7 Manfaat Bunga Gandasuli Untuk Kesehatan Dan Wanita

Gandasuli tidak sekedar bunga hias yang memiliki aroma harum dan bentuk yang cantik. Selama ini banyak orang memeliharanya sebagai tanaman hias, dengan menaruhnya di pot-pot indah atau halaman rumah. Namun, tahukah anda bahwa bunga gandasuli berkontribusi di dunia kesehatan dan kecantikan? Manfaat bunga ini untuk pengobatan penyakit, disebabkan adanya zat penting di dalamnya.

7 Manfaat Bunga Gandasuli Untuk Kesehatan Dan Wanita
Bunga gandasuli berbau wangi, apalagi saat malam hari. Nama ilmiah untuk tanaman ini adalah Coronarium Brink atau Hedychium coronarium, tergolong ke dalam keluarga Zingiberaceae. Orang Jawa menyebutnya dengan kembang laras, dalam bahasa Inggris disebut ginger lily.

Sebelum mengupas tentang manfaat dari tanaman ini, ada baiknya kita mengenal lebih dekat dengannya. Tumbuhan yang berasal dari India ini dapat tumbuh subur di tanah lembab, seperti pinggir sungai atau kolam. Tinggi pohonnya dapat mencapai 2 meter, dengan daun yang panjang dan ujungnya memiliki rumbai. Bunganya berwarna kuning muda atau putih.

Kandungan gandasuli

Sejumlah nutrisi yang terdapat di dalam akar gandasuli seperti resin, asam resinous, asam organic, albumen, selulosa, dan glukosa. Nutrisi dalam bunga gandasuli, salah satunya adalah minyak essensial.

Efek farmakologis dalam tanaman ini seperti diaforetik dan stomakik. Untuk mengobati beberapa jenis penyakit, bagian tanaman yang digunakan adalah bunga dan akarnya.


7 Manfaat Bunga Gandasuli Untuk Kesehatan Dan Wanita


Sifat kimiawi dan efek farmakologis dalam kembang laras merupakan dasar yang membuatnya berkhasiat untuk pengobatan terhadap sejumlah keluhan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat dilawan oleh tanaman gandasuli, serta cara membuat ramuannya:

1. Gangguan pada saluran cerna (dispepsia)

Dispepsia merupakan nyeri pada perut bagian atas (ulu hati), yang terjadi setelah makan. Faktor pemicunya seperti refluks gastroesofageal, makan terlalu banyak, tidak mengunyah makanan sampai lembut, atau makan dengan sangat cepat.

Untuk mengatasi dyspepsia, salah satunya dengan menggunakan buah gandasuli. Rebus 10 gram buah ini, bersama 3 gelas air. Setelah airnya menyusut setengah bagian, angkat. Bagi airnya menjadi 2 bagian dengan takaran sama, minum dua kali dalam satu hari.

2. Demam nifas


Untuk meredakan demam saat nifas, siapkan daun iler, daun srigading, dan bunga gandasuli. Takaran untuk masing-masing bahan adalah 30 gram. Nyalakan api kecil, masukkan semua bahan ke dalam 1 liter air. Angkat setelah airnya berkurang ½ liter. Minum segelas airnya, di pagi dan petang hari.

3. Pegal linu

Untuk menghilangkan pegal dan linu pada otot tubuh, cobalah cara yang mudah. Ambil akar gandasuli, jahe merah, dan tanaman sereh. Bersihkan dan cuci dengan air yang mengalir, rebus bersama air bersih sampai mendidih beberapa saat. Gunakan airnya untu mandi.

4. Siklus menstruasi tidak teratur (amenorrhea)

Bagi wanita yang sering mengalami haid yang terlambat, jangan cemas dan panik. Atasi gangguan kesehatan tersebut dengan cara tradisional.

Pertama, siapkan sekuntum bunga gandasuli. Sediakan juga daun brojo lintang, daun iler, dan kunyit. Tiga bahan terakhir dalam takaran yang sama, yaitu 15 gram. Selain itu, ambil 1 jari pulosari dan ½ sdt buah adas. Potong-potong semua bahan, cuci dengan air yang mengalir. Selanjutnya, panaskan 750 ml air dan masukkan semua bahan ke dalamnya. Tambahkan sedikit gula aren, biarkan hingga tersisa 500 ml air. Anda dapat minum segelas airnya, saat pagi dan sore hari. Baca juga: 7 cara mengatasi nyeri haid secara alami.

5. Influenza dan sakit kepala

Nutrisi yang terdapat dalam akar gandasuli mampu melawan aktivitas virus, sehingga infeksi mikroba dapat diatasi dengan mengkonsumsinya. Jemur tanaman jukut pendul tanpa akarnya hingga kering, ambil 10 gram. Siapkan juga jahe dan akar gandasuli, semua dengan takaran 10 gram. Panaskan 750 ml air, masukkan tiga bahan tersebut ke dalamnya. Tunggu hingga tersisa 375 ml air, angkat. Minum saat pagi dan malam hari.

6. Rematik

Gandasuli efektif untuk mengurangi nyeri pada persendiaan, yang disebabkan oleh gejala reumatik.  Pertama, jemur tanaman jukut pendul di bawah sinar matahari sampai kering. Rebus akar gandasuli dan jukut pendul, masing-masing 15 gram, bersama ½ liter air. Tunggu sampai airnya susut ¼ liter, saring. Minum tiap hari tiga kali, dengan takaran segelas saja.

7. Radang amandel

Di Maluku, air batang gandasuli digunakan untuk meringankan gejala tonsillitis (radang amandel). Caranya, oleskan air dari batang tanaman ini pada leher yang meradang.

Nah, itulah 7 manfaat gandasuli bagi kesehatan yang jarang diketahui. Warna bunganya yang penuh pesona akan menghiasi taman anda. Wanginya yang semerbak, tentu akan memperbaiki suasana hati anda. Simak juga: 16 manfaat bunga turi merah untuk kesehatan dan kecantikan. Paling penting, manfaat kesehatan yang menakjubkan dapat diperoleh dari bunga ini.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "7 Manfaat Bunga Gandasuli Untuk Kesehatan Dan Wanita"

Post a Comment