10 Manfaat Daun Dadap Serep Sebagai Obat Rumahan

Daun dadap serep mulai dicari oleh banyak orang, mungkin manfaatnya untuk kesehatan telah mendunia. Berbagai nutrisi dalam daun dadap membuat tanaman ini berkhasiat untuk mengobati sejumlah penyakit, seperti reumatik, disentri, cacingan, dan banyak lagi. Tapi sebelum menggunakannya sebagai obat rumahan, anda harus mengetahui ciri-ciri tanaman ini. Karena dadap serep bukanlah bunga dadap hias yang warnanya merah menyala dengan batang pohon yang pendek.

10 Manfaat Daun Dadap Serep Sebagai Obat Rumahan
Nama ilmiah dari dadap serep adalah Erytrina variegata atau Erythrina hypaphorus Boerl, tergolong ke dalam keluarga polong-polongan (Fabaceae). Orang sunda menyebutnya dengan cangkring, sedangkan orang Jawa menamainya dengan godong towo. Dalam bahasa Inggris, tumbuhan ini disebut sebagai indian coral tree.

Tinggi pohon dadap serep mencapai lebih dari dua puluh meter, sebagian batang berduri dan sebagian lainnya licin. Daunnya lebih besar di bagian ujung daripada pangkalnya, dengan ujung yang runcing. Bunga dadap biasanya mekar pada Oktober hingga Desember, dimulai saat daun mulai berguguran.

Daun dadap serep mengandung sederet zat kimia termasuk eritrina, alkkaloida, hipaforina, aritradin, erisofina, dan aritramina. Nitrogen dan protein juga tersedia dalam jumlah banyak dalam daunnya. Bijinya mengandung hipaforin, eritrina, dan alkaaloida. Dadap serep bersifat anti radang, antipiretik, dan galaktagog.


10 Manfaat Daun Dadap Serep Sebagai Obat Rumahan


Selain sebagai tanaman peneduh atau perindang, dadap serep ternyata dapat digunakan sebagai obat rumahan yang mampu mengatasi penyakit dan masalah kesehatan. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat dadap serep untuk mengobati penyakit di bawah ini:

1. Insomnia

Jika anda sulit untuk memejamkan mata pada jam tidur, segera cari dan selesaikan masalah yang mendasarinya. Sulit tidur juga dapat diatasi dengan menggunakan dadap serep. Cukup makan daunnya sebagai lalapan, atau tambahkan bersama sup.

2. Bengkak dan memar

Jika bagian tubuh terbentur oleh benda keras, terkadang kulit mengalami luka dan memar. Ambil segenggam daun dadap, tumbuk sampai halus. Aplikasikan pada luka, balut dengan kasa.

3. Siklus menstruasi tidak teratur


Haid tidak lancar dapat disebabkan oleh darah kotor yang menumpuk dalam rahim. Gangguan kesehatan ini dapat diatasi dengan cara yang tidak sulit. Cuci daun dan bunga dadap serep bersama air bersih. Santap sebagai sup yang lezat, dengan bahan masakan lain tentunya.

4. Demam

Cobalah untuk mengobati demam pada anak secara alami, tanpa obat-obatan kimia. Pertama, cuci daun dadap serep dengan air mengalir kemudian tumbuk sampai lumat. Kompres pada perut anak anda.

5. Penyakit cacingan

Infeksi cacing kremi akan menyebabkan penyakit cacingan pada anak ataupun orang tua. Obati penyakit ini dengan minum sari daun dadap, tambahkan madu murni untuk menghilangkan rasa pahit.

6. Disentri

Diare bercampur darah dan lendir biasanya terjadi saat seseorang mengalami disentri. Untuk mencegah penyakit ini, jaga kebersihan tubuh anda dan makanan yang dikonsumsi.

Untuk mengobati disentri secara tradisional, anda dapat menggunakan cangkring. Tumbuk dan peras daun dadap, untuk mengambil airnya. Campur dengan minyak buah jarak, minum campuran ini dengan rutin.

7. Gejala reumatik

Bengkak dan nyeri yang disebabkan oleh gejala asam urat maupun rematik, dapat diatasi dengan dadap serep. Panaskan daunnya dengan api kecil, terapkan pada persendian yang nyeri.

8. Mimisan

Perdarahan pada organ dalam, dapat disembuhkan dengan cara yang mudah. Siapkan daun dadap yang masih segar, cuci kemudian tumbuk sampai berubah menjadi pasta lembut. Balurkan pada sekitar hidung, atau organ tubuh yang mengalami perdarahan. Baca juga: 8 cara menghentikan mimisan dengan cepat.

9. Sakit perut dan mulas

Perut yang terasa mulas dan melilit, dapat diobati dengan cara tradisional. Siapkan beberapa lembar daun dadap serep dan daun cocor bebek, tumbuk hingga lembut. Campur dengan sedikit air hangat, terapkan pada perut anda. Ganti ramuan ini setiap 3 jam.

10. Pusing

Untuk meredakan sakit kepala dan pusing, cukup terapkan daun dadap pada dahi anda. Tentu saja, setelah menumbuk daunnya sampai lumat.

Nah, itulah 10 manfaat daun dadap serep untuk mengobati penyakit. Banyak lagi tanaman obat di sekitar kita yang memiliki manfaat kesehatan, serta berkhasiat untuk merawat kecantikan kulit. Simak dan pelajari juga: 10 manfaat daun rangga dipa bagi kesehatan dan Cara membuat ramuannya. Jadi, mulailah mempelajari tumbuhan di sekeliling anda.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "10 Manfaat Daun Dadap Serep Sebagai Obat Rumahan"

Post a Comment