9 Manfaat Daun Dan Akar Beringin Untuk Mengobati Penyakit

Bicara tentang manfaat daun beringin. Di zaman dahulu, dua pohon yang ditanam secara berdampingan berarti di situlah terdapat istana raja. Dengan kata lain, rakyat biasa tidak boleh menanam pohon ringin kembar. Karena waringin artinya mengayomi atau melindungi rakyat, jadi hanya penguasa saja yang punya simbol ini. Lain dulu, lain pula sekarang. Kini, tumbuhan ini mudah ditemukan di mana saja.

9 Manfaat Daun Dan Akar Beringin Untuk Mengobati Penyakit
Nama lain dari beringin adalah ringin, waringin, atau caringin. Nama latin dari tanaman ini adalah Ficus benjamina, dari keluarga Moraceae (nangka-nangkaan). Dalam bahasa Inggris disebut banyan tree. Ciri-ciri beringin mungkin tidak perlu dijelaskan secara rinci, karena hampir semua orang mengetahuinya.

Sedikit saja mengenai gambaran dari tumbuhan ringin. Tinggi pohon mampu mencapai 25 meter, dengan tekstur batang yang kasar. Garis tengah pohon ini dapat mencapai 2 meter, batangnya berwarna coklat gelap.

Ciri khas ringin adalah akar gantung yang menjuntai ke bawah, keluar dari batang pohonnya. Tangkai daunnya berukuran pendek, sehingga daun terlihat rapat dan meneduhkan panas.

Beringin memiliki bunga yang tumbuh dari ketiak daunnya, dengan sepal berbentuk corong dan warnanya kuning agak hijau.

Warna buahnya berubah dari hijau menjadi merah setelah matang. Buah ini sangat kecil, dengan panjang sekitar 1 cm saja. Biji yang terdapat dalam buah ringin, dapat ditanam untuk budidaya tumbuhan ini.

Akar yang menggantung di udara, mengandung gula, asam amino, asam arrange, dan fen0l. Akar ini bersifat sejuk, agak getir atau pahit. Sifat farmakologis di dalamnya termasuk astringen.


9 Manfaat Daun Dan Akar Beringin Untuk Mengobati Penyakit


Bukan hanya sebagai tanaman perindang atau peneduh taman, waringin nyatanya punya khasiat untuk mengatasi sederet gangguan kesehatan dan penyakit. Nah, inilah beberapa masalah kesehatan yang dapat diobati menggunakan daun dan akar beringin:

1. Bronkitis kronis

Radang saluran nafas atau dalam istilah medis disebut bronchitis, dapat diobati secara tradisional. Siapkan 18 gram kulit jeruk mandarin dan 75 gram daun waringin, cuci keduanya sampai bersih. Cara membuat ramuan, sama seperti pada obat disentri. Minum ramuan ini selama 10 hari.

2. Radang amandel


Akar beringin yang menggantung di udara, dapat digunakan sebagai obat amandel. Akar ini dipotong-potong secukupnya. Rebus 180 gram akarnya ke dalam 3 gelas air, sampai susut 2 gelas. Tambahkan segelas cuka, biarkan dingin. Selanjutnya, berkumur dengan airnya sebanyak 3 kali dalam sehari. Lebih lanjut: 7 cara mengobati radang amandel tanpa operasi

3. Kejang karena panas tinggi pada anak

Suhu tubuh yang terlalu panas, dapat menyebabkan kejang pada anak kecil. Untuk meredakan gangguan ini, ambil 100 gram daun ringin. Cuci dengan air mengalir. Panaskan 5 liter air hingga mendidih, masukkan bahan ini ke dalamnya selama ½ jam. Saat airnya masih hangat, suruh anak anda mandi dengan airnya.

4. Disentri dan radang usus akut

Gangguan pada saluran cerna seperti radang usus (acute enteritis) dan disentri, dapat diatasi dengan akar gantung dari tanaman beringin. Cuci 500 gram akarnya dengan air bersih. Panaskan 750 ml air dengan api kecil, masukkan bahan ke dalamnya. Saring airnya setelah volume menjadi 250 ml. Minum di pagi dan petang, dengan takaran 125 ml.


Manfaat Beringin lainnya


Akar udara dapat digunakan sebagai obat penyakit yang disebutkan di bawah ini:

5. Nyeri karena rematik sendi
6. Pilek dan flu
7. Luka memar

Sedangkan daun ringin efektif juga untuk meredakan penyakit berikut ini:

8. Batuk rejan (pertusis)
9. Malaria

Nah, itulah 9 manfaat daun dan akar beringin untuk mengobati penyakit. Tahukah anda, 20 manfaat tempuh wiyang untuk pengobatan? Kini, anda dapat menanamnya sebagai tanaman bonsai di halaman rumah. Tak perlu ragu dalam menggunakan daunnya sebagai obat rumahan, asalkan sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "9 Manfaat Daun Dan Akar Beringin Untuk Mengobati Penyakit"

Post a Comment