11 Manfaat Bunga Ratna Atau Kenop Untuk Kesehatan

Bunga kenop memiliki warna yang cantik dan mempesona, sehingga sangat beralasan jika tanaman ini sering dipelihara sebagai bunga hias di taman. Dari segi kesehatan, bunga kenop atau sering juga disebut bunga ratna ternyata dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit dan keluhan. Di beberapa daerah, daunnya sering disantap sebagai sup.

11 Manfaat Bunga Ratna Atau Kenop Untuk Kesehatan
Nama ilmiah dari bunga ratna adalah Gomphrena globosa, masih tergolong ke dalam keluarga Amaranthaceae (keluarga bayam). Sedangkan nama simplisia dari bunga kenop adalah Gomphrenae Flos.

Nama lainnya termasuk kembang puter, bunga kancing, taimantulu, adas-adasan, dan ratna pakaja. Di Negara lain, tanaman ini disebut dengan amarantine globeleuse, qian ri hong, kugelamaranth, dan globe amaranth.

Ciri-ciri bunga kenop

Bunga ratna membutuhkan cukup cahaya matahari, supaya tumbuh dengan baik. Tanaman ini disebarkan dari Amerika tropis ke seluruh penjuru dunia.

Tinggi pohonnya mencapai sekitar 60 cm, batangnya berwarna hijau kemerahan dan mempunyai rambut halus yang tumbuh secara merata. Daunnya duduk secara berhadapan, berbentuk oval terbalik dengan warna hijau. Permukaan atas dari daun ini mempunyai rambut kasar, sedangkan permukaan bawah berambut halus.

Bunga kenop mempunyai bentuk mirip dengan bola, warnanya pink, merah keunguan, atau putih. Buah ratna dilapisi oleh selaput tipis, sedangkan bijinya hanya satu dengan bentuk kotak.

Nutrisi dalam bunga kenop

Beberapa zat kimia yang terdapat dalam bunga ratna termasuk gomphrenin 1, 2, 3, 5, 6, dan amarathin. Bunga kenop mengandung nutrisi lainnya seperti saponin, minyak atsiri, dan flavon.

Efek farmakologis di dalamnya termasuk antitusif, laksatif, dan anti-asthmatic. Bunga ratnapakaja memiliki sifat netral dan rasa yang manis.


11 Manfaat Bunga Ratna Atau Kenop Untuk Kesehatan


Banyak alasan yang membuat bunga kenop layak dimasukkan ke daftar tanaman obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat diobati oleh bunga kenop:

1. Kehilangan nafsu makan


Jika anak anda mengalami penurunan nafsu makan, jangan khawatir. Cobalah cara tradisional, siapkan 25 gram bunga kenop. Rebus dengan 700 ml air, biarkan mendidih dan tersisa 500 ml air. Berikan minuman ini pada anak anda, untuk diminum di pagi dan petang hari dengan takaran 1 gelas.

2. Sesak nafas akibat asma bronchial

Penyakit asma menimbulkan gejala, salah satunya adalah sesak nafas. Nah, untuk mengatasinya dapat digunakan ramuan tradisional. Caranya, rebus 10 kuntum bunga ratna dengan 750 ml air. Biarkan airnya tersisa segelas, minum 3 kali dalam sehari dengan takaran 1/3 gelas.

3. Kencing tidak lancar (dysuria)

Kesulitan saat kencing dapat diobati dengan obat rumahan. Caranya, ambil 7 gram bunga kancing kemudian rebus bersama 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tertinggal hanya segelas saja. Minum saat airnya dingin di pagi dan petang hari, dengan takaran ½ gelas.

4. Bronkitis kronis

Penyakit bronchitis menahun dapat diatasi dengan penggunaan ekstrak bunga kenop. Terapkan pada beberapa titik akupuntur , untuk menggunakannya. Tentu saja cara ini dapat dilakukan oleh ahli. Sebagian kecil dari penderita biasanya merasakan kering pada tenggorakan mereka, tapi hanya sementara kemudian hilang.

5. Disentri

Bunga kenop dapat juga digunakan untuk mengatasi gejala disentri. Caranya, ambil 9 kuntum bunganya dan rebus bersama 100 ml air selama 15 menit. Tunggu airnya menjadi dingin, minum dengan segera. Ulangi cara ini, 2 kali sehari.

6. Panas akibat gangguan liver

Anak kecil yang bermasalah dengan kesehatan liver, terkadang mengalami kenaikan suhu tubuh. Untuk meredakan gejala ini, bunga kancing mungkin menjadi solusi tepat. Petik 10 kuntum bunga kancing dari pohonnya, cuci dengan air mengalir. Rebus bersama 800 ml air, hingga airnya menyusut 400 ml. Airnya dapat diminum untuk 3 kali dalam sehari, takarannya adalah ½ gelas.

7. Sakit kepala

Rasa sakit dan pening di kepala ternyata dapat diredakan dengan rutin minum air rebusan kembang puter.

8. Batuk rejan (pertusis)

Batuk bandel seperti pertusis dapat diobati dengan ramuan bunga kenop. Rebus 12 gram kembang puter dengan air secukupnya, selama 15 menit. Biarkan dingin, minum airnya setiap hari. Ulangi pengobatan ini dengan rutin sampai sembuh.

9. Radang mata

Cukup dengan mengkonsumsi air dari rebusan kembang puter, ternyata mampu megurangi peradangan pada mata secara berangsur.

10. Memar dan luka koreng

Jika anda mengalami luka memar atau koreng, atasi dengan menempelkan bunga ratna yang ditumbuk hingga lumat. Biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat.

11. Mimpi buruk

Bunga kenop dapat memperbaiki suasana hati dan menenangkan saraf otak. Cukup minum rebusan air dari kembang puter setiap malam, untuk mendapatkan manfaat ini. Hentikan penggunaan saat mimpi buruk lenyap dari tidur anda.

Nah, itulah 11 manfaat bunga ratna atau kenop untuk kesehatan. Simak juga: 7 Manfaat Dan Khasiat Kastuba Untuk Mengobati Penyakit. Kini, taman anda tidak hanya berisi tanaman hias saja. Lebih dari itu, berbagai obat alami tersedia di sana.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "11 Manfaat Bunga Ratna Atau Kenop Untuk Kesehatan"

Post a Comment