Waspadai Bahaya Gluten Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya gluten bagi kesehatan, terutama dirasakan bagi penderita penyakit celiac dimana mereka mengalami intoleransi gluten yang berakibat penderitaan fisik, gangguan kekebalan, dan emosi substansial. Gluten merupakan zat yang terdapat dalam makanan tertentu yang dapat memicu serangan autoimun pada usus, juga dapat menyebabkan hilangnya sebagian besar dari nutrisi penting.

Waspadai Bahaya Gluten Bagi Kesehatan Tubuh
Gluten mengandung peptida, yaitu sejenis protein yang dapat menurunkan imunitas pada penderita obesitas (kegemukan), penyakit tiroid, ADHD, kelelahan kronis, eksim, atau pada penderita gangguan pencernaan lainnya.

Diet bebas gluten terutama ditujukan bagi penderita celiac, karena tubuh mereka tidak mentolerir zat ini. Diet ini dilakukan dengan menghindari setiap makanan yang banyak mengandung gluten, sehingga mereka yang alergi terhadap zat ini tidak terkena dampak buruknya.


Waspadai Bahaya Gluten Bagi Kesehatan Tubuh


Apakah setiap orang harus menjalani diet bebas gluten? Intoleransi peptida hanya terjadi pada individu tertentu seperti penderita celiac, mereka yang memiliki pencernaan sensitif, dan beberapa kondisi medis seperti disebutkan di atas. Jika mereka tetap mengkonsumsi gluten, efek buruk yang mungkin timbul seperti peradangan parah pada usus.

Jadi, bagaimana seseorang mengetahui apakah dia mengalami alergi terhadap bahan ini atau tidak? Caranya dengan uji laboratorium, untuk tes darah.

Apa saja makanan tinggi gluten?

Gluten banyak terdapat dalam produk gandum, lebih lengkapnya seperti di bawah ini:

1. Mie


Kebanyakan mie yang beredar di pasaran berbahan tepung terigu. Kadar gluten di dalamnya dapat dikategorikan rendah, sedang, dan tinggi. Makin tinggi gluten di dalam tepung terigu, teksturnya pun makin keras.

2. Roti

Bahan utama roti pada umumnya adalah tepung gandum dan jelai. Bahan ini juga terdapat pada pizza, muffin, croissant, bagel, dan burger. Bagaimana cara menghindarinya? Pilih roti yang dibuat dari tepung beras dan kentang, sebagai bahan utama. Baca label kemasan, pastikan tercantum tulisan "bebas gluten".

3. Pasta

Makanan olahan yang berbentuk pasta termasuk spageti, macaroni, dan fettucine umumnya dibuat dari gandum.

4. Sereal granola

Gluten banyak terdapat pada gandum, biji gandum (malt), dan oat. Sereal pada umumnya mengandung gandum. Jika anda penggemar sereal, pilih sereal yang berbahan jagung atau beras.

5. Biskuit

Makanan tinggi gluten lainnya seperti biskuit, nastar, wafer, dan brownies. Demikian pula kue tradisional termasuk getuk lindri dan putu mayang, sangat tinggi kandungan gluten.

6. Barley

Diet bebas gluten juga harus menghindari barley, rye, wafel, dan kerupuk.

7. Saus

Makanan tinggi gluten lainnya termasuk saus, kecap, dan bumbu salad.

Jadi, apa saja makanan yang bebas gluten?

Makanan yang rendah gluten atau tidak mengandung bahan ini sama sekali seperti kacang-kacangan, jagung, sayuran, buah-buahan, ikan, unggas, daging, olahan susu, nasi, dan kentang. Termasuk juga makanan bebas gluten, biji-bijian, soba, tepung garut, bayam, rami, jagung, quinoa, millet, tepung beras, tapioka, dan sorgum.

Diet bebas gluten tidaklah sulit dijalani, karena makanan pokok kita adalah nasi. Mungkin di beberapa daerah menggunakan singkong dan jagung sebagai makanan pokok, itu pun tidak masalah.

Nasi mengandung karbohidrat kompleks yang dapat diubah menjadi energi, serta membuat kenyang lebih lama. Sedangkan asupan gizi lainnya dapat dicukupi dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, daging, susu, dan ikan. Harga makanan tersebut pun tidak mahal, Jadi, intinya pada keinginan anda untuk menahan diri dari makanan yang mengandung peptida tersebut.


Efek samping dari asupan gluten


Bagi seseorang yang menderita intoleransi gluten, dengan mengkonsumsi bahan ini dapat menimbulkan komplikasi seperti defisiensi zat besi, vitamin B12, dan folat. Komplikasi lainnya yang mungkin timbul seperti osteoporosis, risiko kanker usus, dan kekurangan nutrisi khususnya pada ibu hamil.

Nah, itulah bahaya gluten bagi kesehatan yang harus diwaspadai. Jika anda termasuk seseorang yang alergi terhadap bahan tersebut, tidak ada cara yang lebih baik kecuali menjalani diet rendah gluten. Apakah anda termasuk penderita penyakit celiac? Periksakan diri anda ke dokter supaya diadakan tes laboratorium. Pelajari juga: 14 bahaya pengawet makanan bagi tubuh

Baca Juga Lainnya:

0 Response to "Waspadai Bahaya Gluten Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment