Untuk mengatasinya, gunakan cara tradisional. Ambil 4 jari buah blustru, cuci kemudian parut. Tambahkan sedikit garam dan ½ cangkir air masak, remas. Campur semua bahan, peras dan saring. Minum airnya, 3 kali sehari.

3. Mengatasi sesak nafas

Beberapa penyebab sesak nafas termasuk batuk rejan, tersedak, saluran nafas tersumbat, keracunan karbon monoksida, bronkiektasis, dll. Untuk melonggarkan nafas, petik selembar pucuk daun blustru. Panaskan di atas api kecil hingga layu, kemudian makan daun ini sebagai lalapan. Lakukan cara ini di pagi dan sore hari.


15 Manfaat Blustru untuk Pengobatan Tradisional
4. Meredakan sakit pinggang

Pegal dan linu pada pinggang tentu mengganggu aktivitas seseorang, obati sakit pinggang dengan cara alami. Siapkan segenggam biji blustru, goreng dengan wajan tanpa minyak (disangrai/gongseng). Angkat setelah biji menjadi hangus, kemudian giling hingga berubah menjadi bubuk. Masukkan bubuk ini ke dalam botol kosong.

Untuk menggunakan ramuan ini, ambil 10 gram bubuk tersebut dan tambahkan sedikit air. Aduk dan biarkan mengendap, minum airnya. Balurkan ampasnya pada pinggang yang terasa sakit.

5. Mengobati batuk

Bunga blustru dapat digunakan untuk meredakan batuk bandel. Caranya, rebus 15 gram bunga blustru bersama 3 gelas air hingga mendidih beberapa saat. Tambahkan madu murni, minum saat airnya hangat. Penting dipelajari: 11 cara mengobati batuk berdahak dan kering secara alami.

6. Meredakan migrain

Sakit kepala sebelah tentu sangat menyiksa penderita. Blustru dapat mengatasi migraine, tanpa menimbulkan rasa kantuk dan jantung berdebar. Ambil akar blustru sebanyak 150 gram. Cuci dengan air bersih, kemudian potong- potong akarnya. Rebus bersama 3 gelas air, tambahkan 2 telur itik. Biarkan mendidih dan air tersisa segelas saja. Setelah airnya menjadi dingin, silahkan minum. Makan telurnya sampai habis.

7. Mengobati wasir

Penyakit wasir disebabkan oleh pola makan yang buruk. Atasi penyakit ini dengan mengubah pola makan dan gaya hidup. Jadi, jalani gaya hidup yang sehat. Selain itu, untuk mengatasi wasir secara tradisional, anda dapat menggunakan blustru.

Caranya, iris-iris segenggam daun blustru, kemudian rebus dengan 8 liter air selama sekitar 10 menit. Langkah selanjutnya, penderita wasir harus berendam di dalam air tersebut saat airnya masih hangat. Cara ini harus diulangi setiap hari sampai wasir sembuh.

Manfaat Daun Blustru lainnya


Daun blustru juga efektif untuk mengatasi amenore,  orkitis, kurap, luka bakar, dan  digigit ular. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati kaki bengkak (edema), batu ginjal, dan penyakit cacingan. Akar tanaman blustru efektif untuk mengatasi mastitis. Tangkai buahnya mampu untuk mengobati cacar air pada anak-anak.

Kulit buahnya berguna untuk menyembuhkan luka dan abses daerah rektum. Bunga blustru juga berkhasiat untuk meredakan sinusitis. Sabut blustru berguna untuk meredakan rematik sendi dan batuk berdahak, sedangkan arangnya dapat menghentikan perdarahan seperti urin berdarah.

Nah, itulah 15 manfaat blustru untuk kesehatan dan pengobatan. Jadi, biarkan tanaman ini merambat di pagar rumah anda atau budidayakan di pekarangan rumah. Simak juga: 9 manfaat Bidara Laut untuk kesehatan dan kecantikan. Sehingga anda tidak mengalami kesulitan saat mencari obat untuk mengatasi penyakit yang menyerang.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Manfaat Blustru Untuk Pengobatan Tradisional"

Post a Comment