6 Manfaat Daun Jarak Ulung Untuk Pengobatan

Kini sehat - Jarak ulung merupakan tanaman perdu yang dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit, seperti demam, sembelit, lepra, dan lainnya. Jarak wulung sering ditanam sebagai pagar dan pembatas lahan di wilayah pedesaan. Mungkin sedikit orang saja yang mengetahui manfaat jarak ulung bagi kesehatan. Padahal, khasiat tanaman ini sungguh tidak disangka.


6 Manfaat Daun Jarak Ulung Untuk Pengobatan
Awalnya, tanaman ini berasal dari Amerika Selatan kemudian bijinya menyebar ke seluruh wilayah termasuk Indonesia. Tanaman jarak ulung dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah, yang banyak curahan sinar matahari.

Ciri-ciri tanaman jarak ulung

Nama ilmiah untuk jarak ulung adalah Jatropha gossypifolia. Pohonnya dapat berusia tahunan, yang tumbuh tegak dan tingginya mencapai sekitar 2 meter di atas tanah. Batang tanaman ini memiliki getah yang mengandung sabun. Daun jarak wulung berwarna ungu hingga kecoklatan, ujungnya runcing.

Bunga jarak ulung berwarna ungu berbentuk kerucut, muncul dari ujung batangnya. Bunga jantan dan betina, keduanya terdapat di satu pohon. Buah jarak wulung memiliki tiga kendaga berbentuk oval, warnanya hijau saat muda dan menghitam ketika matang. Biji tanaman berbentuk bulat berwarna coklat agak hitam. Dalam bijinya tersimpan minyak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk lampu.

Kandungan kimia dari jarak wulung

Daun jarak ulung mengandung tannin, sulfur, dan kalsium oksalat. Akarnya mengandung senyawa alkalloida, sedangkan batangnya memiliki belerang dan tannin. Minyak dari bijinya memiliki zat anti karsinogen dan hidroforbol yang dapat bertindak sebagai anti kanker.


6 Manfaat Daun Jarak Ulung Untuk Pengobatan


Daun jarak wulung memiliki efek farmakologis termasuk stomakik dan pencahar. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah  daun dan bijinya. Berikut ini adalah manfaat daun jarak ulung untuk mengobati penyakit berat dan ringan:

1. Meredakan demam


Jangan panik saat si kecil menderita demam, gunakan obat rumahan. Caranya tidaklah rumit. Petik 15 lembar daun jarak ulung dari pohonnya, cuci dan rebus bersama air bersih hingga mendidih selama beberapa saat. Tuangkan airnya ke dalam bak mandi, tambahkan air dingin jika suhunya masih panas. Suruh anak anda mandi dengan airnya.

2. Mengobati memar

Untuk mengobati bengkak dan memar akibat terbentur oleh benda keras, gunakan cara tradisional. Ambil 3 lembar daun jarak ulung, tumbuk hingga lumat. Campur dengan minyak kelapa secukupnya, terapkan pada bagian tubuh yang bengkak. Cara ini juga berguna untuk mengobati penyakit kulit tertentu.

3. Mengobati sembelit

Konstipasi atau sering disebut sembelit disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang. Penyebab utama sembelit adalah kurang asupan serat. Jika dibiarkan tanpa pengobatan yang tepat, kondisi ini dapat memicu penyakit lainnya termasuk wasir atau ambeien. Biji dan daun jarak wulung dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit.

Cara pertama, ambil 20 biji jarak ulung kemudian digoreng dengan wajan tanah tanpa minyak (disangrai). Tumbuk biji ini hingga lembut, seduh bersama secangkir air panas. Setelah airnya tidak terlalu panas, minum sampai air habis.

Cara kedua adalah pengobatan luar. Petik 3 lembar daun jarak wulung, cuci dengan air yang mengalir hingga bersih. Olesi daun ini dengan minyak kelapa murni, kemudian panaskan dengan api kecil hingga layu. Saat daun masih hangat, balurkan pada perut anda. Cara tradisional ini diyakini mampu untuk mengobati sembelit secara alami.

Manfaat daun jarak ulung yang lain termasuk sebagai anti inflamasi dan obat radang anak telinga. Sedangkan minyak dari biji jarak wulung berkhasiat untuk mengobati penyakit lepra (Morbus hansen).

Nah, itulah 6 manfaat daun jarak ulung untuk pengobatan alami. Anda dapat mencari bibit tanaman ini di area pedesaan, kemudian ditanam di kebun atau pekarangan rumah anda. Mungkin anda menyebut tanaman ini dengan nama lain?

Baca Juga Lainnya:

1 Response to "6 Manfaat Daun Jarak Ulung Untuk Pengobatan"