17 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat buah jeruk bagi kesehatan memang luar biasa. Buah jeruk selalu tersedia sepanjang hari di berbagai penjuru dunia. Hal ini tentunya memudahkan bagi anda untuk mendapatkan manfaatnya, termasuk untuk kecantikan kulit dan rambut. Nutrisi dan antioksidan kuat di dalamnya dibutuhkan oleh tubuh kita untuk melawan berbagai radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel sehat, serta berguna untuk mengobati penyakit ringan hingga berat.

17 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Buah jeruk sangat familiar bagi semua orang. Ingatan seseorang terhadapnya sangat kuat. Ketika anda menderita sariawan, apa yang terbesit di fikiran anda? Saat anda merasakan mual disebabkan hentakan kendaraan yang sedang melaju, apa yang ada di dalam benak anda? Jawabannya adalah jeruk! Ya, ternyata buah super ini memang tidak jauh dari anda.

Buah jeruk sering dikonsumsi secara langsung, diminum sebagai jus segar, atau ditambahkan bersama bahan makanan lainnya. Pastinya, anda dapat membayangkan rasanya yang manis bercampur sedikit masam.

Tanaman jeruk tergolong ke dalam marga citrus dari suku rutaceae. Buah ini memiliki berbagai varietas dengan ciri khas berbeda antara satu dan lainnya. Namun, kandungan gizi di dalamnya secara umum tidaklah jauh berbeda.

Kandungan buah jeruk

Mungkin nutrisi jeruk yang paling dikenal oleh banyak orang adalah vitamin C. Bukan hanya itu, buah jeruk ternyata mengandung vitamin lain seperti vitamin B1, B2, betakaroten, dan niacin.

Aroma harum yang timbul dari buah ini berasal dari terpenoid dan beberapa flavonoid di dalamnya. Buah jeruk juga mengandung kalium, protein, kalsium, karetonoid, fruktosa, flavonoida, zat fosfor, limonoida, gula, polyfenol, zat besi, karbohidrat, dan serat.


17 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Adanya zat penting dan antioksidan dalam buah jeruk, sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat buah jeruk untuk tubuh kita:

1. Meningkatkan imunitas

Vitamin C yang dikandung oleh jeruk mampu memacu produksi sel darah putih, salah satu bagian dari sistem imunitas tubuh. Vitamin C juga memiliki sifat antioksidan kuat yang menangkal radikal bebas. Vitamin ini juga membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan berenergi sepanjang hari.

2. Mencegah risiko kanker


Limonoid yang terdapat di dalam jeruk dapat mengurangi risiko kanker kulit, lambung, paru-paru, dan usus besar. Hasil studi di Jepang menunjukkan bahwa karotenoid dalam jeruk mandarin efektif dalam mencegah kanker hati. Manfaat ini tentunya didapatkan dengan konsumsi buah ini dengan rutin.

3. Menurunkan kolesterol jahat

Buah jeruk adalah obat alami bagi penderita kadar kolesterol tinggi. Serat yang melimpah di dalamnya mampu mengikat kolesterol jahat. Selain itu, hesperidin dan pectin dalam jeruk efektif untuk menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL). Baca juga: 13 makanan yang mampu menurunkan kolesterol.

4. Mencegah pembentukan batu ginjal

Dengan rutin minum jus jeruk dapat menghindari terbentuknya batu ginjal. Tetapi hindari konsumsi secara berlebihan, karena kadar gula tinggi di dalamnya dapat menyebabkan gigi mudah berlubang.

5. Menyehatkan jantung

Istilah medis untuk detak jantung yang tidak beraturan adalah kardiak aritmia. Nah, kondisi ini dapat diatasi dengan makan buah jeruk setiap hari. Khasiat jeruk ini disebabkan oleh mineral penting dalam buah jeruk, terutama kalium. Kandungan kalium ini juga terdapat di dalam buah pisang.

6. Mencegah konstipasi

Buah jeruk diperkaya dengan serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit dan sulit berak.

7. Melawan infeksi bakteri dan virus

Studi ilmiah mengungkapkan bahwa polifenol dalam buah jeruk berkhasiat untuk memerangi serangan virus yang masuk ke dalam tubuh kita.

8. Menjaga kesehatan mata

Buah jeruk dilengkapi dengan karotenoid yang akan diubah di dalam tubuh kita, menjadi vitamin A. Seperti anda ketahui, vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga retina.

9. Aman bagi penderita diabetes

Fruktosa dalam buah jeruk merupakan gula alami yang tidak berbahaya bagi penderita diabetes. Jeruk tergolong ke dalam buah-buahan dengan indeks glikemik yang rendah. Dengan makan buah jeruk, penderita dapat memenuhi kebutuhan gula harian, sehingga menjaga kadar gula darah tetap normal.

10. Mengontrol tekanan darah

Adanya beberapa mineral seperti kalium, magnesium, dan hesperidin yang terdapat dalam buah jeruk berperan untuk menstabilkan tekanan darah. Manfaat ini dikuatkan oleh flavonoid yang terdapat didalamnya.

11. Mengatasi sariawan

Jeruk merupakan solusi terbaik untuk mengobati sariawan, yang pada umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

12. Menambah nafsu makan

Ketika anak anda kehilangan nafsu makan, berikan buah jeruk untuk dikonsumsi. Aromanya yang segar dapat membangkitkan selera makan.

13. Menenangkan radang sendi dan otot kaku

Buah jeruk baik untuk dikonsumsi oleh penderita patah tulang pada masa pemulihan, yang sedang menjalani fisioterapi. Hal ini berguna untuk mempercepat proses pemulihan, serta meredakan otot kaku.

14. Menyehatkan otak

Asam folat dalam buah jeruk sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak, dan mendukung perkembangan otak pada anak-anak.

15. Mencegah stres

Ekstrak jeruk digunakan sebagai pengharum ruangan. Aromanya yang menenangkan dapat menimbulkan efek rileksasi, sehingga berguna untuk menenangkan suasana hati.


Manfaat Buah Jeruk Bagi Kecantikan


16. Mengontrol berat badan

Serat dalam buah jeruk dapat mengakibatkan kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan yang dapat memicu kegemukan. Karbohidrat sehat dalam buah ini tidak menaikkan berat badan anda.

17. Mencegah kerusakan kulit

Buah jeruk kaya akan betakaroten, yaitu antioksidan yang berguna untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Mikro nutrien ini juga bermanfaat untuk melindungi kulit anda dari penuaan dini.

Nah, kini anda mengetahui 17 manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan. Anda dapat menikmati buah ini bersama pudding atau jus segar. Simak juga: 12 manfaat buah anggur bagi kesehatan! Semoga tetap sehat dan cantik.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "17 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment