5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Bunga jotang mungkin terdengar asing di telinga kita. Padahal, daun jotang cukup berkontribusi di dunia kesehatan, yang tidak bisa dianggap sepele. Bagaimana pun bunga jotang termasuk salah satu tanaman obat yang memiliki andil untuk mengobati beberapa jenis penyakit dan gangguan kesehatan.

5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Tanaman jotang dalam bahasa ilmiah disebut Acmella paniculata, masih tergolong keluarga Asteraceae. Orang Sunda biasanya menikmati daunnya sebagai lalapan segar, atau disantap sebagai sup. Nama lain untuk jotang termasuk gulang, gatang, legetan, dan baga. Mungkin di daerah anda punya sebutan lain untuk tanaman ini?

Bunga jotang tumbuh liar di tanah yang memiliki kelembaban udara yang cukup tinggi. Bunganya berwarna kuning dengan rasa yang pedas dan getir. Lidah akan merasakan baal saat mengunyah bongkol bunga jotang, serta memicu produksi air liur.

Ciri-ciri bunga jotang

Tinggi pohon jotang mencapai satu meter, tumbuh dengan baik di iklim tropis. Daunnya tumbuh subur di area sawah atau selokan. Batang pohonnya mempunyai rambut halus. Daun jotang berwarna hijau, runcing di bagian ujungnya dengan tepi bergerigi. Bunga jotang mungkin pada awalnya berasal dari Amerika kemudian bijinya dibawa menuju Asia. Bunganya berwarna kuning, dengan bongkol kecil.

Kandungan bunga jotang

Tanaman jotang dilengkapi dengan beberapa vitamin seperti vitamin A, C, dan B1. Mineral penting yang terdapat di dalamnya seperti zat fosfor, kalsium, dan zat besi. Bunga jotang juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan energi.


5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Di balik rasanya yang pedas dan agak pahit, ternyata jotang memiliki sejumlah manfaat untuk pengobatan. Berikut ini adalah manfaat bunga jotang untuk mengobati beberapa jenis penyakit:

1. Melonggarkan sesak nafas

Gejala asma dapat diobati dengan cara tradisional, salah satunya menggunakan bunga jotang. Siapkan segenggam bunga dan daun jotang, 2 rimpang jahe dan temulawak. Cuci semua bahan, tumbuk hingga lembut. Rebus dengan 500 ml air hingga tersisa 250 ml. Tambahkan sedikit garam dapur, minum airnya saat hangat. Lakukan cara ini dengan rutin sampai sembuh. Baca juga: 10 Cara mengobati asma dengan bahan alami dan Akupuntur!

2. Mengobati sariawan mulut


Vitamin C dalam bunga jotang ternyata efektif untuk mencegah dan mengatasi sariawan pada mulut. Rebus segenggam daun jotang atau bunganya dengan 250 ml air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa 150 ml saja. Minum dengan teratur di pagi dan malam hari.

3. Mengatasi nyeri akibat sakit gigi

Daun jotang dapat digunakan sebagai pereda nyeri, sehingga mampu menghilangkan rasa sakit dan nyeri karena sakit gigi. Caranya, tumbuk daun jotang atau bunganya hingga lumat. Terapkan pada gusi yang bengkak atau pada lubang gigi.

4. Melenyapkan bau mulut

Orang di dekat anda akan terganggu, jika bau tak sedap keluar dari mulut anda. Dengan menyantap sup jotang setiap hari, dapat menghilangkan bau mulut yang sangat mengganggu.


Manfaat Bunga Jotang Untuk Kecantikan Kulit


5. Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Kecantikan wajah akan memudar saat bibir mengalami keretakan. Begitulah kenyataannya, wanita selalu merasa khawatir terhadap sedikit perubahan pada kulitnya. Nah, bunga jotang juga efektif untuk melembabkan kulit kering. Caranya, tumbuk bunganya dan aplikasikan pada bibir anda. Biarkan selama semalaman, cuci wajah anda pada keesokan harinya. Menarik: 14 Cara Cepat Mengatasi Bibir Pecah-pecah!

Nah, itulah manfaat bunga jotang bagi kesehatan dan kecantikan. Tidak salah, jika anda memindahkan tanaman semak ini ke pekarangan rumah atau kebun anda. Daun jotang dapat dikonsumsi secara langsung, atau dimakan dengan sambal. Mungkin anda menyantapnya dalam bentuk masakan atau olahan lainnya?

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "5 Manfaat Bunga Jotang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan"

Post a Comment