15 Manfaat Bunga Pukul Empat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pemberian nama untuk bunga pukul empat didasarkan pada waktu mekarnya bunga ini. Cahaya matahari ketika sore hari menyebabkan kembang pukul empat mekar begitu indah dan cantik. Mirabilis jalapa adalah nama ilmiah untuk bunga ini, di mana ada segudang manfaat kesehatan di balik akarnya yang manis dan bagian tanaman lain yang mengandung zat aktif.

15 Manfaat Bunga Pukul Empat Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Bunga pukul empat berasal dari Amerika selatan, dengan beberapa variasi warna seperti merah, jingga, kuning, dan putih. Tanaman ini tergolong ke dalam keluarga Nyctaginaceae. Orang China menyebutnya Zi mo li, sedangkan di Inggris bunga ini disebut marvel of peru.

Ciri-ciri bunga pukul empat

Bunga hias ini sering juga digunakan sebagai pagar rumah. Tinggi tanaman sekitar 25-75 cm. Bentuk bunga mirip dengan terompet, buahnya berwarna hitam dan bentuknya oval dengan tekstur yang keras. Umbi tanaman ini memiliki kulit berwarna coklat agak hitam, bentuknya agak bulat dan lonjong dengan panjang sekitar 8 cm, dan rata-rata garis tengahnya 4 cm.

Bunga pukul empat dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dan tinggi, yang mendapatkan cukup cahaya matahari. Bentuk daunnya menyerupai jantung, warnanya hijau tua.

Kandungan kembang pukul empat

Akar tanaman ini mengandung zat kimia seperti trigonelline dan betaxanthins. Akar ini memiliki sifat sejuk dan rasanya manis. Daunnya memiliki senyawa penting seperti flavonoida, tannin, dan saponin. Sedangkan buahnya memiliki asam lemak dan zat tepung.

Bunga pukul empat memiliki sifat anti inflamasi, diuretik , maturatif, dan melancarkan sirkulasi darah. Sehingga efek farmakologis dari tanaman ini efektif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan.


15 Manfaat Bunga Pukul Empat Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Adanya beberapa senyawa dan zat kimia dalam bunga pukul empat, membuatnya layak disebut sebagai tanaman obat. Beberapa penyakit yang dapat diobati olehnya seperti diabetes, radang sendi akut, tonsillitis, radang kelenjar prostat, cyluria, bisul, keputihan, jerawat, beri beri, dll. Berikut ini adalah cara untuk membuat ramuan menggunakan bunga pukul empat, untuk mengatasi penyakit berat dan ringan:

1-3. Mengobati batu ginjal, batu empedu, dan diabetes

Gunakan cara alami untuk mengatasi tiga jenis penyakit ini. Siapakan kembang pukul empat dan daun kejibeling, masing-masing sebanyak 30 gram. Rebus dengan 500 ml air sampai menyusut seperuh dari semula. Minum airnya setelah dingin, dengan teratur sampai sembuh.


15 Manfaat Bunga Pukul Empat Bagi Kesehatan dan Kecantikan
4. Mencegah kanker

Sediakan 30 gram rumput mutiara dan 60 gram umbi kembang pukul empat. Rebus keduanya dengan air bersih selama 180 menit, gunakan api kecil dan kuali tanah. Saat air masih hangat, minum dengan rutin.

5. Mengatasi radang sendi akut

Untuk mengobati radang sendi, ambil 50 gram akar tanaman ini dan rebus bersama 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas saja. Akar ini dapat diganti dengan 30 gram bunga pukul empat. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum di pagi dan malam hari.

Jika penderita mengalami kenaikan suhu tubuh atau badannya panas, tambahkan tofu ke dalam ramuan. Jika tubuh penderita menggigil, tambahkan kikil sapi saat merebus ramuan. Kedua makanan ini dapat dimakan setelah direbus.

6. Mengatasi disentri


Untuk mengobati disentri secara alami, anda dapat menggunakan bunga pukul empat. Caranya, siapkan 30 gram daun patikan kebo (Euphorbia hirta L.) dan 45 gram akar kembang pukul empat. Rebus keduanya bersama 500 ml air, hingga tersisa separuhnya. Setelah air disaring, minum dengan rutin setiap hari hingga sembuh.

7. Mengobati prostatitis

Bunga pukul empat juga efektif untuk mengatasi bengkak pada kelenjar prostat. Sediakan 30 gr kembang pukul empat, 70 gr buah semangka (bagian berwarna putih saja), dan 30 gr daun sambiloto. Rebus semua bahan bersama 800 ml air, sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum ramuan ini selagi hangat.

8. Mengobati keputihan (Leucorrhoea)

Jemur akar tanaman ini sampai kering. Ambil 30 gram akar kering, rebus dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah airnya dingin, minum di pagi dan sore hari masing-masing segelas.

9. Mengobati batuk darah (hemoptysis)

Haluskan 30 gram bunga pukul empat ke dalam blender yang berisi air secukupnya. Minum jus sehat ini dengan madu murni.

10. Mengobati difteri

Sediakan 30 gram daun sambiloto dan 60 gram akar kembang pukul empat. Rebus dengan air secukupnya, hingga mendidih selama beberapa saat. Setelah dingin, minum airnya dengan rutin setiap hari.

11. Mengobati infeksi saluran kencing

Rebus 30 gram daun meniran dan 25 gram akar kembang pukul empat, bersama 500 ml air hingga susut setengahnya. Minum airnya setelah agak dingin, dengan rutin sampai sembuh.

12. Mengobati memar, luka koreng, dan eksim

Caranya dengan menumbuk bunga pukul empat, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang bermasalah. Cara lainnya dengan mencuci luka dengan air rebusan dari daun tanaman ini.

13. Mengobati Maag

Siapkan 55 gram gel lidah buaya, 25 gram akar tanaman pukul empat, dan 1 ons daging sapi. Kukus semua bahan sampai dagingnya menjadi matang. Anda dapat mengkonsumsi makanan ini untuk mengobati tukak lambung.

14. Mengobati bisul

Daun kembang pukul empat dapat membuat bisul menjadi matang lebih cepat. Haluskan daunnya kemudian campur dengan air garam, balurkan pada bisul dan tutup dengan kain kasa.

Cara kedua, daunnya dipanaskan dengan api kecil hingga layu. Olesi bisul dengan minyak kemiri, kemudian daun ditempelkan pada kulit yang bermasalah.

Cara ketiga, kupas kulit luar dari akar kembang pukul empat dan tambahkan gula aren. Giling keduanya hingga terbentuk pasta lembut. Terapkan pasta ini pada kulit yang muncul bisul, kemudian balut dengan kain bersih. Ganti ramuan ini, 2 kali dalam sehari.


Manfaat Bunga pukul empat untuk kecantikan


15. Menghilangkan jerawat

Kumpulkan zat tepung yang terdapat dalam bunga pukul empat. Caranya, pecahkan kulit luar dari buahnya. Campur dengan air hingga membentuk pasta. Aplikasikan pada awajah anda dengan merata, sebelum tidur malam. Simak juga: 5 Cara cepat mengobati jerawat secara alami!

Nah, itulah 15 manfaat bunga pukul empat untuk mengobati berbagai penyakit. Anda dapat menghiasi pagar rumah dengan tanaman ini. Jadi, ketika anda atau tetangga menderita sakit, tidak jauh untuk mendapatkan obatnya.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "15 Manfaat Bunga Pukul Empat Bagi Kesehatan dan Kecantikan"

Post a Comment